Comscore Tracker

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnya

Bagi yang mengidap alergi  susu harus waspada nih

Susu adalah salah satu produk yang banyak digunakan pada berbagai macam jenis makanan. Produk olahan dari susu yang menjadi favorit banyak orang misalnya keju, yogurt, es krim, mentega dan makanan lainnya.

Namun sayangnya tak semua orang bisa makan susu atau jenis olahan produk susu, bisa karena alergi atau prinsip vegetarian. Tak mudah untuk mengetahui makanan yang di dalamnya terkandung susu. Perlu dibaca lebih teliti untuk mengetahui apakah ada kandungan susu di dalam makanan yang hendak dibeli seperti 10 makanan di bawah ini.

1. Keripik kentang

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapixabay.com/Thomas B.

Kamu gak salah baca kok! Keripik kentang yang biasa kamu makan sembari nonton film mengandung laktosa di dalamnya. Keripik kentang mengandung paling tidak 20 bahan yang mungkin akan susah ditelaah tapi susu adalah bagian dari 20 bahan tersebut.

Bukan hanya keripik kentang dengan rasa bawang, krim asam dan cheddar tapi juga pada rasa umum seperti rasa saus tomat, barbecue, atau dill pickle.

2. Saus tomat

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapixabay.com/Catkin

Tidak semuanya, tapi beberapa merk saus tomat tidak mencantumkan bebas susu dalam daftar komposisinya. Ketika membayangkan saus tomat, yang ada di bayangan adalah saus tomat dengan tomat asli dan rempah-rempah. Namun ada juga saus tomat yang memberikan keju dalam proses pembuatnya.

Tak hanya saus tomat asli, tapi juga saus tomat pada produk pasta yang digunakan untuk masakan Italia.

3. Makanan beku

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapixabay.com/Zozz_

Makanan beku merupakan makanan siap saji yang paling praktis untuk disiapkan untuk bekal anak. Uniknya makanan yang selalu jadi menu favorit ini ternyata mengandung susu, misalnya nugget ayam atau fish stick.

Tak hanya itu. Kalau kamu mengira kentang goreng hanya terdiri kentang dan minyak ternyata tak sepenuhnya benar. Kentang goreng juga mengandung bahan susu atau bahan susu modifikasi. Bahkan menurut Pusat Medis Universitas Rochester, kandungan laktosa yang ada di susu juga kadang ada di kentang goreng.

4. Nutella

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapixabay.com/Bruno /Germany

Nutella merupakan salah satu cokelat yang terkenal di berbagai belahan dunia. Dengan menonjolkan rasa cokelat hazelnut, pasti terbayang kalau nutella berasal dari biji cokelat dengan potongan hazelnut.

Tak hanya keduanya, ternyata nutella juga mengandung susu bubuk skim dan whey bubuk. Bagi yang tidak makan susu, lebih baik beralih ke cokelat lainnya yang tak kalah enak atau bisa juga membuat cokelat hazelnut sendiri.

5. Hot Dogs

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapexels.com/Kaboompics .com

Hot dogs atau isian untuk hot dogs lazim terbuat dari daging sapi. Banyak juga yang mengklaim bahwa hot dogs terbuat dari bahan sapi asli.

Namun siapa sangka jika ada kandungan susu pada makanan tersebut. Komposisi dari hot dogs terkandung dari susu, daging sapi, dan tepung jagung. Susu yang digunakan untuk hot dogs berfungsi sebagai extender atau pengisi sehingga produsen tidak perlu menggunakan daging sepenuhnya.

Baca Juga: 10 Fungsi Kental Manis yang Sebenarnya, Ternyata Bukan Susu Lho!

6. Kentang tumbuk instan

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapixabay.com/Mogens Petersen

Kentang tumbuh atau mashed potatoes banyak disajikan sebagai pelengkap berbagai jenis makanan salah satunya steak. Mashed potatoes biasanya terbuat dari kentang yang dihancurkan dan biasanya ditambah dengan bahan dapur seperti garam, lada, dan mentega.

Namun berbeda dengan kentang tumbuk instan yang tak sepenuhnya terbuat dari kentang karena ada kandungan susu di dalamnya.

7. Kopi dan sup instan

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapexels.com/Kaboompics .com

Untuk memudahkan kehidupan, banyak perusahaan yang melakukan inovasi dengan membuat beberapa barang menjadi bubuk. Untuk menikmatinya kamu hanya cukup menyeduhnya dengan air panas. Di antara contoh produk tersebut adalah kopi instan, sup instan, dan produk instan lainnya.

Produk instan ini ternyata mengandung laktosa yang berguna untuk proses pencampuran yang halus pada produk instan ini. Dan laktosa adalah salah satu kandungan dari susu.

8. Pemanis buatan

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyascitechdaily.com

Seperti halnya produk instan yang tinggal seduh, pemanis buatan juga bukan bahan yang ternyata mengandung produk susu. Sebagai bahan yang tinggal seduh, pemanis buatan mengandung laktosa untuk proses pencampuran agar lebih cepat larut.

Pemanis buatan mudah ditemukan di tempat-tempat umum yang menyediakan teh atau kopi untuk pengunjungnya. Pemanis buatan juga perlu diwaspadai buat kamu yang menghindari produk susu.

9. Vinaigrette

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyaadashofmegnut.com

Vinaigrette adalah salah satu produk yang tak asing untuk pencinta salad. Bahan ini terbuat dari cuka dan ditambah garam, merica, gula, bawang putih dan aneka herbs. Namun beberapa merk saus salad ini menambahkan keju pada campuran vinaigrette. Keju yang biasa dicampurkan adalah keju ramona atau keju parmesan.

10. Obat

Bukan Keju, 10 Makanan Ini Ternyata Punya Kandungan Susu di Dalamnyapexels.com/Pixabay

Walaupun tak semuanya, beberapa obat mencampurkan whey yang merupakan protein dalam susu.

Whey adalah produk sampingan dari proses pembuatan keju yang memiliki asam amino dalam jumlah besar. Whey dalam obat digunakan untuk meningkatkan kinerja atletik dan juga mengatasi masalah gizi atau kekurangan gizi. .

Ternyata banyak jenis makanan yang ternyata mengandung produk susu atau produk turunan dari susu. Bagi kamu yang alergi terhadap susu dan produk turunan susu, wajib waspada nih dengan meneliti komposisi bahan di dalamnya.

Baca Juga: 10 Tip Memilih Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya