Comscore Tracker

5 Tips Membuat Cannoli Tiramisu, Camilan Renyah dari Italia

Bisa kamu kreasikan sendiri di rumah, lho

Cannoli merupakan sejenis pastry renyah berbentuk tabung yang cukup sering disajikan sebagai pilihan dessert. Olahan ini juga biasanya diberi isian berupa selai ataupun adonan manis, salah satunya adalah tiramisu yang juga sama-sama khas Italia. Tentunya kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, lho. Lalu, apa saja tips dalam membuat cannoli? Yuk simak.

1. Persiapkan bahan-bahannya

5 Tips Membuat Cannoli Tiramisu, Camilan Renyah dari Italiacookingclassy.com

Hal pertama dan utama yang harus kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat cannoli. Bahan-bahan tersebut antara lain seperti tepung terigu, telur, kopi instan, kayu manis bubuk, bubuk kokoa, gula pasir, heavy cream, dan espresso. Pemilihan bahan-bahan yang berkualitas juga akan memengaruhi cita rasanya.

2. Campurkan semua bahan hingga membentuk adonan yang tepat

5 Tips Membuat Cannoli Tiramisu, Camilan Renyah dari Italiathestarvingchefblog.com

Langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan semua bahan-bahan dengan takaran yang tepat, lalu uleni adonan tersebut. Kamu dapat membungkusnya dengan plastik dan mendiamkannya selama satu jam. Setelah itu, bentuk adonan sesuai ketipisannya. Kemudian, potong-potong adonan tersebut.

Baca Juga: 5 Ragam Menu Berbahan Pastry Danish, Renyah untuk Camilan!

3. Bentuk adonan cannoli

5 Tips Membuat Cannoli Tiramisu, Camilan Renyah dari Italiaseriouseats.com

Selanjutnya, kamu dapat mulai membentuk cannoli secara perlahan dengan menggunakan cetakan khusus. Terus ulangi langkah tersebut hingga semua adonan habis. Pastikan untuk melakukannya dengan benar agar hasilnya rapi. Lalu, goreng adonan hingga berwarna kecokelatan.

4. Campurkan adonan untuk isian cannoli

5 Tips Membuat Cannoli Tiramisu, Camilan Renyah dari Italiacookinglight.com

Untuk isiannya sebenarnya tak sulit sebab kamu hanya perlu mencampurkan krim terlebih dahulu dengan menggunakan mixer. Lalu, kamu dapat menambahkan beberapa bahan pelengkap agar campurannya tepat. Jika sudah, maka adonan pun siap dijadikan isian cannoli.

5. Isi cannoli dengan krim

5 Tips Membuat Cannoli Tiramisu, Camilan Renyah dari Italiafood.com

Langkah terakhir dalam membuat cannoli adalah dengan mengisikan pipping bag dengan krim. Selanjutnya, kamu dapat mengisikan krim buatanmu ke dalam tabung cannoli. Tambahkan beberapa bahan pelengkap yang bersifat opsional seperti gula halus ataupun bubuk kopi.

Aneka tips di atas semoga dapat membantumu dalam membuat cannoli sendiri di rumah secara mudah sebagai pilihan dessert. Mudah, bukan?

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Klepon Ketan yang Empuk dan Enak, Kenyal Banget

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya