Comscore Tracker

Resep Kacang Bawang Empuk dan Renyah, Gak Perlu Pakai Santan!

Cocok dijadikan suguhan untuk kerabat yang datang

Membuat camilan yang bisa disajikan atau dijadikan oleh-oleh untuk kerabat yang datang ke rumah butuh sedikit usaha. Meski begitu, ada banyak jenis camilan yang cocok untuk dijadikan buah tangan, lho. Salah satunya adalah kacang bawang.

Kacang bawang teksturnya renyah dengan rasa gurih yang nikmat. Tambahan bawang putih mampu membuat rasa kacang makin nikmat dan lezat. Adapun bahannya juga mudah didapat, apalagi cara buatnya yang gampang banget.

Bisa dijadikan suguhan dan oleh-oleh, berikut resep kacang bawang empuk dan renyah yang bisa kamu buat dengan mudah di rumah. Buatnya gak usah pakai santan, lho!

1. Bahan membuat kacang bawang

Resep Kacang Bawang Empuk dan Renyah, Gak Perlu Pakai Santan!Ilustrasi kacang tanah (pixabay.com/Hans)

Bahan-bahan:

  • 1 kg kacang tanah
  • 12 siung bawang putih untuk dihaluskan
  • 12 siung bawang putih untuk digoreng
  • 6 sdm garam
  • 1 sdm merica bubuk
  • minyak goreng secukupnya

2. Cuci bersih kacang tanah sebelum diolah 

Resep Kacang Bawang Empuk dan Renyah, Gak Perlu Pakai Santan!Ilustrasi mencuci kacang tanah untuk membuat kacang bawang (youtube.com/Indoculinaire Hunter)

Untuk kacang tanah, biasanya ada yang dijual tanpa kulit, tetapi ada pula yang dengan kulitnya. Membeli kacang tanpa kulit akan lebih mudah daripada membeli kacang yang masih ada kulitnya.

Soal harga juga cukup terjangkau dan gak pakai ribet. Sebab, kacang yang kamu beli bisa langsung diolah. Namun, jika kamu punya kacang tanah sendiri yang masih ada kulitnya, cukup kupas sampai bersih saja.

Setelahnya, cuci kacang tersebut secara perlahan supaya tidak hancur atau masih utuh bulat. Kemudian, setelah dicuci kamu bisa langsung merendamnya.

3. Rendam kacang tanah dengan bawang putih 

Resep Kacang Bawang Empuk dan Renyah, Gak Perlu Pakai Santan!Ilustrasi mengiris bawang putih untuk membuat kacang bawang (youtube.com/Indoculinaire Hunter)

Siapkan wadah yang agak besar, kiranya cukup untuk merendam kacang tanah yang sudah dibersihkan. Haluskan bawang putih, lalu masukkan ke dalam wadah tersebut.

Setelah itu, masukkan garam dan merica, lalu tuang dengan air. Aduk supaya bahan tercampur rata, lalu masukkan kacang tanah ke dalamnya. Rendam kurang lebih selama 30 menit.

Kalau sudah, ambil bawang putih sisanya, lalu bersihkan dan iris tipis. Siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng. Panaskan terlebih dahulu, lalu goreng bawang putih tersebut sampai garing, tapi jangan sampai gosong.

Baca Juga: Resep Peanut Butter Cake yang Lembut, Pencinta Selai Kacang Wajib Coba

4. Goreng kacang tanah hingga kecokelatan 

Resep Kacang Bawang Empuk dan Renyah, Gak Perlu Pakai Santan!Ilustrasi menggoreng kacang bawang (youtube.com/Indoculinaire Hunter)

Setelah menggoreng bawang putih, kamu bisa beralih ke rendaman kacang tanah. Setelah 30 menit, ambil kacang tanah tersebut, lalu tiriskan. Biarkan sebentar saja sebelum digoreng.

Selanjutnya, panaskan lagi minyak sisa menggoreng bawang putih sebelumnya. Masukkan kacang tanah secukupnya, lalu goreng sampai warnanya agak kecokelatan. Lakukan hingga kacang tanah habis.

Gunakan api sedang saat menggoreng kacang tanah. Jangan menggoreng kacang tersebut sekaligus. Setelah itu, siapkan wadah, lalu masukkan gorengan kacang tanah yang sudah ditiriskan.

5. Simpan kacang bawang di wadah kedap udara

Resep Kacang Bawang Empuk dan Renyah, Gak Perlu Pakai Santan!Kacang bawang renyah (instagram.com/lilykitc88)

Masukkan bawang putih yang sudah digoreng ke dalam gorengan kacang tanah. Aduk supaya bawang gorengnya tercampur rata. Kemudian, diamkan beberapa saat.

Setelah itu, biarkan sampai uap panasnya hilang. Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan wadah atau stoples plastik. Pastikan stoples dalam keadaan kering sebelum digunakan.

Jika uap panas dalam kacang bawang sudah hilang, kamu bisa langsung memasukkan ke dalam stoples. Tutup rapat, lallu simpan atau bawakan untuk keluarga yang datang sebagai buah tangan.

Kacang bawang ini sangat renyah, bahkan jika kamu simpan dengan cara yang benar, renyahnya kacang bawang tersebut akan tahan lama. Jadi, gak bingung lagi kalau ada keluarga yang datang, kan? Buatkan saja kacang bawang ini. Pasti nikmat, kok!

Baca Juga: 10 Olahan Kacang Tanah Jadi Cemilan Gurih, Gak Bikin Bosan!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya