Comscore Tracker

5 Menu Sarapan dari Selai Kacang, Nggak Harus Pakai Roti

Kamu tim sarapan hidangan manis atau gurih?

Selai kacang merupakan salah satu bahan makanan diproses dengan cara dimasak menggunakan metode dipanggang atau disangrai, dan kemudian diolah sedemikian rupa, untuk mendapatkan tekstur dan bentuk yang sesuai.

Rasa selai kacang sendiri cenderung agak gurih dan manis, sehingga bahan yang satu ini cukup fleksibel apabila ditambahkan ke dalam berbagai masakan, tak terkecuali menu sarapan.

Tidak melulu dioleskan ke dalam roti tawar, selai kacang ternyata bisa menjadi bahan baku untuk ragam olahan sarapan nikmat, seperti lima hidangan berikut ini.

1. Peanut butter granola

5 Menu Sarapan dari Selai Kacang, Nggak Harus Pakai Rotifrommybowl.com/Caitlin Shoemaker

Granola merupakan menu sarapan yang kerap dijual instan dalam kemasan untuk dinikmati dengan susu atau cairan lainnya. Dalam satu sajian granola, biasanya terdapat butiran buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian sejenis, tergantung komposisi.

Selain praktis, granola biasa dijadikan pendamping untuk beberapa jenis sarapan lain, seperti smoothie, bubur oat, atau bahkan disajikan bersama semangkuk kecil yoghurt untuk menyeimbangkan rasa.

Nah, kalau kamu senang sarapan menggunakan granola, dengan atau tanpa campuran, maka bisa pula menambahkan selai kacang ke dalamnya sebagai pelengkap nutrisi sekaligus membuat rasa makanan lebih enak.

2. Peanut butter coconut curry

5 Menu Sarapan dari Selai Kacang, Nggak Harus Pakai Rotinourisheveryday.com/Monique

Sajian kari memang tidak cuma nikmat untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam, masakan ini pun dapat dijadikan sarapan yang dinikmati bersama dengan nasi atau dicocol menggunakan roti.

Salah satu varian kari yang dapat dicoba ialah peanut butter coconut curry, dengan olahan ini, kamu tidak harus menggunakan ayam atau daging-dagingan sebagai isian kari, kamu dapat memakai sumber protein lain seperti sayur mayur, tempe, tahu, atau makanan sejenis.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kari dengan selai kacang ini adalah santan, pasta kari, sayuran, tahu atau tofu, dan selai kacang. Tambahkan pula bumbu perasa untuk membuat hidangan tambah nikmat.

Baca Juga: Resep Membuat Selai Kacang Homemade ala Yummy, Lebih Enak dan Sehat

3. Peanut butter mug cake

5 Menu Sarapan dari Selai Kacang, Nggak Harus Pakai Rotitablefortwoblog.com/Julie Chiou

Buat kamu yang super sibuk namun ingin menikmati sarapan yang enak dan singkat untuk dibuat, maka bisa mengolah selai kacang menjadi peanut butter mug cake alias kue cangkir yang nikmat dan praktis.

Untuk mengolah makanan ini pun, kamu hanya memerlukan bahan baku dalam takaran sendok sehingga memudahkan saat terburu-buru membuat sarapan di tengah kesibukan yang tengah dijalani.

Sediakan selai kacang, baking powder, tepung terigu, gula, dan susu. Bila ingin menggunakan telur, kamu bisa memakai putih telur dalam adonan, setelah itu tambahkan chocolate chip dan taruh dalam microwave sebentar saja.

4. Peanut butter chicken

5 Menu Sarapan dari Selai Kacang, Nggak Harus Pakai Rotirecipes.sainsburys.co.uk

Bila kamu suka dengan menu sarapan yang mempunyai rasa gurih dan agak berat, maka bisa pula memanfaatkan selai kacang untuk dimasak bersama ayam. Tidak cuma sarapan, menu ini cocok disajikan untuk santapan siang dan makan malam.

Olahan peanut butter chicken ini bisa menggunakan bagian daging ayam mana saja, namun disarankan memakai paha atau dada disesuaikan dengan tekstur ayam yang kamu inginkan.

Sebelum dimasak, ayam mesti dipisahkan dari tulang dan marinasi sebentar, lalu masak bersama bawang-bawangan dan rempah. Sementara di tempat terpisah, masak selai kacang bersama tomat, kaldu ayam, dan bumbu perasa untuk nanti ditambahkan dalam ayam.

5. Peanut butter-banana english muffin

5 Menu Sarapan dari Selai Kacang, Nggak Harus Pakai Roticrosbys.com/Bridget Oland

English muffin berbeda varian dari muffin biasa yang sering kita temui. Dalam sebuah muffin di wadah kertas, biasanya bentuk kue akan mumbul seperti jamur dengan aneka isian pada adonan.

Sementara itu, English muffin memiliki bentuk lingkaran, datar, dan kerap dipotong-potong seperti roti burger untuk diisi menggunakan ragam tambahan rasa. English muffin sendiri terbuat dari tepung gandum yang diolah dengan ragi, dan tambahan bahan baku seperti telur, susu, dan mentega.

Salah satu cara menikmati English muffin hampir mirip dengan roti tawar, yakni diolesi menggunakan selai, misalnya adalah selai kacang, dan tambahkan sedikit potongan buah segar seperti pisang untuk pemanis.

 

Itulah kelima menu sarapan yang dapat diolah menggunakan selai kacang selain dioleskan pada roti tawar, kalau kamu sendiri, lebih suka sarapan dengan makanan manis atau makanan gurih?

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Selai Kacang bagi Tubuh, Salah Satunya Cegah Diabetes

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya