Comscore Tracker

Resep Chicken Steak Panggang ala Rumahan, Seenak Restoran! 

Bikin chicken steak enak di rumah, yuk!

Gak sedikit orang yang mengira kalau chicken steak adalah daging ayam berbalut tepung krispi. Padahal, ada juga chicken steak panggang yang gak kalah nikmat.

Belakangan, chicken steak yang dimasak dengan cara dipanggang ini sedang viral. Bahan dan cara buatnya mudah, tapi rasanya nikmat banget seenak di restoran, lho!

Buat kamu yang ingin menjajal olahan ayam yang berbeda, cobalah mengikuti resep chicken steak panggang ala rumahan berikut ini. Rasanya seenak restoran!

1. Bahan-bahan yang kamu butuhkan

Resep Chicken Steak Panggang ala Rumahan, Seenak Restoran! bahan untuk membuat chicken steak panggang ala rumahan (vecteezy.com/ast007392369)

Bahan utama:

  • 3 buah dada ayam filet
  • Garam secukupnya
  • lada hitam bubuk secukupnya
  • margarin atau mentega secukupnya

Bahan saus:

  • 6 sdm saus barbekyu
  • 4 sdm saus tomat
  • 1 sdm lada hitam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa
  • air secukupnya

Bahan pelengkap:

  • sayuran sesuai selera

2. Marinasi dada ayam dengan saus barbekyu

Resep Chicken Steak Panggang ala Rumahan, Seenak Restoran! ilustrasi marinasi dada ayam filet (vecteezy.com/Mahbub hasan)

Ambil dada ayam filet, lalu bagi menjadi beberapa bagian. Pukul-pukul sebentar menggunakan cooking hammer agar semakin empuk. Lumuri dengan garam dan juga lada hitam. Kemudian, campur semua bahan saus barbekyu, lalu aduk hingga rata.

Setelah itu, tuang sedikit saus barbekyu menjadi saus marinasi chicken steak, lalu sisakan untuk dimasak menjadi saus. Lumuri seluruh permukaan dada ayam filet, lalu tunggu dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

3. Potong dan rebus sayuran yang sudah disiapkan

Resep Chicken Steak Panggang ala Rumahan, Seenak Restoran! ilustrasi merebus sayuran (pixabay.com/rautsonakshik0)

Sebetulnya, tak ada patokan sayuran apa saja yang harus disajikan bersama chicken steak. Kamu bisa menggunakan perpaduan kentang, buncis, dan wortel atau sayuran yang lain. Pilih sayuran favoritmu, ya!

Sebelum disajikan kamu bisa mencucinya terlebih dahulu, lalu rendam sebentar di dalam air panas dan sisihkan. Bila ingin menggunakan kentang, kamu bisa menggoreng french fries atau potato wedges.

Baca Juga: Pengin Bikin Steak? Ini 7 Macam Saus Steak yang Enak dan Simpel!  

4. Panggang chicken steak hingga matang 

Resep Chicken Steak Panggang ala Rumahan, Seenak Restoran! ilustrasi memanggang chicken steak hingga matang (freepik.com/jcomp)

Tuang mentega atau margarin ke teflon atau pemanggang yang sudah disiapkan. Kalau tidak punya mentega atau margarin, gunakan minyak goreng juga tak apa asal tuang sedikit saja.

Selanjutnya, panggang chicken steak hingga matang. Jangan lupa bolak balik kedua sisi chicken steak. Untuk tingkat kematangan bisa kamu sesuaikan sendiri. Kalau suka sampai muncul sedikit bagian yang caramelized juga gak ada salahnya.

5. Tuang saus barbekyu ke atas chicken steak panggang

Resep Chicken Steak Panggang ala Rumahan, Seenak Restoran! ilustrasi chicken steak panggang ala rumahan (unsplash.com/Sam Moghadam Khamseh)

Masak sisa saus marinasi yang sudah dibuat tadi. Kalau terlalu kental, tambahkan air. Namun, kalau ingin tekstur yang kental, kamu bisa menambahkan larutan tepung maizena diencerkan dengan air.

Setelah itu, buat saus sesuai preferensi kekentalan yang kamu inginkan, ya. Kemudian, matikan api bila saus sudah mendidih.

Ambil piring saji, lalu susun chicken steak panggang di atasnya. Tambahkan pula sayuran lalu tuang saus di atasnya. Chicken steak panggang ala rumahan siap untuk disajikan, deh!

Bikin chicken steak panggang ala rumahan semudah itu. Menu ini cocok banget kamu sajikan di tanggal tua, tapi tetap makan enak. Yuk, bikin chicken steak panggang ala rumahan versi kamu sendiri.

Baca Juga: Resep Steak Kambing Saus Tiram, Meresap Sempurna

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya