Comscore Tracker

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negara

Jadi kamu tertarik nyoba yang mana dulu nih?

Natal menjadi salah satu momen paling spesial bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Untuk membuat perayaan sekali setahun ini jadi istimewa, umat Kristiani rela menghabiskan waktu berhari-hari untuk menyambut hari Natal yang jatuh setiap tanggal 25 desember ini. Mulai dari pakaian, dekorasi seperti pohon natal dan memasang ornamen di seluruh rumah hingga menyiapkan hidangan istimewa.

Bicara tentang Natal, beberapa negara ternyata memiliki tradisi masing-masing dalam merayakannya. Hal yang sama juga berlaku untuk urusan makanan. Berikut ini 7 hidangan malam Natal dari berbagai negara. Tertarik mencoba?

1. Kūčios dari Lithuania

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negarafluentin3months.com

Liburan selalu menjadi salah satu moment yang istimewa bagi orang Lithuania, termasuk untuk liburan Natal. Biasanya mereka memanfaatkan liburan dan momen Natal untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dan agar momen ini jadi semakin sempurna, orang Lithuania menyiapkan kūčios. Kūčios sendiri merupakan jamuan makan yang meliputi roti, ikan, jamur, belut asap, hingga cranberry pudding sebagai makanan penutup.

2. Latkes dari Israel

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negaravegetariantimes.com

Beda Lithuania, beda lagi dengan orang Israel. Saat Natal, orang-orang Israel menghabiskan waktu dengan menyantap latkes yaitu sejenis panekuk kentang yang digoreng dalam minyak. Selain panekuk, mereka juga menyantap donat dan aneka gorengan. Tradisi lainnya adalah dengan membagikan hanukkah gelt, coklat berbentuk seperti koin kecil kepada anak-anak.

3. Weihnachtsgans dari Jerman

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negaracookdiary.net

Sama seperti kebanyakan negara Eropa lainnya, Natal di Jerman dirayakan dengan sangat meriah. Salah satu caranya adalah dengan menyantap makanan istimewa yaitu weihnachtsgans atau angsa natal. Tradisi menyantap angsa natal dimulai sejak Abad Pertengahan, dan dikonsumsi pada saat hari St. Martin. Tapi lama kelamaan, tradisi menyantap weihnachtsgans ini akhirnya juga dilakukan saat Natal. B

iasanya hidangan angsa ini diisi dengan apel, chestnut, bawang, buah plum yang kemudian dibumbui dengan mugwort dan marjoram. Weihnachtsgans ini disajikan dengan kubis merah, pangsit, saus, dan sauerkraut.

Baca Juga: 8 Dessert dari Seluruh Dunia, Bikin Momen Natal-mu Jadi Makin Manis!

4. Tamales dari Costa Rica

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negaravegetariantimes.com

Sudah menjadi tradisi orang Costa Rica untuk membuat tamales setiap kali Natal. Tamales adalah adonan jagung yang dibungkus dengan kulit jagung dan kemudian dikukus. Agar rasanya lebih enak, tamales diisi oleh daging babi, ayam, atau bisa juga dengan daging sapi.

Selain aneka daging, isian lain yang populer adalah bawang merah, kismis atau kentang. Yang unik, meski tampilan tamales selalu sama tapi nyatanya setiap keluarga memiliki resep rahasia sendiri untuk membuat tamales yang enak.

5. Bacalao dari Meksiko

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negarainstagram.com/veronicacooking

Menyantap ikan cod sebenarnya bukanlah tradisi orang Eropa atau Amerika, tapi hal tersebut tidak berlaku bagi orang Meksiko. Saat Natal, orang di Meksiko menyantap bacalao atau cod asin. Meski kedengarannya menu ini sederhana, pada kenyataannya perlu waktu beberapa hari untuk membuat bacalao. Sebelum diolah, ikan harus diasinkan dan diawetkan terlebih dahulu. Biasanya bacalao ini disajikan dengan tomat, bawang dan kentang.

6. Roast Pig dari Filipina

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negarainstagram.com/shenglao

Di negara tetangga kita Filipina, Natal dirayakan dengan meriah. Salah satu tradisinya disebut Noche Buena atau makan malam Natal yang diadakan setelah misa. Biassnya menu yang disajikan adalah lechón atau babi panggang, pasta, lumpia, dan salad buah.

7. Christmas Fried Chicken dari Jepang

Enak Banget! Ini 7 Hidangan Malam Natal dari Berbagai Negarabusinessinsider.sg

Di Jepang sebenarnya tidak ada tradisi khusus untuk merayakan Natal, namun hal ini berubah pada tahun 1970-an. Ketika itu KFC memanfaatkan kekosongan tradisi dengan memberitahu konsumen bahwa menyantap ayam goreng adalah salah satu hal yang harus dilakukan saat Natal.

Alhasil, sejak saat itu orang Jepang selalu menyantap ayam goreng ketika Natal. Bahkan saat ini, ada lebih dari 3,6 juta orang Jepang yang merayakan Natal dengan menyantap ayam goreng. Saking larisnya, orang-orang bahkan harus memesan 2 bulan sebelumnya untuk bisa makan di KFC saat Natal.

Baca Juga: Menggoda, Ini 8 Kue Natal Lezat dari Berbagai Penjuru Dunia

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya