Comscore Tracker

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? 

Coba dipraktikkan yuk biar gorengan makin renyah!

Gorengan merupakan salah satu menu favorit orang Indonesia. Gorengan terbilang sebagai camilan yang nikmat disajikan kapan saja. Teksturnya yang renyah membuat kehadiran gorengan di tengah suasana kumpul bersama sulit untuk ditolak. Terlebih bila gorengan hadir dalam kondisi yang masih panas, jelas terasa begitu nikmat saat di santap.

Namun, terkadang lain cerita saat kita membuat gorengan sendiri di rumah. Gak jarang ada banyak kendala yang kita alami, salah satunya gorengan jadi tidak renyah.

Mungkin belum banya yang tahu nih kalau ada beberapa tips agar gorengan makin renyah yang bisa kamu terapkan di rumah. Biar gak makin penasaran, langsung saja simak cara memasak gorengan agar makin renyah di bawah ini.

1. Bahan utama gorengan adalah tepung terigu. Menambahkan tepung beras ke dalam adonan gorengan bisa bikin makin renyah, lho! 

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi tepung beras (nutribullet.com)

2. Selain tepung terigu, tepung roti juga bisa bikin gorengan makin renyah. Jangan lupa siapkan adonan pencelup sebelum dibalurkan tepung roti, ya! 

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi tepung roti (biggerbolderbaking.com)

3. Untuk menghasilkan fried chicken renyah, mencampur tepung terigu dan bakin soda bisa jadi solusi. Campur juga dengan air es biar makin kres!

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi campuran tepung terigu dan baking soda (kingarthurbaking.com)

4. Tempura di restoran Jepang tetap renyah meski sudah dingin. Rahasianya terletak pada tepung terigu yang dicampur air es. Sudah tahu?

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi mencampur tepung terigu dengan air es (linsfood.com)

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Gorengan dari Pisang, Manisnya Bikin Lidah Jadi Nagih!

5. Sepele namun sering gak disadari, mengiris adonan seperti tempe atau sayuran dengan tipis justru akan membuat gorengan lebih renyah 

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi memotong sayuran dengan tipis (madamngrecipe.com)

6. Jenis gorengan yang harus dicelup adonan basah dan digulingkan pada tepung kering harus dilakukan sebanyak dua kali agar semakin renyah  

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi menggulingkan adonan basah ke dalam adonan kering (thekitchn.com)

7. Penggunaan minyak melimpah dengan teknik deep frying membuat gorengan renyah. Itulah kenapa penjual gorengan kerap memakai metode ini

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi deep frying (seriouseats.com)

8. Suhu minyak yang terlalu panas bikin cepat gosong dan belum matang. Sementara kalau kurang panas membuat gorengan menyerap minyak

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi menggoreng gorengan dengan suhu minyak yang pas (pixabay.com/Hans)

9. Lupa meniriskan gorengan akan membuatnya cepat lembek dan berminyak. Tiriskan beberapa sebelum memindahkan ke piring saji

9 Cara Masak agar Gorengan Makin Renyah, Sudah Tahu? ilustrasi meniriskan gorengan (cinnamonandcoriander.com)

Semoga tips di atas membantu kamu yang tengah kesulitan mencari cara untuk membuat gorengan agar tetap renyah, ya. Selain itu, selagi hangat sebaiknya gorengan juga langsung disantap untuk mempertahankan kerenyahannya. Sebab, membiarkannya terlalu lama pada suhu ruang akan membuat gorengan jadi cepat lembek.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Gorengan Favoritmu, Kami Bisa Tebak Kepribadian Kamu

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya