Comscore Tracker

Jangan Keliru, Inilah 5 Pembeda Antara Biji Selasih dan Chia Seed

Sekilas memang mirip, sih

Kendati kedua jenis biji-bijian kaya manfaat ini sering dikonsumsi, biji selasih dan Chia seed rupanya kerap menimbulkan salah kaprah sebab tampilannya yang memang sekilas mirip. Padahal, kedua jenis biji-bijian tersebut memiliki cara pengolahan yang bahkan berkebalikan. Nah, supaya tak lagi keliru, inilah beberapa hal yang menjadi pembeda diantara keduanya. 

1. Biji selasih berasal dari ocimun basilicum, sedangkan chia seed dari salvia hispanica

Jangan Keliru, Inilah 5 Pembeda Antara Biji Selasih dan Chia Seedveganfirst.com

Biji selasih dan chia seed memang termasuk ke dalam jenis biji-bijian, namun berasal dari tanaman yang berbeda. Tepatnya, biji selasih berasal tanaman bernama ilmiah ocimun basilicum, sedangkan chia seed berasal dari tanaman salvia hispanica sebagai nama ilmiahnya.

2. Biji selasih lebih efektif untuk mencegah anemia, sedangkan chia seed bagus untuk jantung

Jangan Keliru, Inilah 5 Pembeda Antara Biji Selasih dan Chia Seedfood.ndtv.com

Biji selasih dan chia seed menawarkan khasiat medis melalui kandungan nutrisi yang dimilikinya. Kendati demikian, keduanya ternyata memiliki kelebihan tersendiri dalam urusan kesehatan. Pasalnya, biji selasih akan lebih pas untuk mencegah anemia, sedangkan chia seed lebih efektif untuk melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: Ini 7 Makanan Sehat yang Kalorinya Hampir Nol, Cocok Buat Diet!

3. Biji selasih berasal dari India dan area Mediterania, sedangkan chia seed dari Meksiko dan Amerika Latin

Jangan Keliru, Inilah 5 Pembeda Antara Biji Selasih dan Chia Seedeatright.org

Usut punya usut, kawasan yang menghasilkan kedua jenis biji-bijian ini pun berbeda. Biji selasih umumnya tumbuh di India dan area sekitar Mediterania. Sedangkan, chia seed lebih banyak tumbuh di kawasan Meksiko dan Amerika Selatan. 

4. Sebelum dikonsumsi, biji selasih harus direndam dulu, sedangkan chia seed dapat langsung dipakai

Jangan Keliru, Inilah 5 Pembeda Antara Biji Selasih dan Chia Seedranasbakery.com

Ternyata, cara mengolah dan mengonsumsi kedua jenis biji-bijian inipun berbeda. Biji selasih harus direndam terlebih dahulu di dalam air hingga biji tersebut mengembang. Akan tetapi, chia seed dapat langsung disajikan sebagai topping pada dessert, ataupun direndam untuk membuatnya mengembang berkali lipat dari ukuran aslinya. 

5. Biji selasih berwarna cokelat kehitaman, sedangkan warna pada Chia seed lebih bervariasi

Jangan Keliru, Inilah 5 Pembeda Antara Biji Selasih dan Chia Seedtimesofindia.indiatimes.com

Ditilik dari sisi tampilannya, biji selasih memiliki ukuran yang lebih kecil daripada chia seed. Selain itu, warna biji selasih adalah cokelat tua kehitaman, sedangkan chia seed memiliki warna yang lebih bervariasi, seperti hitam, abu-abu, cokelat, bahkan putih.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara biji selasih dan chia seed. Jangan keliru lagi, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Quinoa, Jenis Biji-Bijian Paling Kaya Gizi

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You