Comscore Tracker

5 Kreasi Olahan Tepung Tapioka Ini Bikin Kamu Pengin Nyicip

Hasilnya lezat dan pasti bikin gagal diet nih!

Tepung tapioka atau yang dikenal dengan sebutan tepung kanji berasal dari umbi singkong. Tepung ini berbentuk butiran halus layaknya tepung terigu namun yang membedakan ketika dimasak akan membuat tekstur masakan menjadi lebih kental pada masakan berkuah dan memunculkan tekstur kenyal bila ditambahkan pada adonan kue, maupun olahan masakan lainnya.

Kebiasaan ngemil warga perkotaan menjadikan olahan tapioka semakin menjadi primadona. Tak hanya dari kalangan penjual kaki lima namun sampai merambah ke restoran kecil dan bahkan sudah banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berlomba-lomba membuat kreasi olahan yang berbahan dasar tepung ini.

Berikut adalah 5 kreasi olahan tepung tapioka yang pasti bakal bikin kamu nggak bisa berhenti ngunyah.

1. Pempek

5 Kreasi Olahan Tepung Tapioka Ini Bikin Kamu Pengin Nyicippergikuliner.com

Pempek adalah makanan khas dari Kota Palembang yang berbahan dasar daging ikan giling lalu ditambahkan dengan tepung tapioka dan tepung terigu serta bumbu pelengkap lainnya. Setelah diuleni menjadi kalis kemudian dibentuk menjadi berbagai macam ukuran tak lupa digoreng dalam api sedang dan disajikan dengan irisan timun berbentuk dadu serta kuah cuko yang sedikit kecut namun segar di lidah.

Pempek akan terasa lebih lezat jika dimakan dalam keadaan hangat dan disajikan ketika sanak keluarga datang maupun ada tamu kerja yang mampir ke rumah.

2. Cilok

5 Kreasi Olahan Tepung Tapioka Ini Bikin Kamu Pengin Nyicipmasakankeluarga.com

Jika mendengar kata Cilok yang terbayang di kepala kita adalah jajanan masa kecil. Jajanan berbentuk bulat ini sangat digemari segala kalangan terutama bagi anak sekolahan.

Selain harganya yang murah meriah juga kenikmatan saat menggigit tiap butir nya akan selalu teringat saat kita ingin bernostalgia pada jaman masih duduk di bangku sekolah.

Cara membuat nya yang mudah dan mendatangkan banyak keuntungan membuat para produsen kreatif terpacu membuat varian baru dari jajanan mungil ini. Tak hanya ayam suwir namun ada juga varian isi keju mozzarella dan juga cabe rawit. Pokoknya pasti ngiler deh.

3. Cireng

5 Kreasi Olahan Tepung Tapioka Ini Bikin Kamu Pengin Nyicipmasakankeluarga.com

Cireng atau aci digoreng ini juga tak kalah happening dari Cilok. Komposisi bahan utama yang sama namun beda cara mengolahnya membuat siapa saja yang memakan nya nggak bisa berhenti ngunyah. Tekstur cireng yang crunchy di luar namun kenyal dan empuk di dalam membuat semua orang ketagihan.

Semakin berkembangnya dunia usaha di Indonesia juga membuat Usaha Kecil Menengah (UKM) semakin berpikir keras dalam membuat kreasi cireng seperti adanya rujak cireng, keripik cireng, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga: 10 Artis Indonesia Ini Punya Hobi Menikmati Kuliner Ekstrem

4. Cenil

5 Kreasi Olahan Tepung Tapioka Ini Bikin Kamu Pengin Nyicipsajiansedap.grid.id

Jajanan Tradisional ini semakin jarang kita temui di wilayah perkotaan. Cenil biasanya dijual di area pasar tradisional bahkan jaman dahulu jajanan ini dijual bersama lupis, ketan, dan aneka bubur sambil di taruh dalam wadah keranjang bambu besar yang di bawa diatas kepala si penjual.

Teksturnya yang kenyal belum lagi ditambahkan dengan parutan kelapa dan di siram larutan gula merah, membuat siapa saja jatuh hati pada gigitan pertama.

5. Kue lapis

5 Kreasi Olahan Tepung Tapioka Ini Bikin Kamu Pengin Nyicipresepcaramasak.org

Siapa yang suka makan kue lapis tapi dimakan sedikit demi sedikit tiap lapisan nya? Jika kalian melakukan hal yang sama, selamat. Masa kecil kalian sangat kreatif. Jajanan tradisional ini banyak dijumpai di pulau Jawa dan dijual di area pasar tradisional.

Berbeda dengan cenil yang perlu ditambah pelengkap. Kue ini biasanya hanya dikemas dengan plastik bening saja. Namun yang menjadi daya tarik utamanya adalah warna-warni dari kue ini yang membuat siapa saja langsung ingin membelinya.

Nah, itu tadi beberapa kreasi olahan tepung tapioka yang sering dijual disekitarmu. Saran buat kalian yang suka ngemil alangkah baiknya jika tak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selain bisa bikin menambah berat badan, dompet kamu juga bakal langsung kempes karena tak tahan ingin nambah lagi dan lagi.

Baca Juga: Yuk, Coba 5 Resep Kuliner Jamur yang Super Lezat Ini!

Nur Maulidiyah Agustin S Photo Community Writer Nur Maulidiyah Agustin S

A Mickey Mouse lovers | Singing | Photography | ♌ |

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You