Comscore Tracker

6 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan di Rumah, Mudah dan Praktis!

Bisa buat stok selama puasa nih!

Mayoritas masyarakat di Indonesia dikenal gemar mengonsumsi makanan bercita rasa pedas. Maka gak heran jika di berbagai kesempatan acara makan, mulai dari makan siang dan makan malam di rumah hingga sekelas restoran, sambal selalu tersedia dalam menu. Karena banyaknya minat para pecinta pedas, maka kini banyak juga dijual sambal siap saji dalam kemasan botol.

Berbeda dengan saus sambal yang teksturnya halus dan lembek ya, sambal yang dimaksud adalah jenis sambel uleg ala rumahan. Sebut saja sambal ijo, sambal terasi, sambal udang, sambal matah, sambal bajak, sambal teri dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu merupakan penggemar sambal teri, berikut adalah cara membuat sambal teri sendiri di rumah.

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Utamakan untuk menggunakan bahan-bahan yang benar-benar segar ya, agar sambal bisa tahan lama meskipun tanpa pengawet

6 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan di Rumah, Mudah dan Praktis!Instagram/sambalmasbro

Cara membuat sambal teri yang pertama tentu saja adalah menyiapkan bahan baku yang dibutuhkan. Diantaranya adalah:

• 150 gram cabe merah keriting

• 55 gram cabe rawit (boleh ditambah kalau suka pedas)

• 7 siung bawang merah

• 5 siung bawang putih

• 1 sdm gula merah

• 1/2 sdt terasi bakar

• 1 sdt garam

• 1/2 sdt penyedap

• 5 sdm teri kering tawar

• secukupnya minyak untuk menggoreng

2. Cuci bersih cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih lalu goreng

6 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan di Rumah, Mudah dan Praktis!Instagram/hadskitchen

Langkah selanjutnya adalah cuci bersih cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih yang sudah dikupas. Kemudian, buang tangkai pada cabai rawit dan kerat sedikit dengan menggunakan pisau. Supaya ketika nanti cabai digoreng tidak meletus. Sementara untuk cabai merah keriting, kamu bisa memotongnya jadi tiga bagian, agar lebih mudah saat menghaluskan nanti.

Lalu panaskan minyak, goreng cabai serta bawang-bawangan tadi dengan api kecil. Jangan terlalu panas karena bisa menyebabkan gosong. Goreng hingga cukup layu saja. Angkat dan tiriskan sampai minyaknya berkurang. Sisihkan

3. Cuci bersih teri dan tiriskan, kemudian goreng sebentar

6 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan di Rumah, Mudah dan Praktis!Instagram/sambalrumahmami

Selain teri tawar, kamu juga bisa menggunakan teri asin, ikan jambal nasi yang dikeringkan, cumi asin, atau udang. Sebaiknya pilih bahan-bahan yang sudah diawetkan dengan garam kalau di daerahmu kesulitan menemukan cumi atau udang yang benar-benar segar.

Setelah itu, siapkan teri tawar cuci bersih dengan air mengalir lalu keringkan dengan menggunakan tisu. Goreng dalam minyak panas sebentar saja. Angkat dan keringkan minyaknya. Sisihkan.

Baca Juga: Kami Tahu Karakter Unikmu dari Sambal Favorit

4. Haluskan semua bahan sambal

6 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan di Rumah, Mudah dan Praktis!Instagram/dh.eatntravel

Ada dua pilihan cara yang bisa kamu gunakan untuk menghaluskan sambal, yakni secara manual atau menggunakan chopper maupun blender.

Saran saja, jika kamu membuat sambal dalam porsi besar lebih baik gunakan alat seperti blender atau chopper agar lebih mudah dan gak capek.

Tapi jika sedikit, memakai cobek akan menghasilkan tekstur sambal yang tak begitu halus dan justru lebih khas seperti layaknya sambal buatan rumahan. Sari dari cabai juga akan lebih keluar ketika kamu menghaluskannya secara manual, lho. Dijamin jadi lebih pedas, deh.

Haluskan cabai merah keriting, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih hingga halus. Kemudian tambahkan terasi, gula merah, garam dan penyedap. Jangan lupa cek rasanya ya. Kalau sudah dirasa pas, sisihkan sambal dalam wadah.

5. Goreng kembali sambal untuk lebih mengeluarkan minyaknya dan membuat sambal lebih tahan lama

6 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan di Rumah, Mudah dan Praktis!Instagram/sambel_ning_kiki

Tahap selanjutnya adalah panaskan kira-kira 3-5 sendok makan minyak. Kemudian masak sambal dengan api kecil hingga minyak cabainya keluar.

Sesaat sebelum diangkat, masukkan teri yang sudah digoreng. Lalu aduk sampai merata dan sambal berubah warna jadi lebih gelap. Itu tanda sambal sudah matang dan siap dikemas. Hati-hati jangan sampai gosong, ya.

6. Siapkan wadah kaca dengan tutup yang cukup rapat

6 Cara Membuat Sambal Teri Kemasan di Rumah, Mudah dan Praktis!Instagram/waroengkita.pakisculinary

Biasanya sambal uleg ala rumahan yang dijual di pasaran menggunakan kemasan botol kaca yang ada tutupnya. Nah, kamu juga bisa memakai wadah serupa. Atau kalau tidak ada, bisa menggunakan wadah bekas selai, maupun toples plastik yang kedap udara.

Setelah sambal dingin, masukkan ke dalam wadah yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Kemudian tutup rapat dan simpan di lemari es.

Sambal ini bisa bertahan hingga satu bulan, lho. Cocok deh buat pendamping menu berbuka puasa seperti ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar atau goreng, tahu-tempe goreng, atau telur dadar.

Saat sahur juga bisa kamu manfaatkan untuk bumbu dasar membuat nasi goreng, tinggal tambah garam sedikit dan juga kecap manis. Enak dan praktis kan? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Resep Sambal Goreng Kentang, Menu Lezat untuk Buka Puasa

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You