Comscore Tracker

5 Menu Sahur Ala Turki Ini Terbuat Dari Telur, Dijamin Enak Banget

#RamadanMasaKini Sahur ala Turki bikin lidah goyang

Pada bulan Ramadhan, sahur adalah salah satu kegiatan yang ditunggu bagi umat Islam. Sahur merupakan kegiatan makan sebelum imsak berkumandang. Di mana imsak adalah tanda puasa dimulai. Makan sahur sangat penting mengingat seharian akan menahan makan dan minum tapi kegiatan harus berjalan terus.

Salah satu komposisi bergizi yang baik untuk sahur adalah telur. Telur adalah bahan yang penuh nutrisi dan juga mengenyangkan. Selain itu telur juga bisa menjaga berat badan dan makanan yang baik untuk ibu hamil. Berikut ini makanan sahur yang terbuat dari telur, bukan ala Indonesia tapi ala Turki loh.

1. Yumurta salatası (salad telur)

5 Menu Sahur Ala Turki Ini Terbuat Dari Telur, Dijamin Enak Bangetyemek.com

Yumurta salatası atau salad telur adalah makanan sehat dan mudah dibuat. Salad telur ini terdiri dari telur rebus yang sudah dipotong kecil-kecil, bawang, mint, garam, lada, cabai, thyme, minyak zaitun dan air lemon. Campur semua bahan dan jadilah menu sahur. Untuk menyantapnya bisa dengan roti juga. Selain sehat, salad telur juga baik untuk program diet. 

2. Yağsız Ispanaklı Börek (bayam skim)

5 Menu Sahur Ala Turki Ini Terbuat Dari Telur, Dijamin Enak Bangetyemek.com

Yağsız Ispanaklı Börek adalah sejenis omelet yang berisi bayam. Bahan utamanya adalah telur, yogurt, keju dan bayam. Dengan tambahan bawang, paterseli, garam dan tepung terigu. Yağsız Ispanaklı Börek sangat cocok untuk menu diet sehat karena hanya terkandung 99 kalori perporsi.

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini saat Sahur, Dijamin Puasa Kamu Bakal Lancar

3. Karabuğday unlu krep (pancake tepung soba)

5 Menu Sahur Ala Turki Ini Terbuat Dari Telur, Dijamin Enak Bangetyemek.com

Karabuğday unlu krep terbuat dari telur, susu, minyak zaitun ditambah tepung jagung dan tepung soba. Tepung soba yang digunakan pada Karabuğday unlu krep adalah tepung yang biasa digunakan mi ramen. Tepung soba terbuat dari gandum kuda atau buckwheat yang memiliki cita rasa dan aroma sangat kuat. Setelah bahan-bahan tadi terkumpul, bahan-bahan tersebut dicampur lalu diamkan sebentar di lemari es. Setelah beberapa menit adonan siap dibuat pancake diatas kompor. Saat memasak pancake pecahkan telur diatasnya tunggu hingga matang dan Karabuğday unlu krep siap disantap.

4. Çılbır (poached eggs Turki)

5 Menu Sahur Ala Turki Ini Terbuat Dari Telur, Dijamin Enak Bangettarasmulticulturaltable.com

Çılbır adalah Poached Eggs khas Turki. Cara memasaknya gampang-gampang susah karena butuh ketepatan waktu agar telur yang direbus memiliki kematangan yang pas. Telur dimasak di air yang mendidih dengan api kecil yang telah ditambahkan cuka didalamnya. Telur yang dimasak tidak boleh terlalu lama, hanya 3-4 menit agar telur matang pas.  Tambahan dalam penyajiannya berupa peterseli yang diiris tipis dan lada hitam. Çılbır biasanya disantap menggunakan roti panggang yang diolesi mentega.

5. Milföyde Yumurta (puff pastry telur)

5 Menu Sahur Ala Turki Ini Terbuat Dari Telur, Dijamin Enak Bangetdiyetixyen.com

Menu Milföyde Yumurta sangat mudah dibuat. Cukup sediakan adonan puff pastry dan telur sebagai bahan utama. Untuk pelengkapnya ditambah garam dan rosemary. Caranya letakkan adonan puff pastry ke cetakan mangkok yang telah dilapisi kertas roti. Puff pastry harus sedikit ditekan agar berbentuk cekung lalu tambahkan telur dan oven pada suhu 190 derajat selama 12-15 menit. Setelah matang tambahkan garam dan rosemary. Jika ingin variasi lain bisa tambahkan daging yang diiris tipis atau bisa juga ditaburi keju.

Itu adalah 5 menu sahur yang terbuat dari telur dan bisa menjadi alternatif menu sehari-hari. Agar tidak bosan, menu ala Turki tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You