Comscore Tracker

Tips Memasak Brokoli, Teksturnya Lembut Tanpa Kehilangan Gizi

Cara agar brokoli tetap hijau dan renyah setelah dimasak

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung nutrisi lengkap. Tak hanya itu, sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan ini juga kaya serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Memasak brokoli memang cukup tricky. Jika salah mengolahnya, kandungan nutrisi dalam brokoli bisa saja rusak. Selain itu, cara memasak yang salah juga bisa bikin tekstur brokoli gak renyah dan warnanya berubah.

Nah, jika kamu ingin memasak brokoli di rumah, simak dulu beberapa tips berikut ini. Tujuannya supaya brokoli yang kamu masak tetap hijau, renyah, dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

1. Pilih brokoli yang masih segar

Tips Memasak Brokoli, Teksturnya Lembut Tanpa Kehilangan Gizisnaped.fns.usda.gov

Sebelum mulai memasak, kamu harus tahu dulu cara memilih brokoli yang masih segar. Pilihlah brokoli yang warnanya masih hijau segar. Jika brokoli muncul warna kekuningan, berarti sudah gak segar.

2. Cara mencuci bersih dan memotong brokoli

Tips Memasak Brokoli, Teksturnya Lembut Tanpa Kehilangan Gizimashed.com

Pertama, siapkan wadah berisi air, tambahkan garam secukupnya, lalu rendam brokoli selama 10 menit. Merendam brokoli dalam air garam akan mematikan ulat-ulat kecil yang biasa bersembunyi di dalam brokoli.

Setelah itu, bilas brokoli dengan air bersih mengalir. Bilas secara menyeluruh hingga benar-benar bersih. Selanjutnya, potong brokoli.

Pisahkan batang utama brokoli dengan kepala bunganya. Potong setiap kuntum brokoli dari batang kecilnya. Bagian batang sebenarnya gak perlu dibuang, kamu juga bisa memakannya. Kupas bagian luar batang yang keras, dan ambil bagian tengahnya.

Baca Juga: Tips Memasak Lobster dan Cara Mengolahnya biar Rasanya Mantap 

3. Cara merebus brokoli

Tips Memasak Brokoli, Teksturnya Lembut Tanpa Kehilangan Gizithekitchn.com

Siapkan air di panci yang banyak, kira-kira sekitar 2/3 panci. Volume air yang banyak ini nantinya akan membuat brokoli yang sudah matang mengapung.

Setelah itu, didihkan air. Jangan lupa menambahkan sekitar 1 sdt garam. Pastikan air benar-benar mendidih sebelum kamu memasukkan brokoli ke dalam air.

Merebus brokoli setelah air mendidih akan menutup pori-pori brokoli dengan cepat, sehingga warnanya tidak mudah berubah dan nutrisinya tidak banyak terbuang.

Penambahan garam juga berfungsi sebagai pencegah agar klorofil di dalam brokoli gak berubah warna. Waktu yang dibutuhkan untuk merebus brokoli adalah sekitar lima menit.

Kamu bisa menusuk brokoli dengan garpu. Jika garpu dapat menusuk dengan mudah, artinya brokoli sudah cukup empuk dan matang.

Setelah brokoli direbus selama lima menit, segera angkat brokoli dari air rebusan dan langsung rendam di dalam air es. Air es akan menurunkan suhu pada brokoli, sehingga proses memasaknya berhenti. Alhasil brokoli pun tetap hijau dan teksturnya tetap renyah.

Jadi saat brokoli masih proses direbus, kamu harus segera menyiapkan air es dalam wadah ya.

4. Cara menumis brokoli

Tips Memasak Brokoli, Teksturnya Lembut Tanpa Kehilangan Giziselerasa.com

Selain direbus, brokoli juga bisa ditumis dan dicampur bahan masakan lainnya seperti wortel, taoge, atau jamur. Kuncinya adalah jangan sampai brokoli 'overcook' atau terlalu matang.

Kamu bisa menumis bumbu tumisan terlebih dahulu hingga harum. Setelah itu, masukkan brokoli dan aduk-aduk sebentar saja.

Tambahkan sedikit air, lalu masak sampai brokoli matang dan empuk. Jangan masak terlalu lama ya.

Nah, itulah beberapa tips memasak brokoli yang bisa kamu terapkan di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Tips Memasak Telur Rebus Setengah Matang yang Enak dan Gak Amis

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya