Comscore Tracker

Resep Gyoza Isi Daging Ayam yang Lembut, Begini Cara Buatnya!

Proses memasaknya pun cukup singkat

Menjadi salah satu makanan China paling populer, gyoza berbalut kulit crispy dan kenyal yang cocok dinikmati bersama saus. Makanan ini bisa dibuat menggunakan beragam isian. Salah satunya adalah daging ayam.

Dilansir The Twin Cooking Project, berikut resep gyoza isi daging ayam yang simpel, enak, dan cocok buat teman ngemil. Sekali mencoba dijamin langsung ketagihan, deh!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Gyoza Isi Daging Ayam yang Lembut, Begini Cara Buatnya!ilustrasi daging cincang dan kulit gyoza (pexels.com/Eva Bronzini)

Bahan-bahan:

  • 18 buah kulit gyoza
  • 250 gram daging ayam cincang
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 sdm cabai hijau
  • 1 sdm cabai merah
  • ⅓ cangkir daun bawang
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus hoisin
  • 4 sdm minyak
  • 1 cangkir air
  • garam secukupnya
  • penyedap secukupnya

2. Tumis bawang bersama cabai

Resep Gyoza Isi Daging Ayam yang Lembut, Begini Cara Buatnya!ilustrasi wajan penggorengan (pexels.com/RODNAE Productions)

Pertama, buat adonan perasa untuk isian dari bawang. Supaya lebih gampang menyatu dan menghasilkan aroma yang memikat, jangan lupa  untuk mencincang bawang putih sampai halus.

Setelah itu, siapkan wajan dan masukkan satu sendok makan minyak. Tambahkan bawang putih cincang, cabai merah, cabai hijau, dan garam ke dalamnya. Tumis selama beberapa saat hingga bawang berubah kecokelatan.

3. Masukkan kecap asin dan saus hoisin 

Resep Gyoza Isi Daging Ayam yang Lembut, Begini Cara Buatnya!ilustrasi wajan di atas kompor (pixabay.com/Engin Akyurt)

Tambahkan kecap asin dan saus hoisin ke dalam tumisan bawang. Masak selama kurang lebih 10 detik sambil diaduk merata supaya bahan-bahan tidak gosong.

Kalau semua bahan sudah tercampur rata dan matang sempurna, segera matikan api. Kemudian, sisihkan wajan berisi adonan bawang dari kompor untuk digunakan ke dalam adonan isian gyoza.

Baca Juga: 10 Ide Isian Dumpling Gyoza, dari Daging hingga Sayuran

4. Buat adonan isi dan masukkan ke dalam kulit

Resep Gyoza Isi Daging Ayam yang Lembut, Begini Cara Buatnya!ilustrasi adonan gyoza (pexels.com/Angela Roma)

Siapkan wadah berukuran besar, lalu masukkan daging ayam yang sudah dicincang, lengkap dengan adonan bawang yang digoreng sebelumnya. Tambahkan garam dan bumbu penyedap secukupnya. Kemudian, aduk semua komponen sampai rata.

Setelah adonan isian siap, masukkan isian ke dalam kulit gyoza siap pakai sekitar setengahnya saja. Lipat kulit hingga tidak ada yang bocor. Lakukan sampai semua isian dan kulit habis.

5. Masak gyoza hingga matang sebelum disajikan

Resep Gyoza Isi Daging Ayam yang Lembut, Begini Cara Buatnya!ilustrasi memasak gyoza (pixabay.com/한국어)

Siapkan wajan dan masukkan minyak ke dalamnya. Nyalakan api, lalu biarkan sampai suhunya naik baru masukkan gyoza. Pastikan gyoza tidak saling bertumpuk supaya matang merata.

Berikutnya, masak selama 2-3 menit sampai bagian bawah gyoza kecokelatan. Kemudian, masukkan sepertiga cangkir air dan tutup wajan selama 6-8 menit. Jika masih diperlukan air, tambahkan 2-3 sendok makan, lalu masak lagi selama 2-3 menit.

Kelezatan gyoza hampir tidak ada duanya, sehingga gak heran kalau banyak sekali penggemar makanan ini yang menjadikannya sebagai menu hidangan utama atau makanan ringan. Jangan lupa nikmati gyoza daging ayam ini bersama saus cocol favorit!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Gyoza, Pangsit Khas Jepang yang Bikin Ngiler!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya