Comscore Tracker

Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyaki

Jangan keliru lagi, ya

Bagi kamu yang sering bepergian ke restoran Jepang pasti sering mendengar kedua istilah ini, dong. Bila ada menu teriyaki, pasti ada menu yakiniku. Seolah kedua nama tersebut saling berdampingan, bukan? Namun keduanya berbeda, lho.

Apakah kamu sudah mengetahui perbedaannya? Jika belum, simak ulasan berikut ini ya agar kamu tidak keliru lagi membedakan antara yakiniku dan teriyaki.

1. Definisi teriyaki dan yakiniku

Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyakiinstagram.com/maam_eats

Menurut laman tasteatlas.com, teriyaki berasal dari dua kata yaitu teri dan yaki. Teri berarti berkilau sedangkan yaki berarti panggang. Jadi dapat disimpulkan bahwa teriyaki merupakan sesuatu yang dipanggang dan berkilau.

Sama seperti teriyaki, yakiniku juga berasal dari dua kata yaki dan niku. Yaki artinya panggang dan niku artinya daging. Secara harfiah bisa di simpulkan bahwa yakiniku adalah daging panggang atau dalam istilah masakan barat dikenal dengan nama barbeque.

2. Bahan yang diolah

Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyakiinstagram.com/hellomeatt

Bahan yang biasa digunakan sebagai olahan menu yakiniku adalah daging sapi, cumi, ikan, daging ayam, daging babi, dan masih banyak lagi.  Hampir sama dengan bahan yang biasa digunakan sebagai olahan menu yakiniku, bahan olahan teriyaki  diantaranya daging sapi, daging babi, ayam, ikan seperti ikan cakalang dan juga salmon.

Namun yang membedakan adalah apabila bahan olahan teriyaki dipotong-potong setelah dipanggang, maka bahan olahan yakiniku dipotong-potong sebelum dipanggang. Baik teriyaki maupun yakiniku juga biasanya memiliki side dish berupa sayuran untuk dipanggang.

Baca Juga: Resep Membuat Daging Sapi Teriyaki Sederhana ala Restoran Jepang

3. Saus yang digunakan

Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyakiinstagram.com/foodiesofoc

J.M. Hirsch dari Akron Baecon Journal menyebutkan cara mengolah teriyaki yang benar bukanlah menggunakan saus botolan, melainkan membuatnya sendiri atau membuat saus homemade. Saus yang dimaksud adalah tare. Tare sendiri merupakan saus yang digunakan untuk memarinasi bahan atau sekadar untuk celupan.

Saus tare yang digunakan untuk teriyaki campuran shoyu (kecap asin khas Jepang), mirin (anggur beras), gula, madu, bawang putih cincang dan juga jahe. Sedangkan untuk membuat yakiniku terdiri dari campuran shoyu (kecap asin khas jepang), mirin (anggur beras) atau sake (minuman beralkohol khas Jepang) gula, bawang putih, dan wijen yang disangrai.

4. Cara pengolahan

Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyakiinstagram.com/hokben_id

Untuk mengolah teriyaki biasanya bahan yang telah disiapkan direndam ke dalam saus  tare selama beberapa menit. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar saus tare meresap ke dalam bahan. Lantas setelah direndam barulah bahan dipanggang, sambil sesekali dioleskan saus.

Sedangkan untuk yakiniku adalah bahan dipotong terlebih dahulu lalu dicelupkan sebentar ke dalam saus barulah dipanggang di atas panggangan yang biasa disebut dengan teppan yaki.

5. Perbedaan rasa yakiniku dan teriyaki

Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyakiinstagram.com/deependdining

Rasa yang dimiliki oleh teriyaki biasanya dominan manis dan sedikit asin. Sedangkan rasa yang dimiliki oleh yakiniku biasanya dominan asin dan sedikit manis. Selain itu warna yang dihasilkan oleh teriyaki lebih pekat dan berkilau karena proses pengolesan saus yang berulang sedangkan yakiniku memilki warna yang sedikit samar.

Nah itu tadi perbedaan antara yakiniku dan teriyaki. Tapi kamu tidak perlu khawatir ya, karena kita tinggal di Indonesia sehingga umumnya saus teriyaki dan yakiniku terbuat dari bahan yang halal dan disesuaikan dengan lidah Indonesia.

Biasanya juga, yakiniku dan teriyaki di Indonesia didefinisikan hanya sebatas rasa yaitu yakiniku berarti asin dan teriyaki berarti manis. 

Baca Juga: 7 Hal Ini Nih yang Bikin Traveling ke Jepang Worth It Banget, Setuju?

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya