Comscore Tracker

5 Fakta Keju, Ternyata Kurang Baik Bagi Kesehatan

Keju memang enak, tapi waspadalah ada bahayanya

Keju adalah makanan yang sangat lezat. Apalagi ditaburkan di roti, pizza, atau dijadikan isian sandwich, pastinya akan membuat ketagihan penikmatnya. Keju sendiri adalah makanan turunan dari susu yang mengalami proses pengentalan dengan bantuan enzim.

Keju juga sarat akan zat yang bermanfaat. Selain kalsium yang tinggi, keju juga mengandung vitamin, mineral, lemak, laktosa, dan protein. Protein yang tinggi dalam keju juga baik untuk pertumbuhan. Tapi, dalam keju juga mempunyai zat yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan, di antaranya:

1. Kalori yang dihasilkan sangat tinggi

5 Fakta Keju, Ternyata Kurang Baik Bagi KesehatanPexels.com/PublicDomainPict

Tak pelak keju adalah makanan dengan jumlah kalori yang sangat tinggi. Saking tingginya dengan olahraga ringan pun kalorinya akan sulit untuk dibakar. Tentunya membakar kalori sehabis menyantap keju harus berolahraga yang paling tidak dua kali lipat lebih lama dari biasanya.

2. Kadar lemak yang sangat tinggi

5 Fakta Keju, Ternyata Kurang Baik Bagi KesehatanPexels.com/Pixabay

Keju mempunyai kadar lemak yang sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung lemak jenuh yang dihasilkan oleh keju tidak baik bagi kesehatan. Lezat sih memang jika keju disajikan bersama makaroni atau pizza. Tapi, waspada akan bahaya lemaknya ya!

3. Kadar garam dalam keju sangat tinggi

5 Fakta Keju, Ternyata Kurang Baik Bagi KesehatanPexels.com/LorenaMartinez

Keju mengandung banyak kadar garam. Banyaknya garam yang dihasilkan keju tidak baik bagi kesehatan jantung. Jadi, konsumsi keju sebaiknya memang tidak berlebihan, secukupnya saja demi menjaga kesehatan jantung kita ya.

Baca Juga: 7 Manfaat Ajaib Keju, Mencegah Kanker hingga Osteoporosis 

4. Proses dari susu hingga keju sering tidak sehat

5 Fakta Keju, Ternyata Kurang Baik Bagi KesehatanPixabay.com/Wernerdetjen

Proses dari susu menjadi keju mengalami berbagai fase. Bahkan dari sapinya sendiri harus ditelusuri sehat atau tidak pertumbuhannya. Kadang kala ada produsen nakal yang memberikan hormon berlebih untuk menambah jumlah produksi susu. Dampaknya kurang baik terhadap susu yang dihasilkan juga keju yang akan diproses selanjutnya karena mengandung hormon berbahaya.

5. Kadar kolesterolnya sangat tinggi

5 Fakta Keju, Ternyata Kurang Baik Bagi KesehatanPixabay.com/falovelykids

Satu lagi yang perlu diwaspadai. Mengonsumsi keju terasa nikmat dan gurih di lidah memang. Tapi, apakah kamu berpikir bahwa kolesterol yang dikandung keju alangkah berlimpah dan tidak baik untuk kesehatan. Intinya, konsumsi keju jangan sampai berlebihan.

Nah, untuk itu keju sah-sah saja menjadi hidangan pelengkap di atas meja makan kita. Sebagai taburan roti untuk sarapan dan sebagainya. Tapi, patut diingat bahaya yang ditimbulkan jika mengonsumsinya secara berlebihan. Berlebihan itu memang tidak baik, bukan?

Baca Juga: Gak Cuma Enak, 5 Nutrisi Penting Ini Juga Ada dalam Keju Mozarella

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya