Comscore Tracker

5 Hidangan Spanyol yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!

#IDNTimesFood Aromanya sedap dan bikin ngiler!

Kentang telah menjadi salah satu menu yang banyak dikonsumsi oleh penduduk Spanyol. Hal tersebut dikarenakan kentang yang kaya akan karbohidrat dan mudah untuk mengenyangkan perut.

Nah, Spanyol punya beberapa menu berbahan olahan kentang yang bisa kamu jadikan inspirasi menu yang mengenyangkan di rumah, nih. Apa saja?

1. Polbo á feira

5 Hidangan Spanyol yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!polbo á feira (Instagram.com/antonbellobass)

Polbo á feira merupakan makanan tradisional Galicia. Cara pembuatan hidangan ini adalah dengan memasak gurita, kentang, dan bubuk paprika manis dalam kuali tembaga. Kuali memberikan rasa yang unik pada hidangan.

Di wilayah Sanabria, secara tradisional hidangan ini disajikan dengan bawang putih. Sedangkan di wilayah lain, makanan ini disajikan di atas papan kayu, ditaburi banyak minyak zaitun dan garam kasar. 

2. Croquetas de bacalao

5 Hidangan Spanyol yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!croquetas de bacalao (Instagram.com/healthyfoodmarta)

Croquetas de bacalao merupakan gorengan yang menggunakan ikan kod sebagai bahan utamanya. Walaupun kroket khas Spanyol biasanya menggunakan bahan dasar béchamel, variasi ikan kod asin yang populer ini kadang-kadang mengganti béchamel dengan kentang tumbuk.

Kedua pilihan dibumbui dengan baik. Kemudian dicampur dengan kod garam yang dimasak dan dipipihkan sebelum adonan dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan.

Setiap bagian dilapisi tepung roti dan akhirnya digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah. 

Baca Juga: Inilah 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McD yang Enak dan Anti Gagal

3. Patatas en salsa verde

5 Hidangan Spanyol yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!patatas en salsa verde (Instagram.com/peace_l0ve_vegan)

Patatas en salsa verde merupakan makanan tradisional yang berasal dari wilayah Basque Country. Makanan ini umumnya terbuat dari kombinasi irisan kentang, air atau kaldu, bawang putih, bawang bombay, minyak zaitun, kacang polong, peterseli, dan garam.

Cara pembuatannya cukup simpel, yaitu bawang bombay dan bawang putih yang ditumis dengan minyak zaitun. Kemudian kentang ditambahkan ke wajan bersama dengan air atau kaldu. Bahan-bahan tersebut dibumbui dengan garam, lalu direbus sampai kentang agak empuk. Kacang polong dan peterseli ditambahkan ke dalam campuran, dan hidangan dimasak sampai kacang polong menjadi empuk.

4. Patatas a lo pobre

5 Hidangan Spanyol yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!patatas a lo pobre (Instagram.com/spainonafork)

Patatas a lo pobre merupakan lauk sederhana Andalusia. Hidangan ini dibuat dengan kentang yang sudah dikupas dan diiris. Kemudian dicampurkan dengan bawang bombay, paprika merah dan hijau, bawang putih, cuka anggur, dan minyak zaitun.

Bahan-bahan tersebut lalu digoreng dengan minyak zaitun. Wajan selanjutnya ditutup dengan penutup agar sayuran bisa dikukus. Kemudian bahan-bahannya diaduk, lalu disajikan segera.

5. Papas arrugadas

5 Hidangan Spanyol yang Terbuat dari Kentang, Kaya Karbohidrat!papas arrugadas (Instagram.com/cheftomhunt)

Papas arrugadas merupakan makanan khas Kepulauan Canary. Makanan yang sederhana ini terbuat dari kentang utuh yang tidak dikupas yang dibersihkan secara menyeluruh dan kemudian dimasak dalam air asin. 

Saat dimasak, kentang dimasukkan ke dalam panci yang sama tanpa air. Proses ini memungkinkan kelembapan tambahan untuk menguap, membuat kentang agak kering sementara kulitnya mencapai tampilan keriput yang spesifik.

Itulah beberapa menu olahan kentang khas Spanyol yang bisa kamu jadikan referensi menu untuk mengolah kentang lebih variatif lagi. Makan kentang jadi gak pernah bosan nih!

Baca Juga: Corn Dog Kentang, Resep Camilan Korea yang Sedang Ngehits

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya