Comscore Tracker

Resep Apem Gula Merah Kukus, Kue Tradisional yang Istimewa  

Manis dan empuk, cocok dinikmati selagi hangat 

Kue apem gula merah kukus cocok disuguhkan sebagai suguhan istimewa. Kue tradisional ini rasanya manis dengan tekstur empuk. Kue apem gula merah kukus sangat nikmat disajikan di segala suasana, baik santai maupun acara spesial.

Oleh karena itu, kamu jangan melewatkan untuk menyajikan apem gula merah kukus saat santai. Empuk dan lembut di mulut, resep apem gula merah kukus berikut ini bisa kamu praktikkan di rumah sebagai camilan.

1. Bahan-bahan membuat apem gula merah kukus

Resep Apem Gula Merah Kukus, Kue Tradisional yang Istimewa  ilustrasi gula merah (freepik.com/stockking)

Bahan-bahan:

  • 200 gram gula merah
  • 400 ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 250 gram tepung beras
  • 160 gram tapai singkong
  • 1 sdt ragi instan
  • daun nangka secukupnya
  • tusuk lidi secukupnya

2. Masak santan dan gula merah sampai larut

Resep Apem Gula Merah Kukus, Kue Tradisional yang Istimewa  ilustrasi masak santan gula merah sampai larut (yummy.co.id/Puteri)

Masukkan santan, gula merah, dan daun pandan ke dalam panci. Kemudian, letakkan panci di atas kompor dan nyalakan api sedang. Masak kuah santan sambil terus diaduk sampai mendidih serta larut.

Setelah itu, matikan api, lalu saring kuah santan gula merah agar terpisah dari kotoran yang ikut campur dalam gula merah. Jika sudah, biarkan sampai kuah dingin atau hangat kuku.

3. Tuang kuah santan gula merah ke dalam adonan tepung

Resep Apem Gula Merah Kukus, Kue Tradisional yang Istimewa  ilustrasi tuang kuah santan gula merah ke dalam bahan adonan (yummy.co.id/Puteri)

Setelah kuah santan gula merah dingin, tuangkan ke dalam wadah berisi ragi instan dan aduk rata. Kemudian, masukkan tapai singkong yang telah dihaluskan serta garam ke dalamnya.

Selanjutnya, masukkan tepung beras yang sudah diayak secara bertahap sambil diaduk sampai adonan licin dan tidak bergerindil. Jika sudah, tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama sejam hingga mengembang.

Baca Juga: Resep Kue Apem Ubi Ungu yang Mekar, Cocok Dijadikan Sajian Manis

4. Aduk adonan yang telah diamkan dengan whisk

Resep Apem Gula Merah Kukus, Kue Tradisional yang Istimewa  ilustrasi mengaduk adonan kue apem gula merah (yummy.co.id/Puteri)

Sesudah adonan didiamkan selama sejam, segera ambil kain bersih dan gunakan sebagai penutup adonan. Kemudian, aduk adonan supaya udara di dalamnya menguar.

Beirkutnya, sisihkan adonan untuk membuat bungkus dari daun nangka. Ambil selembar daun nangka, lalu bentuk seperti corong dan sematkan dengan tusuk lidi. Lakukan membuat bungkus dari daun nangka hingga selesai.

5. Kukus kue apem gula merah sampai matang

Resep Apem Gula Merah Kukus, Kue Tradisional yang Istimewa  ilustrasi mengukus kue apem gula merah (yummy.co.id/Puteri)

Tuang adonan secukupnya ke dalam cetakan dari daun nangka supaya tidak tumpah. Ulangi tahap menuang adonan sampai selesai. Jika sudah, tata cetakan berisi adonan ke dalam panci kukusan yang telah dipanaskan. Jangan lupa tutup pancinya diberi alas.

Setelah itu, kukus  kue apem selama 20 menit hingga matang. Bila sudah matang, segera angkat dan tiriskan, lalu biarkan uap panasnya mengurai. Nah, kue apem gula merah kukus siap disajikan.

Resep apem gula merah kukus ini cocok dijadikan panduan buat kamu yang ingin menyuguhkan kue tradisional untuk sajian legit di rumah. Rasanya manis dengan tekstur yang empuk dijamin bikin ketagihan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Serba-serbi Kue Apem, Tak Kalah Memikat dengan Jajanan Masa Kini

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya