Comscore Tracker

Mengenal 5 Jenis Pisang dan Cara Terbaik dalam Mengolahnya, Yuk Catat!

Setiap jenis bukan cara pengolahan yang berbeda lho

Bagi masyarakat Indonesia tentu pisang menjadi salah satu jenis buah yang sangat populer dan familier bagi kita. Buah berwarna kuning ini memang memiliki beragam jenis sehingga setiap variannya juga memiliki proses pengolahan yang berbeda. Jangan salah sangka dengan berpikir bahwa semua jenis pisang dapat dikonsumsi langsung.

Sebab beberapa di antaranya justru harus kamu olah terlebih dahulu sebelum kemudian siap disantap. Jadi, harus ekstra lebih mengenal si buah manis ini. Untuk kamu yang gemar mengonsumsi pisang, berikut lima jenis pisang dan cara paling efektif dalam mengolahnya. 

1. Pisang kepok

Mengenal 5 Jenis Pisang dan Cara Terbaik dalam Mengolahnya, Yuk Catat!bawuran-bantul.desa.id

Apabila kamu gemar dalam mengonsumsi pisang goreng maupun keripik pisang, tentu jenis pisang yang satu ini tidak boleh terlewatkan ya. Pisang kepok memang lebih cenderung diolah terlebih dahulu sebelum akhirnya dikonsumsi. Pada umumnya terdapat dua jenis pisang kepok yang dapat dikonsumsi, yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning yang ukurannya jauh lebih besar dari jenis sebelumnya. 

2. Pisang uli

Mengenal 5 Jenis Pisang dan Cara Terbaik dalam Mengolahnya, Yuk Catat!cntraveler.com

Masyarakat Indonesia mungkin sudah cukup mengenal salah satu jenis pisang yang satu ini. Karakteristik dari pisang uli yang cenderung padat dan tebal, membuat pisang ini sangat cocok diolah menjadi pisang molen maupun pisang goreng. Jenis pisang ini sebenarnya dapat dikonsumsi secara langsung, meski mungkin bila dilihat dari teksturnya lebih cocok diolah terlebih dahulu. 

Baca Juga: Selain Pisang Nugget, 7 Camilan Kreasi Pisang Ini Juga Maknyus Lho

3. Pisang cavendish

Mengenal 5 Jenis Pisang dan Cara Terbaik dalam Mengolahnya, Yuk Catat!dailymail.co.uk

Jenis pisang yang satu ini mungkin terlihat sangat familier dan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan atau pasar swalayan. Pisang yang berasal dari Amerika ini memang cukup populer dengan karakteristik bentuk yang cukup besar, empuk, dan warna yang kuning cerah.

Satu pisang canvendish terasa cukup mengenyangkan bila dikonsumsi sehingga cocok untuk diet. Jenis pisang ini selain dapat dikonsumsi langsung, dapat pula kamu olah menjadi smoothie maupun kue lezat dan manis. 

4. Pisang nangka

Mengenal 5 Jenis Pisang dan Cara Terbaik dalam Mengolahnya, Yuk Catat!thespruceeats.com

Jika pada umumnya pisang memiliki warna yang kuning dan dapat menjadi penanda kematangan dari daging buahnya, tidak demikian dengan pisang nangka. Pisang jenis ini justru tetap memiliki warna hijau meskipun telah matang sempurna.

Dengan daging buah yang sedikit kemerahan dan aroma yang manis, namun pisang nangka tidak disarankan untuk dikonsumsi langsung ya sebab teksturnya yang terbilang cukup padat dan tidak lembut. Oleh sebab itu, pisang ini cocok diolah menjadi isian kue tradisional, keripik, maupun pisang goreng. 

5. Pisang tanduk

Mengenal 5 Jenis Pisang dan Cara Terbaik dalam Mengolahnya, Yuk Catat!dev.wakwaw.com

Apabila kamu pernah membuat kolak, mungkin kamu tidak asing lagi dengan jenis pisang yang satu ini. Pisang tanduk memang cukup populer di Indonesia dengan karakteristik buahnya yang panjang mirip dengan tanduk dan warnanya yang kuning.

Disarankan untuk memilih jenis pisang tanduk yang memiliki warna kehitaman pada bagian kulit buahnya karena dapat menjadi indikasi kematangan dari buah tersebut. Pisang tanduk cocok diolah menjadi kolak, keripik, pisang bakar, dan lainnya. 

Nah, lima jenis pisang di atas dapat menjadi informasi menarik bagimu yang ingin mengolah salah satunya. Olahan pisang pastinya enak semua lho! 

Baca Juga: 8 Jenis Pisang & Cara Mengolahnya yang Benar, Sudah Tahu?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya