Comscore Tracker

5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!

Ternyata gak sembarangan membeli kepiting, lho

Kepiting merupakan salah satu bahan yang kerap dijadikan olahan untuk hidangan seafood. Mulai dari sup kepiting, kepiting saus tiram, kepiting saus Padang, ataupun sebagai suwiran untuk bubur jagung. Agaknya, daging kepiting yang lembut dan citarasanya yang manis lagi gurih menjadi kunci mengapa sajian ini begitu menggugah selera.

Usut punya usut, sebelum diolah ke dalam kreasi masakan, kepiting ternyata harus dipilih dengan tepat supaya sedap saat disajikan kelak. Jangan asal membeli, lho.

1. Pilih kepiting yang masih hidup

5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!thespruceeats.com

Pilihlah kepiting yang masih hidup. Pasalnya, kepiting yang sudah mati jauh sebelum dimasak ternyata membuatnya kehilangan terlalu banyak cairan tubuh. Cairan yang hilang tersebut akan mempengaruhi ketebalan daging di dalam tubuh kepiting.

Jika kesulitan menemukan kepiting yang masih hidup, maka pastikan kepiting tersebut paling lama sudah ditangkap 2-3 hari, dan segera olah menjadi masakan.

2. Periksa cangkang kepiting dengan mengetuknya

5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!sbs.com.au

Periksalah kondisi cangkang kepiting tersebut dengan mengetuknya. Jika berbunyi nyaring (kopong), berarti kepiting sudah tak lagi segar. Namun apabila bunyinya terdengar padat, tandanya kepiting masih segar.

Disarankan pula untuk memilih kepiting bercangkang yang agak kusam dan bergores daripada kepiting yang cangkangnya terang dan mengkilap. Pasalnya, hal tersebut menunjukkan bahwa kepiting siap berganti kulit, serta memiliki daging yang cenderung lebih padat.

Baca Juga: 5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masak

3. Rasakan berat kepiting dengan mengangkatnya

5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!bettycrocker.com

Salah satu cara menakar apakah daging kepiting tersebut banyak dan padat adalah dengan mengangkat tubuh kepiting tersebut. Rasakan beratnya. Selain itu, perhatikan pula responnya saat disentuh. Apabila kepiting melakukan perlawanan yang cukup kuat, berarti staminanya terbilang masih baik. Dengan kata lain, berkemungkinan dagingnya pun terbilang bagus.

4. Perhatikan keutuhan bagian tubuh kepiting

5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!ph.asiatatler.com

Saat membeli kepiting, perhatikan keutuhan bagian tubuhnya dengan seksama. Pasalnya, kepiting umumnya dijual dengan cara diikat satu sama lain sehingga berkemungkinan ada salah satu bagian tubuhnya yang mungkin terlepas. Terutama apabila kepiting tersebut akan diolah hanya pada bagian tertentu di tubuhnya saja.

5. Pilih kepiting yang ditempatkan di wadah kering

5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!beyondkimchee.com

Pasalnya, kepiting yang dijual dalam kondisi dimasukkan ke dalam wadah berisi air, justru membuatnya menjadi lebih amis saat diolah. Selain itu, air yang terlalu banyak terserap ke dalam tubuhnya juga akan membuat daging kepiting menjadi 'benyek'. Imbasnya, cita rasa dan kualitas daging saat dimasak pun menurun. 

Nah, sudah siap berburu kepiting? Pertimbangkan dengan seksama sebelum membeli, ya.

Baca Juga: 5 Resep Kreatif Seafood, Kekinian dan Bikin Makin Doyan Makan

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You