Comscore Tracker

Resep Risoles Mayo Jagung Manis untuk Teman Bersantai, Bikin Nagih!

Makan satu potong saja gak akan cukup 

Risoles adalah salah satu jajanan pasar yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman bersantai sore hari. Rasanya yang gurih dengan cocolan saus sambal yang sedikit pedas memang nagih banget.

Risoles bukan jenis jajanan yang susah dicari. Ada banyak penjual risol yang menjajakan dagangannya. Paling sering, tentu saja di pasar-pasar saat pagi hari. Harganya terbilang cukup murah.

Ngomongin risoles sendiri, ternyata ada banyak varian risoles yang bisa kamu jumpai. Risoles mayo isi sayur, udang, daging sapi, ayam, dan bahkan yang akan kita buat kali ini yakitu risoles mayo jagung manis.

Membuat risoles bukan perkara yang susah, kok. Jika kamu ingin membuatnya, berikut resep risoles mayo jagung manis yang bisa kamu buat di rumah. Catat dan praktikkan yuk!

1. Bahan untuk membuat risoles jagung manis 

Resep Risoles Mayo Jagung Manis untuk Teman Bersantai, Bikin Nagih!ilustrasi jagung muda (unsplash.com/sigmund)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sachet susu kental manis
  • 2 sdm margarin
  • 500 ml air masak

Bahan isi:

  • 2 buah jagung manis
  • 1 sosis sapi
  • 2 telur ayam
  • 1 sachet susu kental manis
  • 100 gram mayonaise

Bahan Baluran:

  • 2 butir telur ayam, ambil putihnya
  • Tepung panir secukupnya

2. Buat kulit risol mayo jagung manis 

Resep Risoles Mayo Jagung Manis untuk Teman Bersantai, Bikin Nagih!ilustrasi membuat kulit risoles (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat kulit risoles. Siapkan wadah bersih yang agak besar. Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka. Beri garam dan garam, kemudian ratakan.

Setelahnya, masukkan skm, telur, dan minyak. Aduk menggunakan mikser. Masukkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk, ya. Buat adonan hingga halus atau tidak ada yang menggumpal. Sisihkan.

Panaskan wajan anti lengket, letakkan di atas kompor. Gunakan api kecil saja agar tidak gosong. Tuang 1-2 sendok cair adonan kulit ke dalam wajan. Putar-putar dan bentuk jadi bulatan yang tipis.

Tunggu hingga kulitnya matang. Angkat dan sisihkan. Lakukan hingga adonan kulit risoles habis semua sebelum masuk ke langkah selanjutnya. Ingat, gunakan api kecil saja supaya kulitnya cantik.

Baca Juga: Resep Risol Mayo Kekinian ala Margo TikTok, Super Creamy!

3. Buat isian risoles dari jagung manis 

Resep Risoles Mayo Jagung Manis untuk Teman Bersantai, Bikin Nagih!Ilustrasi membuat campuran mayo dan jagung manis (youtube.com/One Big Hap)

Jika kulit risoles sudah jadi, langkah selanjutnya adalah membuat isiannya. Pertama kukus terlebih dahulu jagung manis. Setelah dikukus, pipil jagung tersebut. Sisihkan.

Rebus telur hingga matang. Kupas dan hancurkan telur tersebut. Selanjutnya, potong sosis dengan ukuran kecil supaya jadi banyak. Ambil wadah bersih, campur semua bahan jadi satu.

Masukkan skm dan mayones ke dalam wadah, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan juga bahwa semua bahan telah tercampur rata sebelum dibungkus kulit risolesnya.

4. Bungkus isi risoles dengan kulit risolnya 

Resep Risoles Mayo Jagung Manis untuk Teman Bersantai, Bikin Nagih!Ilustrasi membungkus risoles (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Siapkan tqlenan, kemudian letakkan 1 helai kulit risoles yang sudah dibuat sebelumnya. Isi dengan satu atau dua sendok salad jagung manis atau isi yang sudah dibuat tadi.

Lipat dari sisi sampingnya terlebih dahulu, kemudian gulung hingga ke ujung kulit satunya lagi. Supaya mengunci, olesi dengan putih telur yang sudah dikocok sebelumnya.

Sisihkan risoles yang sudah dibungkus. Selanjutnya ambil wajan, letakkan di atas kompor. Tuang minyak ke dalamnya, lalu biarkan hingga panas terlebih dahulu. Gunakan api sedang saja.

5. Goreng risoles hingga matang dan sajikan 

Resep Risoles Mayo Jagung Manis untuk Teman Bersantai, Bikin Nagih!risoles mayo jagung manis (instagram.com/kebesyo)

Siapkan mangkok bersih. Masukkan 2 telur ayam ke dalamnya. Kocok telur tersebut hingga putih dan kuningnya jadi satu. Selanjutnya celup risoles ke dalamnya. Bolak balikkan risoles agar telur mengenai semua bagian.

Angkat risoles dari kocokan telur, lalu masukkan ke dalam wadah berisi tepung panir atau tepung roti. Bolak balikkan risoles tersebut agar tepung menempel di kulit risolesnya. Angkat dan masukkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan sebelumnya.

Goreng risoles hingga warnanya agak keemasan. Goreng satu sisinya terlebih dahulu kemudian balik dan goreng satu sisinya hingga matang. Selanjutnya angkat risoles tersebut, kemudian sajikan dengan semangkok kecil saus tomat atau sambal yang kamu punya.

Risoles mayo jagung manis sudah bisa dihidangkan untuk keluarga, nih. Paling lezat jika kamu suguhkan dengan secangkir teh hijau yang hangat.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kroket Belanda, Ide Jualan Selain Risol Mayo 

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya