Comscore Tracker

5 Bahan Terbaik untuk Marinasi Ayam, Daging Empuk Maksimal!

Rasa dan aromanya pun tambah lezat

Ketika memasak daging ayam, proses marinasi menjadi sangat penting dilakukan supaya bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Seperti diketahui, saat ini banyak sekali bumbu marinasi yang digunakan untuk memaksimalkan olahan ayam.

Namun, tahu gak kalau ternyata ada bahan yang penting disertakan dalam proses marinasi daging ayam? Bukan cuma untuk menambahkan rasa, tetapi juga berfungsi membuat tekstur daging supaya lebih empuk.

Supaya daging empuk maksimal, berikut beberapa bahan terbaik untuk marinasi ayam. Dijamin empuk dan meresap banget, deh!

1. Buttermilk

5 Bahan Terbaik untuk Marinasi Ayam, Daging Empuk Maksimal!ilustrasi buttermilk (unsplash.com/Larisa Birta)

Buttermilk sering digunakan dalam memasak. Entah itu untuk hidangan manis seperti aneka kue, hingga pengolahan ayam sekalipun. Bahan ini sangat serbaguna karena dapat membuat aneka masakan terasa lebih lezat.

Menjadikan buttermilk sebagai bahan marinasi untuk ayam supaya daging bisa lembut maksimal. Hal itu karena buttermilk mengandung asam yang mampu mengubah tekstur daging menjadi lebih empuk tanpa mengurangi rasa gurih dan kelezatan ayam.

2. Yoghurt

5 Bahan Terbaik untuk Marinasi Ayam, Daging Empuk Maksimal!ilustrasi yoghurt (pexels.com/mustafa türkeri)

Yoghurt bukan cuma cocok dijadikan penunjang makanan sehat sehari-hari, tetapi juga untuk pengolahan ayam. Yoghurt memiliki kandungan asam yang membuat tekstur daging lebih lembut, sehingga bahan ini sering digunakan dalam proses marinasi.

Pengolahan marinasi ayam dengan yoghurt biasanya diperuntukkan bagi olahan daging yang akan dimasak menggunakan metode pembakaran. Selain membuat teksturnya lebih empuk, yoghurt juga mampu menjaga tekstur dari daging supaya tetap juicy dan lembut. 

3. Susu cair 

5 Bahan Terbaik untuk Marinasi Ayam, Daging Empuk Maksimal!ilustrasi susu (pexels.com/Pixabay)

Susu menjadi bahan berikutnya yang cocok digunakan untuk memarinasi ayam. Fungsinya hampir mirip dengan dua komponen sebelumnya, yakni membuat tekstur ayam jadi lebih empuk. Biasanya, bahan ini juga digunakan pada proses pembuatan ayam panggang.

Sumber asam pada susu akan membuat daging menjadi lebih lunak dan lembut. Oleh sebab itu, tidak heran jika susu cair lebih sering dipakai untuk memarinasi ayam dibandingkan menggunakan air biasa. Selain menambah tekstur, susu cair juga bisa menunjang rasa dari daging ayam supaya jauh lebih kaya rasa.

Baca Juga: 5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enak

4. Air lemon

5 Bahan Terbaik untuk Marinasi Ayam, Daging Empuk Maksimal!ilustrasi lemon (pexels.com/Lukas)

Dalam proses memasak, air lemon menjadi salah satu bahan yang tidak bisa dipisahkan. Kamu bisa menemukan bahan ini pada proses marinasi daging ayam. Bukan cuma berfungsi menghilangkan bau amis pada daging, air lemon justru berperan penting memberi kelembutan pada ayam tersebut.

Sama halnya dengan bahan yang telah disebutkan sebelumnya, air lemon akan membuat daging jadi lebih empuk ketika dimarinasi.  Kegunaan air lemon ini cenderung bisa meningkatkan rasa dan aroma hidangan. Umumnya air lemon lebih pas digunakan untuk memarinasi beberapa bagian tertentu, seperti potongan dada ayam.

5. Kecap asin

5 Bahan Terbaik untuk Marinasi Ayam, Daging Empuk Maksimal!ilustrasi ayam dengan bumbu kecap asin (pixabay.com/pscologia1990)

Kalau bahan yang satu ini memang sering ditemukan dalam proses marinasi bermacam-macam daging, mulai dari sapi, ikan, bahkan ayam. Biasanya soy sauce atau kecap asin berfungsi menambah kelembutan daging dengan dicampur acid lainnya.

Namun, selain memberikan kelembutan terhadap daging yang dimarinasi, kegunaan lain dari soy sauce atau kecap asin ini cenderung lebih berpengaruh dalam meningkatkan rasa makanan. Dengan menambahkan kecap asin, maka hidangan berbahan daging akan memiliki rasa yang jauh lebih intens.

Memilih bahan marinasi untuk mengolah ayam supaya jauh lebih berbumbu memang penting. Namun, ada banyak sekali bahan yang bukan cuma bisa menambah rasa, tetapi berfungsi pula untuk membuat tekstur ayam jauh lebih empuk.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Marinasi Daging agar Bumbu Meresap Sempurna

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya