Comscore Tracker

6 Hidangan Soto Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngagenin

Mana saja favoritmu, nih

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat. Apalagi kuliner istimewa ini sangat cocok dijadikan santapan makan siang. Gak cuma gurih di mulut, sensasi kuahnya yang segar bikin kita semangat lagi untuk melanjutkan aktivitas.

Ada banyak jenis soto yang tersebar di berbagai daerah. Nah, kali ini kita akan kulik hidangan soto yang ada di Jawa Tengah. Ada apa saja? Check this out!

1. Soto bangkong  

6 Hidangan Soto Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngagenininstagram.com/mimolette_1106

Soto bangkong merupakan makanan yang sangat melegenda di Semarang. Soto yang satu ini memiliki kuah yang khas, yakni kuah bening agak kecokelatan.

Semangkuk soto bangkong berisi bahan pelengkap, seperti soto pada umumnya. Tak hanya itu, terdapat pula potongan kecil daging sapi yang disiram dengan kuah soto. Cita rasanya membekas di hati!

2. Soto grombyang  

6 Hidangan Soto Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngagenininstagram.com/sasikiranafoodkitchen

Seharian berkelana di Pemalang, jangan lupa isi perutmu dengan menyantap soto grombyang. Kuliner satu ini terdiri dari nasi, irisan daging kerbau,dan kuah yang rasanya nendang di mulut.

Soto grombyang biasanya disajikan dengan sate kerbau. Perpaduan rasa gurihnya kuah soto, bikin mulut gak mau berhenti ngunyah.

3. Soto kudus  

6 Hidangan Soto Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngagenininstagram.com/afterworking

Tampilan soto kudus agak mirip dengan soto lamongan, lho. Namun, kuah hidangan sejuta umat ini lebih bening dibandingkan dengan soto lamongan.

Ada dua varian dalam penyajian soto kudus. Kamu bisa memilih daging kerbau atau suwiran ayam sebagai pelengkapnya. Jangan lupa tambahkan sambal, kecap, dan jeruk nipis agar rasanya semakin nendang!

Baca Juga: Resep Soto Kraksaan Khas Probolinggo yang Gurih dan Nikmatnya Mantap

4. Soto lenthok  

6 Hidangan Soto Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngagenininstagram.com/icedipi

Gak melulu gudeg, soto lenthok juga termasuk kuliner hits yang ada di Yogyakarta, lho. Hidangan legendaris ini terbilang unik dari jenis soto yang lain.

Meskipun tampilannya mirip dengan soto kudus, namun penambahan lenthok (perkedel ketela) menjadi ciri khas tersendiri dari soto khas kota pelajar ini. Apalagi jika dilengkapi dengan daun kemangi, bikin aroma soto jadi semakin sedap dan susah untuk dilupakan.

5. Soto sokaraja  

6 Hidangan Soto Khas Jawa Tengah yang Rasanya Ngagenininstagram.com/ichasavitry

Kabupaten Banyumas memiliki kuliner unik yang menggugah selera, yakni soto sokaraja. Seporsi soto terdiri dari potongan ketupat, pelengkap, dan disiram dengan kuah soto yang kaya akan rempah-rempah.

Agar makan semakin nikmat, lengkapi dengan kerupuk cantir atau kerupuk bawang warna-warni. Berani, coba?

6. Soto tegal  

6 Hidangan Soto Khas Jawa Tengah yang Rasanya NgageninInstagram.com/tegal.fnb

Dikenal sebagai kota bahari, Tegal juga punya kuliner soto yang ikonik, lho. Soto tegal berisi potongan daging, taoge, seledri, dan dilengkapi dengan kuahnya yang berwarna coklat pekat karena sudah tercampur dengan tauco.

Tauco merupakan makanan fermentasi dari kacang kedelai. Kamu akan menemukan perpaduan rasa yang sempurna saat menyantap soto tegal. Wajib dicoba!

Itulah beberapa hidangan soto yang ada di Jawa Tengah. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang membuat nama soto menjadi meluas. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 7 Soto yang Memiliki Nama Sama dengan Daerah Asalnya, Sudah Tahu?

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Mari berkarya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya