Comscore Tracker

Fakta Menu Ayam Asam Manis, Chinese Food yang Enak dan Praktis!

Favorit dipesan di berbagai restoran nih!

Ketika kamu mampir di restoran Chinese Food, sering sekali tercantum nama ayam asam manis dalam menunya. Ya, makanan yang satu ini memang cukup populer karena kelezatannya. Ayam goreng lembut dan berselimut tepung renyah, disantap dengan kuah lezat dengan perpaduan rasa asam dan manis. Wah, sudah pasti siap menggoyang lidah kamu yang memesannya.

Namun, apakah kamu yang biasa menyantap menu ayam asam manis sudah tahu tentang asal-usul makanan ini? Selain itu, tahu nggak sih kalau ayam asam manis ini nggak cuma lezat tapi juga sarat akan kandungan gizi? Nah, supaya lebih mengenal tentang menu ayam asam manis, yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Asal muasal menu ayam asam manis

Fakta Menu Ayam Asam Manis, Chinese Food yang Enak dan Praktis!delish.com/

Ayam asam manis adalah potongan ayam goreng tepung yang disiram dengan saus asam manis kental berwarna merah kecoklatan. Pada mulanya, saus tersebut bukanlah disajikan dengan ayam goreng, tetapi digunakan dalam masakan Tiongkok sebagai saus daging babi yang biasa disebut gulouyuk dalam bahasa Kantonis.

Resep asli saus asam manis hanya terdiri dari air, cuka, saus tomat, saus cabai, air jeruk lemon, bawang putih, bawang bombay dan larutan tepung kanji sebagai pengental. Resep ini kemudian makin berkembang dan dimodifikasi dengan menambahkan berbagai macam bahan tambahan seperti irisan buah nanas, cabai merah dan paprika untuk menambah cita rasa yang asam dan sedikit pedas. Bahan dasarnya pun juga menjadi lebih bervariasi, tidak hanya daging babi tetapi juga seafood dan daging ayam yang kini menjadi lebih populer.

2. Menu yang hampir selalu ada di restoran Chinese Food

Fakta Menu Ayam Asam Manis, Chinese Food yang Enak dan Praktis!hellofresh.com/

Untuk menikmati hidangan lezat ini, kamu dapat dengan mudah memesannya di rumah makan Chinese Food. Untuk daerah rantau yang ramai, misalnya di kota yang terdapat banyak pelajar dan mahasiswa, banyak sekali penjaja kaki lima yang menawarkan ayam asam manis dengan harga terjangkau tentunya.

Mungkin lantaran banyak dijual, menu ini memang sangat jarang jadi pilihan olahan para ibu rumah tangga pada umumnya. Hal ini mungkin karena para ibu tidak tahu cara mengolahnya. Padahal, aromanya sangat menggugah selera dan rasanya pun sangat lezat serta nikmat. Menu ini sebenarnya dapat dibuat dengan mudah di rumah lho. Bahan-bahannya pun mudah dijumpai dan cara pembuatannya juga sangat sederhana.

Baca Juga: Ingat, 7 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Berbarengan dengan Durian

3. Resep ayam asam manis

Fakta Menu Ayam Asam Manis, Chinese Food yang Enak dan Praktis!kitchensanctuary.com/

Untuk memasak satu porsi ayam asam manis, kamu membutuhkan daging ayam yang dipotong dadu dan digoreng dengan tepung menjadi ayam goreng krispi. Jika ada sisa ayam goreng krispi atau nugget ayam bisa juga disiram dengan saus asam manis ini untuk membuat hidangan dengan cita rasa baru yang sangat nikmat. Jika membuatnya dari sisa ayam krispi maupun nugget, tentu waktu pembuatan akan jauh lebih cepat.

Sementara, saus asam manis dibuat dengan menumis bawang bombay, saus tomat dan cabai, air, garam, gula, merica, yang kemudian dikentalkan dengan larutan maizena atau kanji. Sayuran tambahan seperti nanas dan paprika bisa dimasukkan setelah saus mendidih. Setelah itu, ayam tepung yang sudah disiapkan sebelumya dicampurkan ke dalam wajan dan diaduk hingga tercampur rata serta mengental. Voila! Sajian sedap ayam asam manis sudah siap dinikmati.  

4. Pilih sayuran sesuai selera agar lebih sehat

Fakta Menu Ayam Asam Manis, Chinese Food yang Enak dan Praktis!iheartumami.com/

Supaya ayam asam manis buatanmu jadi lebih sehat, pastikan kamu menambahkan sayur-sayuran sebagai campuran ayam. Seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya, menu ayam asam manis umumnya menggunakan nanas dan paprika sebagai bahan tambahan.

Tapi bagi kamu yang ingin lebih sehat, bisa juga memilih sayur-sayuran lain sebagai alternatif bahan tambahan. Sebut saja tomat, brokoli, bunga kol, hingga labu siam misalnya. Sementara untuk alternatif protein, bisa juga menambahkan tofu sebagai campuran ayam. Pastinya semakin banyak sayuran yang kamu tambahkan dalam masakanmu, semakin sehat pula masakanmu.

5. Kandungan atau nilai gizi

Fakta Menu Ayam Asam Manis, Chinese Food yang Enak dan Praktis!recipes.heart.org/

Selain enak di lidah, ayam asam manis sangat kaya akan kandungan gizi yang baik untuk kamu, khususnya kamu yang sedang hamil. Dengan mengonsumsi menu ini, seorang ibu hamil akan mendapat seperempat kebutuhan nutrisi hariannya.

Makanan ini mengandung DHA, kolin dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu perkembangan otak pada janin. Ayam asam manis juga kaya akan kandungan vitamin B6 yang dapat meredakan mual. Walaupun demikian, ayam asam manis termasuk mengandung kalori yag cukup besar, yakni 451kkal kalori dan juga mengandung kolesterol sebanyak 87,5 gram.

Nah gimana? Tertarik untuk segera menjajal menu ayam asam manis di dapur rumahmu? Atau justru tertarik untuk beli saja di restoran langgananmu? 

Baca Juga: Resep Eight Treasure Rice Pudding, Makanan Keberuntungan Khas Imlek

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya