Comscore Tracker

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lho

Gak pengin makin melilit kan?

Perut akan terasa sangat sakit saat maag kamu kambuh, kan? Sakitnya itu sangat menyiksa. Apalagi kalau kamu penderita maag kronis yang luar biasa sakitnya. Bahkan, tubuh rasanya seperti kehilangan tenaga begitu saja.

Ternyata penderita maag juga harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari lho. Hal ini perlu dilakukan agar maag tidak kambuh dan asam lambung tidak naik seketika. Kalau kamu penderita maag, perhatikan tujuh makanan dan minuman di bawah ini yang wajib kamu hindari!

1. Makanan pedas

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lhounsplash.com/Elli O.

Kamu punya sakit maag tapi doyan banget makan makanan pedas? Hmm, sebaiknya kebiasaan makan pedasmu itu dikurangi mulai sekarang.

Ternyata makanan pedas bisa menyebabkan lambung terluka dan menyebabkan asam yang lebih tinggi. Rasa pedas dari cabai, paprika, dan rempah seperti lada akan memicu naiknya asam lambung dengan cepat.

2. Makanan tinggi gula

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lhopexels.com/Alexander Dummer

Gak cuma untuk penderita maag, makanan tinggi gula sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Lambung bisa mengalami luka dan iritasi akibat makanan yang mengandung gula tinggi. Di antaranya seperti kue kering, roti, minuman manis, kue tart, dan cokelat.

3. Gorengan

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lhopixabay.com/sharonang

Setiap makanan yang digoreng sejatinya memiliki efek berbahaya untuk penderita maag, apalagi yang sudah kronis. Gorengan mengandung lemak jenuh yang bisa memicu asam lambung dan menyebabkan iritasi.

Selain dapat memicu sakit luar biasa pada perutmu, kandungan lemak di gorengan juga tidak baik untuk kesehatan organ tubuh yang lain. Jadi, kurang-kurangin ya.

Baca juga: 15 Kue Pernikahan Unik Ini Bikin Kamu Banjir Pujian, Cute Banget!

4. Kafein

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lhounsplash.com/Nathan Dumlao

Pecandu kopi rupanya harus mengurangi kebiasaan satu ini. Mengonsumsi kopi atau teh setiap hari tidak baik untuk kesehatan lambungmu. Kandungan kafeinnya bisa meningkatkan asam lambung lho.

Kalau asam lambungmu meningkat, kamu pasti akan merasa nyeri di perut yang luar biasa. Gak mau maag kamu kambuh kan?

5. Minuman bersoda

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lhopixabay.com/stevepb

Salah satu minuman yang harus kamu hindari adalah minuman bersoda. Minuman bersoda akan menghasilkan banyak gas dan membuat perut terasa kembung. Duh, gak pengin aktivitasmu terganggu, kan?

6. Minuman beralkohol

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lhounsplash.com/quentindr

Ada beberapa jenis minuman beralkohol yang mengandung asam tinggi. Kandungannya dapat menyebabkan asam lambung naik dan perutmu akan terasa nyeri dan melilit. Bahkan kalau tidak segera ditangani, tubuhmu akan terasa sangat lemas dan dehidrasi. 

7. Daging berlemak tinggi

Awas, 7 Makanan Ini Bahaya Banget bagi Penderita Maag Lhounsplash.com/Jason Leung

Daging berlemak tinggi antara lain sapi, kambing, atau domba. Mereka harus kamu hindari. Kandungan lemaknya dapat bertahan lama di perut dan meningkatkan kemungkinan refluks asam, kondisi asam lambung naik ke kerongkongan.

Kalau kamu penderita maag, boleh saja mengonsumsinya, asal tidak sering ya! Seminggu sekali tak apalah.

Itu dia beberapa jenis makanan dan minuman yang wajib dihindari penderita maag. Jangan sampai salah makan dan mengganggu aktivitas serumu ya.

Baca juga: 7 Trik Penyimpanan Buah biar Tetap Segar, Gak Ada Lagi yang Busuk!

 

Topic:

Just For You