Comscore Tracker

5 Minuman Ampuh untuk Meredakan Perut Melilit Saat Haid 

Sakit bulanan memang selalu menyiksa, sabarlah girls

Ayo tunjuk tangan siapa yang suka perutnya melilit saat datangnya sakit bulanan? Jika kamu salah satunya, tentunya hal ini akan sangat membuatmu menderita. Ketergantungan akan obat pereda sakit akan terus dilakukan. Akibatnya, bahan kimia akan menumpuk di dalam tubuh kita.

Saat haid datang memang sering mengganggu aktivitas banget deh. Oleh karena sakitnya yang membuat tubuh tidak bisa leluasa bergerak sehingga menjadi malas melakukan apapun. Berbaring atau merilekskan tubuh adalah hal yang paling jitu. Namun, untuk meredakan perut melilit kamu, ada cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, lho.

Dibandingkan kita minum obat-obatan pereda sakit haid, mending raciklah minuman sendiri yang akan meredakan perut melilit. Kamu bisa bergerak ke dapur sebentar dan lakukan dengan mandiri. Bahannya pun mudah didapat dan rata-rata selalu tersedia di kulkas.

Yuk, cobain ya berbagai minuman ini yang bisa kamu buat sendiri untuk meredakan sakit perut melilit saat haid.

1. Teh lemon jahe

5 Minuman Ampuh untuk Meredakan Perut Melilit Saat Haid Pixabay.com/Free-Photos

Siapkan cangkir dan isi dengan air panas, lalu potong jahe dan lemon dan masukkan ke dalam cangkir. Jahe adalah rempah-rempah dahsyat yang sangat berfaedah menghilangkan rasa sakit.

Dalam jahe terkenal ada zat yang berfungsi sebagai ibuprofen atau aspirin, makanya tak heran jahe sering disebut dengan powerful medicinal properties lho. Minum teh jahe dan campuran lemon akan mengurangi sakit perut melilit yang hebat saat haid. Sangat mudah membuatnya, bukan?

2. Teh bunga telang

5 Minuman Ampuh untuk Meredakan Perut Melilit Saat Haid Dok.Pribadi/Renny Fitri

Nah, bunga telang atau butterfly pea ini sedang hits dibuat teh. Dan bunga keringnya pun banyak dijual di pasaran. Cara membuat teh ini juga sangat mudah, tinggal masukkan 4-5 kuntum bunga ke dalam cangkir lalu seduh dengan air panas.

Tunggu air hingga hangat kuku dan minumlah. Teh bunga telang ini berfaedah melancarkan siklus haid kamu. Dan efek rileks setelah minum teh ini akan mengurangi rasa sakit saat perutmu melilit lho. Ayo cobain ya girls.

Baca Juga: 6 Bahan Alami Ini Ampuh Kurangi Rasa Nyeri Saat Haid

3. Cokelat panas

5 Minuman Ampuh untuk Meredakan Perut Melilit Saat Haid Pixabay.com/Pexels

Tak cuma teh, cokelat panas juga bisa meredakan sakit perut saat haid. Seperti kita tahu, dalam cokelat terdapat kandungan zat serotonin yang dapat memperbaiki mood kamu.

Cara membuatnya pun sangat mudah, tinggal masukkan bubuk cokelat yang sudah siap seduh ke dalam cangkir dan beri air panas. Hirup uapnya dan minum dalam keadaan hangat. Dijamin sakit perutmu akan berkurang dan perasaan bahagia juga akan datang.

4. Jus sayuran dan buah

5 Minuman Ampuh untuk Meredakan Perut Melilit Saat Haid Pixabay.com/marijana1

Selain teh dan cokelat, jus sayur juga ampuh meredakan sakit perut saat haid. Ambillah sayuran yang ada di kulkasmu, bisa bayam atau sawi lalu blender. Untuk menambah rasa meriah bisa ditambahkan jeruk lemon atau apel. Setelah jadi, tuangkan ke dalam gelas dan minum deh. Jus sayur ini kaya akan vitamin A, C, K, serta asam folat. Zat-zat tersebut sangat efektif meredakan rasa nyeri perut saat haid.

5. Yogurt

5 Minuman Ampuh untuk Meredakan Perut Melilit Saat Haid Pixabay.com/ponce_photography

Yang terakhir, kamu bisa mengonsumsi yogurt. Dalam yogurt kaya akan kalsium serta probiotik yang ampuh meredakan sakit perut saat haid. Kamu bisa membeli yogurt yang sudah jadi di supermarket atau bisa dicampurkan dengan buah-buahan layaknya smoothie. Ah, segar pastinya setelah minum yogurt ini, ya? Dijamin akan berkurang sakitnya.

Sangat mudah membuatnya, bukan? Minuman di atas bisa kamu racik sendiri di rumah. Kamu pun bisa mempersiapkan setiap bulannya mau apa saja resep racikan minuman pereda sakit haid yang akan kamu buat. Selain praktis, minuman tersebut juga alami.

Selamat mencoba ya dan rasakan khasiatnya.

Baca Juga: 5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu Lakukan

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You