Comscore Tracker

Mencoba Resep Praktis Dalgona Coffee ala Yummy yang Lagi Viral

#MasakdiRumahAja, worth it gak ya?

Melihat begitu ramainya orang membahas Dalgona Coffee di feed media sosial membuat saya penasaran dengan rasa es kopi asal Korea Selatan ini.

Berhubung banyak kafe di kota tempat saya tinggal tutup sampai waktu yang tidak ditentukan untuk membantu memutus rantai penyebaran COVID-19, saya pun memutuskan untuk #MasakDiRumahAja.

Penasaran? Yuk, disimak! 

1. Mencari resep paling simple dan anti gagal

Mencoba Resep Praktis Dalgona Coffee ala Yummy yang Lagi Viralarshaniabsurdian.com

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari resep Dalgona Coffee yang simple, praktis, dan anti gagal. 

Untuk resepnya sendiri saya dapatkan di aplikasi Yummy. Aplikasi keren dengan puluhan resep masakan, kue, dan minuman yang bikin #MasakItuGampang dan kamu jadi #JagoMasak dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Selain penjelasannya lugas dan tidak bertele-tele, di setiap tahapannya juga dilengkapi dengan foto. Sangat membantu untuk kamu yang baru belajar masak. 

Nah, di aplikasi Yummy ada beberapa resep Dalgona Coffee yang semuanya simple dan anti ribet. Saya pun memutuskan untuk memakai resep dari Alvina Bernice. Cara buatnya mudah dan bahan-bahannya kebetulan ada di rumah semua.

2. Menyiapkan bahan dan peralatan

Mencoba Resep Praktis Dalgona Coffee ala Yummy yang Lagi ViralRewaj

Setelah membaca dan memahami resepnya, saya langsung menyiapkan bahan dan peralatan yang akan saya gunakan. 

Untuk bahan, saya menyiapkan satu bungkus kopi instant tanpa ampas, susu UHT kemasan ukuran 200 ml, gula pasir, dan air panas dari termos. 

Untuk peralatannya, saya menyiapkan mangkok kaca, sendok, dan whisk.

Dalam resep disebutkan kalau alat pengaduknya menggunakan hand mixer. Berhubung mixer saya rusak dan belum sempat membeli yang baru, saya memutuskan untuk menggunakan whisk biasa yang terbuat dari stainless steel. 

Baca Juga: Resep Dalgona Milo yang Lagi Viral, Pencinta Cokelat Wajib Coba

3. Eksekusi penuh drama

Mencoba Resep Praktis Dalgona Coffee ala Yummy yang Lagi Viralgmanetwork.com
  • Mula-mula saya memasukan 2 sdm kopi, 1 sdm gula pasir, dan 2 sdm air panas ke dalam mangkok kaca. 
  • Kemudian saya mengocoknya menggunakan whisk dengan kecepatan tinggi selama 3 menit. Persis seperti yang tertera di resep. 
  • Setelah dikocok selama 3 menit, tekstur campuran kopi dan gula yang saya buat masih cair. Tidak kental dan agak kaku seperti yang tertera di foto. 
  • Panik, saya memutuskan untuk terus mengocok campuran kopi dan gula persis seperti saat saya membuat mayones di sekolah dulu. Menaruh mangkok di atas lap, miringkan sedikit, dan kocok dalam gerakan cepat dan konsisten. 
  • Setelah 5 menit dikocok, campuran kopi dan gula saya mengental. Tidak terlihat persis seperti yang ditunjukkan di gambar memang. Tapi kental dan lumayan konsisten.
  • Terakhir, saya menuangkan campuran kopi ke dalam gelas berisi susu dan es batu. 

4. Antara gagal dan berhasil

Mencoba Resep Praktis Dalgona Coffee ala Yummy yang Lagi Viralarshaniabsurdian.com

Untuk sesaat, campuran kopi dan gula berada di bagian atas gelas. Persis seperti Dalgona Coffee yang saya lihat di feed media sosial saya. Tapi entah kenapa, campuran kopi tersebut lama-lama tenggelam dan berakhir di bagian dasar gelas. 

Awalnya saya pikir mungkin karena mengocoknya kurang lama mengingat saya mengocoknya menggunakan whisk biasa, bukan hand mixer. Jadi, campuran kopi tenggelam ke dasar gelas.

Mungkin juga karena bahan yang ada di resep tidak mengandung susu atau krim yang jika dikocok dalam waktu yang lama akan berubah menjadi kental dan kaku sehingga bisa tetap berada di permukaan. 

5. Resep simple dan anti ribet yang layakuntuk dicoba

Mencoba Resep Praktis Dalgona Coffee ala Yummy yang Lagi Viralvacouverisawesome.com

Resep simple dan anti ribet yang satu ini layak untuk dicoba. Asal ikuti setiap langkah yang ada di resep dengan benar, dijamin deh kamu bisa #JagoMasak.

Tunggu apalagi, yuk unduh Yummy App sekarang!

Baca Juga: Dear Kopi Lover! Ini Alasan Mengapa Kopi Lebih Baik Diminum Tanpa Gula

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya