Comscore Tracker

5 Fakta Cakwe yang Jarang Diketahui Orang, Asal-Usulnya Mengerikan

Ternyata camilan ini dibuat sebagai simbol pengkhianatan lho

Jajanan pinggir jalan itu gak pernah mengecewakan, selain karena harganya yang murah meriah tapi kenikmatan panganan sederhana ini juga gak ada yang mengalahkan. Meskipun tidak berasal dari Indonesia secara otentik tapi cakwe menjadi salah satu camilan favorit banyak orang. 

Cakwe dibentuk menyerupai roti goreng namun disajikan dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Jika kamu termasuk penggemar camilan yang sering melengkapi bubur ayam yang satu ini, berikut lima fakta cakwe yang jarang diketahui orang.

1. Cakwe merupakan menu sarapan khas masyarakat China

5 Fakta Cakwe yang Jarang Diketahui Orang, Asal-Usulnya Mengerikanbobsredmill.com

Cakwe bukan camilan asli Indonesia lho, camilan ini berasal dari China yang punya nama lain Youtiao, biasanya kudapan ini dijadikan menu sarapan. Umumnya masyarakat di sana menambahkan potongan cakwe di atas bubur. Namun cakwe juga biasa dikonsumsi secara langsung dengan minyak cabai sebagai pelengkapnya. 

2. Punya sejarah yang cukup mengerikan

5 Fakta Cakwe yang Jarang Diketahui Orang, Asal-Usulnya Mengerikanflickr.com/roboppy/

Pernah terpikir gak nih sama kalian kenapa cakwe memiliki bentuk yang terdiri dari dua potongan adonan yang disatukan? Ternyata konon menurut sejarah masa lalu camilan ini tercipta sebagai bentuk protes rakyat kepada sepasang tokoh ternama yang berkhianat. 

Dua potong adonan yang bersatu itu kemudian digoreng diminyak panas, yang menyimbolkan sepasang tokoh berkhianat yang seharusnya diberi pelajaran. Dari situlah nama Yozhagui terlahir yang memiliki artian deep fried ghost (hantu yang digoreng).

Baca Juga: Rasanya Enak, 6 Makanan Indonesia Ini Justru Dibenci Turis Asing

3. Variasi cakwe dari negara aslinya

5 Fakta Cakwe yang Jarang Diketahui Orang, Asal-Usulnya Mengerikanhalalinthecity.com

Tidak hanya menjadi pelengkap bubur atau disantap bersama minyak cabai tapi cakwe punya banyak variasi lain, seperti cakwe dengan isian daging babi cincang, cakwe dengan balutan rice cake, cakwe dalam sup, dan masih banyak lagi. 

4. Berbagai nama lain cakwe

5 Fakta Cakwe yang Jarang Diketahui Orang, Asal-Usulnya Mengerikanepicureandculture.com

Jangan heran ketika banyak orang menyebut cakwe dengan nama lain yang beraneka ragam, sebab memang ada banyak sebutan yang tercipta. Mulai dari You Tiao, Chinese Oil Stick, Chinese Crullers, Char Kway, Chinese Oil Stick, You Zha Gui, sampai Deep Fried Ghosts. 

5. Proses pembuatannya yang cukup sederhana

5 Fakta Cakwe yang Jarang Diketahui Orang, Asal-Usulnya Mengerikanasianfoodnetwork.com

Cakwe dibuat dengan bahan utama yang cukup sederhana, yaitu tepung terigu, baking soda, baking powder, air, minyak serta garam dan gula sebagai bumbu dasar. Setelah dicampur dan didiamkan semalaman, adonan tinggal dipotong lalu digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. 

Itu dia guys fakta-fakta menarik tentang camilan favorit banyak orang, cakwe. Kalau di Indonesia paling sering disajikan bersama kuah pedas dengan rasa sedikit asam. Rasanya yang gurih dan chewy selalu bikin ketagihan ya?

Baca Juga: 10 Foto Kocak Makanan Gagal Total, Seketika Bikin Batal Lapar!

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You