Comscore Tracker

Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Lamak Bana!

Pedes gurihnya bikin ketagihan!

Ketika kamu liburan di Bukittinggi, Sumatera Barat, ada kuliner yang harus kamu coba yaitu nasi Kapau. Nasi yang dilengkapi dengan beragam lauk pauk ini sungguh nikmat.

Tidak sembarang orang tahu racikan asli bumbu khas Kapau. Yang pasti, setiap keluarga punya komposisi sendiri dan selalu dirahasiakan secara turun temurun. Bahkan untuk mendapatkan Tambusu yang enak, hanya masyarakat dari Nagari ini yang pandai mengolahnya.

Jadi, jika kamu berwisata ke Bukittinggi, jangan sampai dilewatkan wisata kuliner ala Minang yang satu ini ya, Nasi Kapau yang lamak bana!

1. Rasa khasnya yang bikin ketagihan selalu menjadi incaran wisatawan di Bukittinggi

Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Lamak Bana!qraved.com

Jika di Jogja kita mengenal nasi Gudeg, maka lain halnya di daerah Sumatera Barat. Salah satu makanan yang cukup populer di tanah Siti Nurbaya ini adalah Nasi Kapau. Kuliner khas Minangkabau ini memiliki daya pikat sendiri bagi penikmatnya. Terdiri atas nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau. 

Nama Kapau berasal dari Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang dikenal pandai meracik makanan. Menurut cerita penduduk setempat, hanya penduduk asli Nagari Kapau yang bisa menghasilkan kuliner nikmat seenak Nasi Kapau.

Bukan hanya kecantikan alamnya, ragam kuliner khas kota Bukittinggi, Sumatera Barat siapa yang enggak kenal? Salah satu makanan yang kerap jadi incaran para pelancong adalah Nasi Kapau. Sajian nasi dengan beragam lauk pauk yang nikmat dan menggoda.

Tidak saja bagi wisatawan yang datang berkunjung, nasi Kapau ini pun juga langganan pejabat tinggi negara yang datang berkunjung ke Sumatera Barat. Mulai dari Presiden, Menteri, Panglima TNI dan Gubernur sudah menjadi penikmat kuliner khas Agam ini.

Seporsi nasi Kapau tergantung dari banyaknya lauk yang disantap, biasanya sekitar Rp15.000 – Rp20.000. Namun, buat kenikmatan dan keberagaman lauknya, tentu saja harga segitu sangat layak bagi pecinta kuliner khas Minang.

Menu andalan yang paling sering jadi incaran para perantau maupun wisatawan adalah gulai tambusu, dibuat dari usus sapi yang diisi adonan telur dan tahu lalu dimasak dalam kuah gulai.

Soal rasa? Nasi Kapau memang tiada duanya. Rugi sekali bila ke Sumatera Barat tidak mencicipi Nasi Kapau yang menggunggah selera ini!

Baca Juga: 10 Olahan Gulai dari Ranah Minang, Ondeh Mandeh Lamak Bana!

2. Los Lambuang, sebuah surga nasi Kapau di Bukittinggi

Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Lamak Bana!bukittinggi.info

Jika berwisata ke Bukittinggi, ada satu tempat yang tak boleh kamu lewatkan. Surganya  Nasi kapau yang lezat dan menggoda, tidak adanya salahnya untuk mencicipi nasi Kapau yang berada di kawasan Los Lambuang, Pasar Lereng, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Sekitar 300 meter dari dari Jam Gadang di pusat kota.

Dalam bahasa Minang, Los artinya lorong dan lambuang berarti lambung. Jika disatukan, Los Lambuang bermakna lorong yang dapat mengisi lambung. Jadi, di sinilah tempat terbaik buat ngisi lambung kamu karena di Los Lambuang ini bukan hanya menjual Nasi Kapau saja namun juga berbagai varian masakan khas Minang yang dapat mengisi lambung hingga kenyang. Nasi Kapau adalah Salah satu menu yang mendominasi dan paling diincar di sini.

Jangan lupa cicipi juga lauk Tambusu. Yang menjadi ciri khasnya yaitu campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus 12 jari sapi. 

3. Nasi Kapau yang telah menjadi kebanggaan dan identitas masyarakat Minangkabau

Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Lamak Bana!makarame.com

Mendengar kuliner nasi Kapau, semua orang akan langsung teringat akan Minangkabau. Tapi tidak banyak yang tahu ternyata nasi Kapau ini adalah kuliner khas Nagari Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

Sekilas mungkin tidak ada yang berbeda dari nasi Kapau jika dibandingkan dengan nasi padang lainnya. Namun nasi kapau memiliki menu khas tersendiri. Nasi Kapau yang asli dilengkapi dengan pilihan menu wajib, gulai cubadak (nangka), cancang (potongan kecil tulang rawan dan daging sapi), gulai tunjang (tulang dan urat sapi), Babek (Babat) dan terakhir gulai tambunsu (usus yang diisikan campuran tahu dan telur). Nasi Kapau memiliki keunikan tersendiri dimulai dari rumah makannya, selalu menyajikan menu makanannya di dalam panci besar yang disusun bertingkat.

Satu porsi Nasi Kapau ini terdiri dari  nasi yang berasnya harus bermutu tinggi dari Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. 

Perbedaan nasi Kapau dengan nasi padang pada umumnya adalah cara membuat makanannya. Nasi Kapau masih dibuat dengan sangat tradisional. Jadi, masaknya masih menggunakan kayu. Inilah yang membuat rasa nasi Kapau lebih nikmat dibandingkan nasi padang. Selain rasa yang lebih enak, biasanya makanannya jadi lebih harum.

Tertarik mencoba Nasi Kapau, kuliner khas Minangkabau?

Baca Juga: Ini 5 Lauk Favorit dalam Nasi Padang, Paling Sering Diburu! 

Rafika Saputry Photo Community Writer Rafika Saputry

i love writing and travelling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You