Comscore Tracker

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggoda

Gak sah kalau melewatkan kuliner ini saat berkunjung ke sana

Kalimantan Timur merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan keindahan pesona alamnya. Misalnya Kepulauan Derawan yang popularitasnya sudah mendunia. Selain itu juga ada Labuan Cermin yang punya kejernihan air sebening kaca.

Tapi kalau melancong ke sini, gak lengkap rasanya jika gak mencicipi makanan khas yang jadi andalan Kalimatan Timur. Yup, berikut ini ada beberapa makanan khas Kalimatan Timur yang jadi menu andalan dan siap menggoda lidah kalian!

1. Pisang Gapit

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggodainstagram.com/hilmialam

Camilan manis yang satu ini umumnya terbuat dari pisang kepok yang dibakar di atas bara api. Ketika setengah matang, lalu pisang digeprek dengan penjepit kayu dan dibakar hingga matang dengan sempurna.

Kelezatan pisang gapit juga semakin bertambah dengan tambahan saus gula aren dan santan yang disiram di atasnya. Biasanya juga terdapat buah nangka sebagai pelengkap tambahan dalam saus gula.

2. Nasi Bekepor

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggodasimomot.com

Hidangan khas ini cukup sulit ditemukan di daerah Kalimantan Timur. Namun karena kelezatannya beberapa warung makan menyediakan makanan lezat tersebut.

Nasi Bepekor sebenarnya hanya dibuat menggunakan campuran nasi dengan ikan asin, tapi rasa yang dihasilkan gak main-main alias enak banget! Pokoknya kamu wajib deh cobain ini saat mampir ke Kalimatan Timur.

3. Mi Besar Banjar

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggodainstagram.com/kulinersamarind

Meskipun terlihat seperti mie udon khas Jepang namun rasa yang diciptakan dari mie besar banjar ini beda banget. Kuah mie ini terbuat dari kaldu dan bertekstur sedikit kental. Rasa gurih dari kuah yang menyegarkan akan semakin lengkap terasa bersama telur bebek yang disajikan di atasnya. 

Baca Juga: Enaknya Bukan Main! 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba 

4. Soto Banjar

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggodainstagram.com/warungkayuhbaimbai

Soto dengan kuah sedikit bening dengan rasa rempah yang melimpah ini juga gak boleh ketinggalan dari daftar kalian. Soto banjar memiliki cita rasa yang kaya sehingga membuat kelezatannya berbeda dari soto lainnya. Biasanya daging ayam menjadi bahan utama dari soto banjar yang terkenal dengan rasa gurihnya tersebut.

5. Sate Payau

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggodainstagram.com/addepe.eat

Bahan utama yang digunakan sate payau sedikit unik, karena tidak menggunakan daging ayam, kambing atau sapi melainkan daging rusa. Kuliner ini termasuk salah satu jenis yang sudah sulit ditemukan.

Sate payau dibakar dan diberi bumbu kecap layaknya sate pada umumnya. Namun jika kamu mencicipinya, maka sensasi unik yang baru akan terasa ketika kamu mengunyah sate yang terbuat dari daging rusa tersebut. 

6. Gence Ruan

Enak Banget! Ini 6 Menu Andalan Khas Kalimantan Timur yang Menggodajelajahsamboja.com

Gence Ruan terbuat dari ikan gabus yang direbus lalu diberi bumbu rempah khas Samarinda. Hidangan ini biasa disajikan bersama nasi hangat dan sambal bawang dengan potongan kasar yang khas. 

Nah, itulah 6 makanan khas Kalimantan Timur yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Semoga bisa jadi referensi kulineranmu saat melancong ke sana ya!

Baca Juga: Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahi

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya