Comscore Tracker

5 Tips Membuat Gorengan yang Sehat

Patut dicoba!

Gorengan selalu menjadi salah satu olahan makan favorit di segala kalangan, Rasanya yang gurih dan garing membuat jenis makanan ini begitu diminati dan membuat ketagihan. Namun ternyata, di balik rasanya yang enak tak banyak sedikit juga orang-orang yang benci atau tak suka dengan jenis makanan yang di goreng karena dianggap tak sehat dan menjadi sumber penyakit. Dan nyatanya memang benar, terlalu banyak dan sering makan gorengan akan membuat berbagai penyakit berdatangan dan bersarang di tubuh, apa lagi jika tahapan yang digunakan tidak sesuai. 

Namun tak usah khawatir bagi anda para pecinta makanan goreng, kamu bisa terapkan beberapa tips di bawah ini untuk membuat gorengan yang sehat dan lebih aman untuk kesehatan jangka panjang tubuhmu, yuk simak.

1. Gunakan bahan yang berkualitas dan sehat

5 Tips Membuat Gorengan yang Sehatfood.ndtv.com

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah dengan memilih bahan yang sehat dan berkualitas untuk dijadikan makanan goreng. Jika menggunakan sayuran, pilihlah sayuran yang segar dan berkualitas begitupun untuk daging-dagingan. Dan untuk membuat gorenganmu lebih sehat, cobalah menggunakan bahan tepung yang lebih sehat seperti tepung jagung atau beras dibanding dengan menggunakan tepung terigu. Namun tetap penggunaan jenis tepung ini harus diseuaikan dengan jenis gorengan yang akan kamu buat ya.

2. Tambah baking soda atau kapur sirih pada adonan

5 Tips Membuat Gorengan yang Sehatinspiredtaste.ne

Kamu juga bisa mencoba menambahkan sedikit baking soda pada adonan gorenganmu. Tujuan penambahan baking sida pada adonan adalah supaya gelembung-gelembung dalam adonan bisa lepas dan hilang ketika digoreng sehingga penyerapan minyak akan berkurang dan tentunya membuat gorenganmu menjadi lebih sehat. Selain baking soda kamu juga bisa menggunakan air berkarbonasi untuk fungsi yang sama.

3. Gunakan minyak zaitun

5 Tips Membuat Gorengan yang Sehatmedicalnewstoday.com

Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan dari makanan gorengan ini adalah banyaknya penggunaan minyak goreng kelapa sawit yang tak biak bagi tubuh jika terlalu banyak dikonsumsi. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti minyak yang kamu gunakan dengan minyak lain seperti minyak zaitun ataupun minyak alpukat. Sehingga gorenganmu akan lebih sehat dan aman untuk kesehatan jangka panjang tubuh.

Baca Juga: 10 Kreasi Unik Gorengan untuk Menu Buka Puasa, Langsung Segar Seketika

4. Perhatikan suhu minyak

5 Tips Membuat Gorengan yang Sehatdelishably.com

Perhatikan juga suhu minyak ketika menggoreng makananmu, Gunakan pemanasan dari api kecil hingga sedang saja dan biarkan makanan matang dengan perlahan. Suhu minyak yang terlalu panas apalagi hingga mengeluarkan asap tidak baik untuk kesehatan tubuh selain itu makananmu juga akan gosong nantinya dan tak enak untuk dimakan.

5. Tiriskan dengan baik

5 Tips Membuat Gorengan yang Sehatbonappetit.com

Dan ketika makanan sudah matang digoreng jangan langsung memakannya saat masih panas. Karena selain khawatir lidahmu terbakar, minyak yang terbawa dari penggorengan juga belum tiris dengan baik. Biarkan minyak benar benar turun dan hilang dari makananmu, kamu bisa gunakan tisu untuk membantu mempercepat penirisan minyak dari gorengan.

Baca Juga: Sering Jadi Gorengan, 7 Makanan Ini Malah Bermanfaat untuk Kecantikan

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You