Comscore Tracker

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!

Nomor 5 gue banget nih

Orang Indonesia sangat familiar dengan istilah ngidam. Gak cuma berlaku untuk ibu hamil, kita juga pasti sering merasa sangat ingin makan sesuatu yang spesifik dan susah dihilangkan.

Ketika perut lapar, kita cenderung punya jenis makanan tertentu yang diinginkan. Ternyata tiap makanan yang kita idamkan punya arti berbeda-beda untuk tubuh, lho!

1. Burger

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!insights.ibx.com

Daging burger yang juicy  mengandung zat besi, protein, dan zinc. Zat besi dan zinc jadi yang paling banyak hilang saat beraktivitas fisik atau saat menstruasi.

Ketika makan burger, kita akan kembali berenergi karena sebagian gizi terpenuhi dari daging serta sayuran. Jadi saat tubuh lelah atau merasa lapar setelah berkegiatan fisik, tubuh memberi sinyal "kerinduan" terhadap makanan tersebut.

2. Permen

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!babysitting.academy

Gejala seperti pusing, lemas, dan berkunang-kunang juga bisa jadi tanda kamu kekurangan glukosa. Cara tercepat memenuhi kebutuhan gula darah adalah memakan makanan manis seperti permen. 

Selain glukosa, dianjurkan mengonsumsi makanan gizi seimbang agar proses pencernaan berjalan stabil. Gula bisa dicerna dengan cepat, sehingga kamu bakal cepat lapar.

3. Cokelat

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!taste.com.au

Cokelat sudah teruji secara ilmiah bisa menaikkan mood. Itulah kenapa ketika kamu merasa lelah, sedih, bosan, atau marah, kamu cenderung ingin makan cokelat dan olahannya. Misalnya pudding, tart, biskuit, dan sebagainya.

4. Kentang goreng

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!timesofindia.com

Kentang  bisa jadi sumber energi yang besar karena mengandung karbohidrat dan lemak. Nilai tambahnya, rasanya yang enak bisa bikin kita ketagihan. Tubuh akan menyimpan memori tersebut, berupa sensasi makan kentang yang kita nikmati beserta lonjakan energi setelahnya.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ternyata 7 Keju Ini Gak Baik buat Kesehatan Lho!

5. Es batu

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!webmd.com

Kamu pernah menemukan orang yang hobi mengunyah es batu? Atau justru kamu salah satunya? Ternyata kebiasaan ini bisa termasuk gejala psikologi bernama pagophagia.

Biasanya, orang dengan gejala ini akan terus menerus ingin mengunyah es batu, bahkan hampir setiap hari. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kekurangan zat besi hingga pertanda kalau kamu sedang stres.

6. Minuman bersoda

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!coca-colacompany.com

Minuman bersoda punya kandungan tertentu yang bisa memicu kecanduan. Kafein yang ada di dalamnya juga membuat kita dehidrasi dan cenderung minum lebih banyak soda. Hal ini diperparah dengan gaya hidup tidak sehat yang diterapkan. Sehingga kita terdorong keinginan mengkonsumsi soda.

7. Makanan pedas

Ternyata, Ngidam 7 Makanan Ini Punya Arti Unik Tersendiri Lho!Livestrong.com

Sensasi yang ditimbulkan makanan pedas bisa jadi salah satu alasan kenapa kita suka ngidam. Saat kamu makan, suhu tubuhmu mulai naik dan merasa panas hingga berkeringat.

Setelahnya akan timbul sensasi segar ketika keringat mengering. Selain itu, cabai bisa merangsang endorphin yang membuat suasana hati jadi lebih tenang atau bahagia.

Kalau kamu, paling suka "ngidam" yang mana nih?

Baca juga: 7 Makanan Anti Basi, Bisa untuk Persediaan Jangka Panjang Nih

 

 

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya