Comscore Tracker

5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang Maknyus

Jangan sampai kalap ya!

Yogyakarta terkenal memiliki banyak kuliner yang lezat dan legendaris. Salah satunya adalah Mangut lele Mbah Marto yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sudah ada sejak 1960, mangut lele Mbah Marto kini menjadi kuliner paling favorit dan dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogya. Penasaran seperti apa? Berikut beberapa fakta tentang mangut lele Mbah Marto

1. Sejarah warung mangut lele Mbah Marto

5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang MaknyusMangut lele Mbah Marto (instagram.com/jogjafoodhunter)

Awal berjualan mangut lele, Mbah Marto menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling dari desa ke desa lainnya. Dengan menggendong dagangannya, Mbah Marto menjajakkan mangut lele kepada warga Yogyakarta dari pagi hingga sore. Kini diusianya yang sudah semakin senja, Mbah Marto masih setia melestarikan kuliner legendaris ini dengan membuka warung mangut lele di rumahnya. 

2. Suasana nyaman dengan menu yang lengkap

5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang MaknyusMangut lele Mbah Marto (instagram.com/jogjaseni)

Berkonsep prasmanan atau open house, warung mangut Mbah Marto menyajikan suasana yang homey dan tradisional banget. Ditata di atas amben atau kursi kayu khas Jawa, pengunjung bisa mengambil mangut lele sendiri. Tak hanya mangut lele, tapi ada sayur gudeg, sambel goreng tahu kacang tolo, dan sambel goreng krecek yang siap memanjakan lidah. 

3. Metode pengasapan yang unik

5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang MaknyusMangut lele Mbah Marto (instagram.com/javafoodie)

Tak seperti kebanyakan yang menggoreng lele sebelum dimasak mangut. Mbah Marto memilih mengasapi ikan lelenya sebelum dimasak. Alat yang digunakan untuk mengasapinya pun tak sembarangan, karena Mbah Marto hanya menggunakan kulit kelapa kering sebagai arangnya. Uniknya, tusuk untuk lelenya memakai tulang daun kelapa. Sehingga cita rasanya sangat khas dan lezat. 

4. Dapurnya masih sangat tradisional

5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang MaknyusMangut lele Mbah Marto (instagram.com/spicyfoodid)

Selain merasakan nikmatnya seporsi mangut lele. Di warung Mbah Marto ini kita bisa melihat langsung cara memasak mangut lelenya yang legendaris. Didalam dapurnya yang sederhana, Mbah Marto masih menggunakan tungku kayu untuk memasak mangut lele andalannya. Di dapur ini juga, kita dipersilahkan mengambil sendiri langsung dari wajan besar tempat mangut lele dimasak. 

5. Harga murah dan lokasi cukup mudah dijangkau

5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang MaknyusMangut lele Mbah Marto (instagram.com/spicyfoodid)

Meski berada di wilayah pedesaan, warung mangut lele Mbah Marto tak pernah sepi pengunjung. Mereka tak pernah melewatkan kesempatan untuk menikmati seporsi mangut lele lezat tersebut.

Berada di Desa Nggeneng, Sewon, Bantul atau tepatnya di belakang kampus ISI Yogyakarta. Kamu akan dengan mudah menemukan warung Mbah Marto dengan mengikuti tanda yang terpasang di jalan. Untuk mencicipi seporsi mangut lele Mbah Marto beserta gudeg dan sambel gorengnya, kamu cukup merogoh Rp 25.000,-.

Mangut lele Mbah Marto selalu menyajikan rasa yang nikmat dan membuat kangen siapa yang mencobanya. Kalau kamu sudah pernah mencicipinya belum, nih? 

Baca Juga: Jajanan Hits di 2021, Ini 5 Tempat Makan Croffle Enak di Jogja

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya