Comscore Tracker

5 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Wajib Kamu Coba

Bukan hanya es pisang ijo, lho! #LokalIDN

Es pisang ijo adalah salah satu makanan khas Makassar yang namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dinginnya es yang bersatu dengan rasa manis dari pisang dan sirup coco pandan membuat banyak orang ketagihan ketika menikmatinya. Makanan ini banyak diincar saat udara terasa panas atau sebagai menu berbuka puasa.

Bukan hanya es pisang ijo saja, berikut ini ada lima makanan khas Makassar berbahan dasar pisang yang bisa bikin kamu ketagihan. Ada apa saja? Yuk, kita simak informasinya!

1. Es pallu butung

5 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Wajib Kamu Cobainstagram.com/uyameliana

Cara pembuatan es pisang ijo dan es pallu butung hampir mirip, bedanya hanya terletak pada kulit untuk membungkus pisangnya. Jika es pisang ijo memiliki kulit berwarna hijau, es pallu butung pisangnya tanpa bungkusan kulit apa pun. Es pallu butung juga menggunakan fla dan sirup coco pandan sebagai penambah rasa.

Secara fisik kedua makanan ini memang hampir sama. Namun, rasa es pallu butung tidak kalah menggugahnya dengan es pisang ijo. Meski diberi nama es pallu butung, makanan ini juga cocok disajikan saat sarapan dalam keadaan hangat tanpa menambahkan es, lho!

2. Sanggara peppe'

5 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Wajib Kamu Cobainstagram.com/dapoerve

Dalam bahasa Makassar sanggara berarti menggoreng dan peppe' berarti pukul. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sanggara peppe' adalah pisang goreng yang dipukul alias pisang geprek. Sanggara peppe' dibuat menggunakan pisang kepok muda yang kulitnya masih hijau. Pisang harus melewati dua kali tahap penggorengan agar mendapatkan hasil yang krispi.

Pertama, pisang harus digoreng setengah matang dalam keadaan utuh. Setelah setengah matang, pisang kemudian ditiriskan untuk digeprek sampai bentuknya menjadi pipih. Barulah kemudian digoreng kembali sampai pisang matang merata. Makanan ini dapat disantap bersama sambal pedas dan teh hangat.

Baca Juga: 10 Nama-nama Serangga dalam Bahasa Makassar, Coba Dihafalin Yuk!

3. Sanggara balanda

5 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Wajib Kamu Cobainstagram.com/golla_arenta

Bagi kamu penikmat makanan manis, makanan khas Makassar yang satu ini sangat recommended buat kamu. Masih dengan makanan yang digoreng, pisang yang satu ini berbeda dengan pisang goreng lainnya. Karena makanan ini hanya cocok dibuat menggunakan pisang raja yang sudah matang.

Pisang yang telah digoreng kemudian diberi lubang dibagian tengah agar dapat memasukkan kacang tanah, mentega, gula merah, dan sedikit gula pasir sebagai isian. Tahap terakhir, pisang yang telah digoreng tadi disiram dengan karamel dan sanggara balanda khas Makassar pun siap untuk disantap.

4. Pisang epe'

5 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Wajib Kamu Cobainstagram.com/hidupku_sebagai_debbie

Pisang bakar yang berenang di atas cairan gula merah ini mudah ditemukan di area Pantai Losari Makassar. Banyak masyarakat kota Makassar yang sengaja mengunjungi Pantai Losari saat sore hari untuk sekadar menyantap pisang epe' sambil menikmati pemandangan pantai. Rasa manis pisang epe'  dipadu pemandangan yang elok memang dapat membantu menghilangkan stres setelah sibuk dengan kegiatan sehari-hari.

5. Barongko

5 Makanan Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Wajib Kamu Cobainstagram.com/dccakemadeyoga

Makanan yang satu ini hampir tak pernah absen disetiap acara pernikahan masyarakat Sulawesi Selatan. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis membuat makanan ini menjadi primadona. Terbuat dari buah pisang, makanan ini juga dibungkus menggunakan daun pisang. Namun, belakangan ini banyak dari kalangan pelaku bisnis makanan yang membuat barongko tanpa menggunakan daun pisang.

Bukan hanya es pisang ijo, itulah deretan makanan khas Makassar yang berbahan dasar pisang. Beberapa diantaranya sangat gampang untuk dibuat, lho. Cocok untuk mengisi kegabutanmu saat di rumah. Apakah kamu tertarik mencoba?

Baca Juga: Ini Dia Kuliner Khas Pelengkap Tradisi Muharam Bugis-Makassar

Zam Zam Photo Verified Writer Zam Zam

Masa depan tidak akan seburuk itu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya