Comscore Tracker

5 Olahan Kentang Khas Jepang Paling Enak yang Cocok di Lidah

Mulai dari yang berbumbu hingga renyah 

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi beragam hidangan lezat. Mulai dari sup yang mengenyangkan hingga kentang goreng renyah.

Hampir semua negara memiliki olahan kentangnya sendiri. Tak terkecuali Jepang yang terkenal dengan kuliner nikmatnya.

Jepang mempunyai beragam olahan kentang yang dapat memuaskan lidah dan bikin perut kenyang. Ragam olahan kentang ini bisa kamu jadikan referensi makanan sehari-hari, lho.

1. Yaki imo

5 Olahan Kentang Khas Jepang Paling Enak yang Cocok di LidahYaki imo (instagram.com/higuccini)

Yaki imo adalah kentang panggang dengan rasa manis. Makanan ini menjadi salah satu camilan musim dingin paling favorit. Hidangan ini disiapkan dengan kentang tradisional Jepang yang memiliki ukuran besar berwarna ungu tua.

Kentang jenis ini umumnya dijual pedagang kaki lima yang memanggangnya di atas batu hitam panas. Awalnya, pedagang kaki lima mempunyai troli yang ditarik dengan tangan.

Namun, di zaman modern ini, sebagian besar dari mereka menyiapkan camilan lezat ini di truk yang dirancang khusus. Truk itu dilengkapi dengan kompor tradisional dan batu panggangan, lho.

2. Kuri kinton

5 Olahan Kentang Khas Jepang Paling Enak yang Cocok di LidahKuri kinton (instagram.com/akashiya_1854)

Kuri kinton dibuat dengan ubi tumbuk dan chestnut dalam sirup kastanye serta mirin. Makanan ini terasa manis, namun tidak dianggap sebagai makanan penutup dalam masakan Jepang, lho.

Dalam pembuatannya, kuri kinton dianjurkan menggunakan ubi jalar Jepang yang disebut satsumaimo daripada ubi jalar biasa. Sebab, akan menghadirkan rasa jauh lebih manis daripada varian biasa.

3. Japanese potato salad

5 Olahan Kentang Khas Jepang Paling Enak yang Cocok di LidahJapanese potato salad (instagram.com/crazythickasians)

Olahan kentang makin bermanfaat bagi tubuh ketika disantap bersama salad. Salah satu hidangan dengan kombinasi tersebut adalah japanese potato salad. Hidangan ini terbuat dari kentang tumbuk, wortel, timun, telur rebus, dan terkadang menambahkan ham.

Untuk menambah rasa, salad diberi bumbu berupa mayones kewpie khas Jepang dan  cuka beras. Makanan ini juga sering dinikmati sebagai lauk di kotak makan siang bento.

Baca Juga: 6 Ragam Oshizushi, Sushi Tekan Khas Jepang dengan Bentuk Unik!

4. Nikujaga

5 Olahan Kentang Khas Jepang Paling Enak yang Cocok di Lidahnikujaga (instagram.com/higuccini)

Bagi yang suka kombinasi daging dan kentang, kamu bisa mencoba menyantap nikujaga. Biasanya, makanan yang terbuat dari irisan tipis daging sapi ini dimasak dengan kecap, sake, dan mirin.

Makanan ini menjadi salah satu makanan rumahan paling populer di Jepang. Dikatakan bahwa hidangan ini ditemukan oleh Togo Heihachiro, seseorang yang mempelajari ilmu angkatan laut di Inggris Raya.

5. Daigaku imo

5 Olahan Kentang Khas Jepang Paling Enak yang Cocok di LidahDaigaku imo (instagram.com/mitsuwa_marketplace)

Daigaku imo adalah olahan kentang dengan tekstur renyah. Makanan ini berupa kentang goreng Jepang yang dilapisi gula manis. Tampilannya mengkilap dari luar, namun potongan kentang tetap juicy, empuk, dan lembut di dalam.

Sebelum dihidangkan, makanan ini secara tradisional ditaburi biji wijen panggang dan dinikmati sebagai camilan bergizi. Tampilannya saja sukses bikin ngiler, kan?

Kelima olahan kentang khas Jepang ini yang bisa dinikmati saat berada di sana. Selain mengenyangkan, kentang juga bermanfaat bagi tubuh, lho. Makanan mana yang menarik perhatianmu?

Baca Juga: 5 Kombinasi Makanan Jepang dengan Stroberi, Enaknya Kelewatan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya