Comscore Tracker

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota Makassar

Salah satu kuliner favorit warga lokal #LokalIDN

Sulawesi Selatan cukup terkenal dengan beberapa kulinernya yang berbahan dasar daging sapi dan kaya akan rempah seperti coto, sop konro, dan pallubasa. Selain ketiga kuliner itu, masih ada lagi kuliner yang tak kalah lezatnya lho. Kuliner ini dinamakan sop saudara, berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Pangkep.

Sop saudara merupakan sebuah hidangan berkuah yang berbahan dasar daging sapi dan dihidangkan bersama dengan bihun, perkedel kentang, serta telur rebus. Sop saudara seringkali disantap bersama dengan nasi putih dan ikan bakar dengan saus kacang yang menambah kelezatannya.

Buat yang penasaran dengan kelezatan sop saudara, kamu bisa coba rekomendasi kuliner sop saudara di Kota Makassar ini!

1. Sop Saudara Azzahra

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota MakassarInstagram.com/jajanan_makassar

Sop Saudara Azzahra adalah sebuah rumah makan yang telah memiliki 4 cabang yang tersebar di sekitar kota Makassar. Buka dari pukul 7 pagi sampai pukul 3 dini hari, kamu bisa menikmati sop saudara yang lezat dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

Untuk dagingnya, kamu bisa memilih campuran jeroan, paru, dan lidah yang dijamin empuk. Disantap dengan nasi hangat dan telur bebek akan menambah kelezatannya. Selain sop saudara, rumah makan ini juga menyediakan sop kikil dan sop lidah.

Harga : Rp8-20.000

Lokasi :

  • Jl. Tinumbu No.179 (Pertigaan Pasar Cidu')
  • Jl. Mirah Seruni, Ruko Saphire No.10
  • Jl. Sultan Hasanuddin
  • Depan Grand Mall Maros, Kab. Maros

2. Warung Sop Saudara Assauna

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota MakassarInstagram.com/nganre_rong

Walaupun satu porsinya hanya dihargai Rp8.000, tapi sop saudara yang satu ini juga tak kalah lezatnya lho. Buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 12 malam, Warung Sop Saudara Assauna selalu menjadi favorit para penikmat Sop Saudara.

Sama seperti rumah makan yang menyajikan sop saudara lainnya, kamu juga bisa memesan sop saudara dengan pilihan bagian daging favoritmu. Ditambah nasi hangat, perasan jeruk nipis, dan sesendok sambal, dijamin tambah lezat.

Harga : Rp8.000

Lokasi : Jl. Sultan Alauddin (Sebelum Ma Daeng)

3. Sop Saudara Irian

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota MakassarInstagram.com/sovifooddiary

Berdiri sejak 50 tahun yang lalu, Sop Saudara Irian menjadi salah satu rumah makan sop saudara legendaris di kota Makassar. Memiliki resep tersendiri yang telah turun temurun, rumah makan ini selalu menjadi favorit para wisatawan yang berasal dari luar daerah.

Buka selama 24 jam, kamu bisa menikmati sop saudara di rumah makan ini kapan saja. Seporsi sop saudara berisikan daging, paru, lidah ditambah dengan laksa dan perkedel kentang. Jangan lupa untuk menambahkan jeruk nipis, biar makin segar!

Harga : Di bawah Rp50.000

Lokasi : Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.40

Baca Juga: Resep Sop Tulang Sapi, Begini Cara Membuatnya yang Mantul

4. Warung Pangkep H. Saing

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota MakassarInstagram.com/fajarsatritama

Memiliki menu andalan berupa ikan bakar dan sop saudara, Warung Pangkep H. Saing telah berdiri sejak tahun 1957 lho. Di rumah makan ini, kamu bisa menikmati seporsi sop saudara bersama ikan bandeng bakar yang dihidangkan dengan saus kacang yang memiliki rasa yang cukup fenomenal.

Memiliki cita rasa yang tidak pernah berubah, sop saudara dan ikan bandeng bakar di rumah makan ini memiliki penggemar dari berbagai kalangan.

Harga : Di bawah Rp50.000

Lokasi : Jl. Andalas No.56, Kec. Bontoala

5. Sop Saudara Fly Over

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota MakassarInstagram.com/sopsaudara_flyover

Terletak tak jauh dari fly over di Kota Makassar, rumah makan yang satu ini menyediakan beberapa menu yang cocok disantap saat jam makan siang, salah satunya adalah sop saudara.

Di Sop Saudara Fly Over, kamu bisa menikmati cita rasa kuah sop saudara yang nikmat hanya dengan Rp22.000. Selain sop saudara, kamu juga bisa menikmati beberapa kuliner khas Sulawesi Selatan lainnya, seperti sop konro, sop kikil, sop paru, ikan bandeng bakar, hingga berbagai minuman segar.

Harga : Di bawah Rp50.000

Lokasi : Jl. A. P. Pettarani, Sinrijala, Kec. Panakkukang

6. Sop Saudara Ta'

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota MakassarInstagram.com/madallejastip

Walaupun seporsinya cukup murah, sop saudara di rumah makan ini gak perlu diperlu diragukan lagi. Potongan dagingnya yang cukup banyak dengan ukuran yang besar, gak salah jika Sop Saudara Ta' menjadi salah satu favorit warga lokal.

Selain harganya yang murah, di rumah makan ini juga menyediakan minuman yang cukup variatif. Karena itu, Sop Saudara Ta' selalu jadi rekomendasi untuk menikmati sop saudara saat jam makan siang.

Harga : Di bawah Rp20.000

Lokasi : Jl. Yusuf Daeng Ngawing Blok 27 No.1, Tidung, Kec. Rappocini

7. Sop Saudara Tamalate

Enak dan Murah, Ini 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Kota MakassarInstagram.com/haryunitahaeruddin

Sop Saudara Tamalate merupakan salah satu rumah makan sop saudara dengan cita rasa yang enak karena memiliki kuah yang kental dan tentunya kaya akan rempah. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau dengan potongan daging yang cukup banyak dalam seporsi.

Kurang pas rasanya jika tidak ditemani dengan ikan bakar dan saus kacang. Bagi kamu yang suka isi perut ikan, jangan lupa untuk mencoba pepes isi perut ikan yang gak kalah lezat!

Harga : Di bawah Rp30.000

Lokasi : Jl. Tamalate I No.13, Kassi-Kassi, Kec. Rappocini

Selain sop saudara, tentunya masih banyak lagi kuliner khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba. Nah, buat kamu yang akan berkunjung ke kota Makassar, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini!

Baca Juga: 6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enak

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

Ig : tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya