Comscore Tracker

Bukan Hanya Enak, 6 Trik Ini Bikin Kopi Kamu Jadi Makin Sehat Lho!

Kopi sehat, enggak pakai ribet!

Secangkir minuman gelap bernama kopi memang sulit untuk dilewatkan, terutama kalau kamu memang penggemar berat dari minuman satu ini. Sebenarnya tidak ada yang salah kalau kamu suka minum kopi, dengan catatan kamu meminumnya dalam jumlah dan waktu yang tepat.

Seperti yang dilansir dari healthline.com, meski secangkir kopi termasuk minuman yang sehat, tapi kamu bisa lho membuatnya jadi lebih sehat! Bagaimana caranya?

1. Jangan menambahkan gula atau pemanis buatan

Bukan Hanya Enak, 6 Trik Ini Bikin Kopi Kamu Jadi Makin Sehat Lho!unsplash.com/Mae Mu

Salah satu hal yang begitu khas dari kopi adalah rasanya yang pahit. Untuk mengatasinya, banyak orang menambahkan gula pada cangkir kopinya.

Gula memang akan membuat rasa kopi jadi lebih baik. Tapi di sisi lain, kebiasaan menambahkan terlalu banyak gula justru hanya menimbulkan masalah serius seperti diabetes. Bahkan jika kamu tidak suka rasa kopi yang pahit, gula bukanlah pilihan yang tepat.

2. Selain gula, jangan tambahkan creamer

Bukan Hanya Enak, 6 Trik Ini Bikin Kopi Kamu Jadi Makin Sehat Lho!unsplash.com/Alex Boyd

Selain gula, creamer juga jadi "bumbu" tambahan yang sering digunakan oleh banyak orang agar kopinya jadi lebih enak. Tapi sama seperti kopi, secangkir kopi akan lebih baik jika tidak ditambahkan dengan creamer buatan atau creamer rendah lemak.

Biasanya produk seperti ini mengandung banyak gula dan bahan lain yang sama sekali tidak sehat. Alih-alih creamer buatan, akan lebih baik jika kamu benar-benar menambahkan cream tinggi lemak dari susu.

3. Sebagai gantinya, tambahkan kayu manis

Bukan Hanya Enak, 6 Trik Ini Bikin Kopi Kamu Jadi Makin Sehat Lho!unsplash.com/Vanesa conunaese

Karena gula dan creamer tidak baik bagi kopi, sebagai gantinya kamu bisa menambahkan kayu manis di cangkir kopimu. Kayu manis dikenal akan fungsinya dalam menstabilkan glukosa, kolesterol, dan trigliserida para penderita diabetes.

Terakhir, kayu manis juga akan membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Tapi pastikan kamu tidak menambahkan kayu manis terlalu banyak ya. Cukup sejumput kayu manis untuk setiap cangkir.

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Peminum Kopi

4. Gunakan filter kertas

Bukan Hanya Enak, 6 Trik Ini Bikin Kopi Kamu Jadi Makin Sehat Lho!unsplash.com/Mike Marquez

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kopi adalah minuman yang sehat. Tapi masalahnya, minuman ini juga mengandung zat cafestol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Kamu mungkin tidak bisa benar-benar menghilangkan zat ini dari kopimu, tapi paling tidak kamu bisa menguranginya dengan cara sederhana seperti menggunakan filter kertas saat menyeduh kopi.

Filter kertas ini akan mengurangi sebagian besar zat cafestol dan hanya membiarkan antioksidan dan kafein. Memang rasa kopinya akan berbeda, tapi akan jadi lebih sehat.

5. Kamu juga bisa menambahkan kakao

Bukan Hanya Enak, 6 Trik Ini Bikin Kopi Kamu Jadi Makin Sehat Lho!unsplash.com/Joanna Kosinska

Kalau kamu tidak suka kayu manis, kamu bisa menggantinya dengan bubuk kakao atau bisa juga cokelat hitam.

Bubuk kakao kaya akan antioksidan dan ampuh untuk menyeimbangkan kolesterol, mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serta mencegah kanker. Dan sama seperti kayu manis, kamu tidak perlu menambahkan terlalu banyak bubuk kakao. Cukup sedikit saja untuk menambahkan rasanya sekaligus membuat kopi jadi lebih sehat.

6. Biar lebih nikmat, jangan lupa tambahkan susu

Bukan Hanya Enak, 6 Trik Ini Bikin Kopi Kamu Jadi Makin Sehat Lho!unsplash.com/Irene Kredenets

Susu sapi yang kaya akan protein, mineral, dan kalsium sangat baik jika ditambahkan dengan secangkir kopi. Tapi kalau kamu alergi laktosa, kamu bisa mengganti susu sapi dengan susu almond.

Susu almond mengandung lebih banyak kalsium dan tidak akan membuat perut kamu mulas setelahnya. Yang terpenting, menambahkan susu pada kopi juga akan membuat rasa kopi jadi tidak terlalu pahit.

See, membuat secangkir kopi jadi lebih sehat ternyata tidak sulit. Dan yang terpenting, rasa kopinya juga akan jadi lebih enak dari biasanya. Enggak percaya? Coba sendiri deh!

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Instagramable di Jakarta Ini Juga Suguhkan Kopi Lezat

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya