Comscore Tracker

Resep Kue Lumpur Surga yang Gurih dan Legit, Aromanya Sedap Banget!

Perpaduan aroma pandan dan santannya bikin lapar

Kue legit dan beraroma pandan ini berasal dari Banjarmasin. Gak cuma enak dijadikan camilan saat bosan, kue lumpur surga juga cocok kamu sajikan saat ada acara spesial. Mulai dari arisan sampai syukuran, dijamin laris manis, deh.

Kue ini terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga rasanya bakal manis dan gurih banget. Cukup sulit untuk menemukan pedagang yang menjual kue ini, sehingga kamu bikin sendiri saja di rumah dengan resep di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan  

Resep Kue Lumpur Surga yang Gurih dan Legit, Aromanya Sedap Banget!thepioneerwoman.com

Bahan adonan hijau:

  • 60 ml santan
  • 50 gram ekstrak daun pandan dan daun suji
  • 100 ml air
  • 2 butir telur
  • 2 sdm tepung terigu
  • 5 sdm gula pasir
  • garam secukupnya
  • vanili secukupnya

Bahan adonan putih:

  • 60 ml santan
  • 200 ml air
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdt garam

2. Buatlah adonan hijaunya terlebih dahulu  

Resep Kue Lumpur Surga yang Gurih dan Legit, Aromanya Sedap Banget!thesweetandsourbaker.com

Siapkan terlebih dahulu panci kukusan di atas kompor. Tuang air secukupnya dan panaskan. Kemudian, tinggalkan panci kukus dan mulailah mencampur adonan. Masukkan santan, ekstrak daun suji dan pandan, telur, tepung terigu, gula pasir, garam, dan vanili.

Setelah itu, aduk seluruh bahan sampai tercampur merata. Tambahkan pula air secukupnya dan aduk kembali hingga menjadi adonan. Jika sudah, segera saring sampai tak ada adonan yang menggumpal lagi.

Baca Juga: Resep Kue Lumpur yang Enaknya Bikin Nagih, Gak Ribet Buatnya

3. Campur seluruh bahan adonan putih  

Resep Kue Lumpur Surga yang Gurih dan Legit, Aromanya Sedap Banget!bonappetit.com

Tuang adonan hijau ke dalam cetakan, lalu masukkan ke dalam panci dan kukus selama kurang lebih 20 menit. Kukus dengan api sedang saja agar tidak mudah gosong nantinya. Kemudian, sambari menunggu buatlah adonan putihnya.

Siapkan wadah, lalu masukkan santan, air, tepung beras, dan sedikit garam ke dalamnya. Aduk seluruh bahan sampai tercampur merata dan terasa mengental. Sisihkan terlebih dahulu sambil menunggu adonan hijaunya matang.

4. Kukus kembali kue sampai matang  

Resep Kue Lumpur Surga yang Gurih dan Legit, Aromanya Sedap Banget!instagram.com/asiakitchen.id

Buka kukusan dan keluarkan seluruh cetakan berisi adonan hijau. Periksa kematangannya, lalu tuang adonan putih perlahan di atas adonan hijau hingga merata. Lakukan sampai adonan putihnya habis.

Selanjutnya, jika sudah terisi semua, segara tutup panci kukusan dan masak kembali selama 10-15 menit. Apabila sudah matang, keluarkan kue lumpur surga dan sajikan selagi hangat atau juga bisa disimpan di lemari es terlebih dahulu.

5. Tips yang bisa kamu terapkan  

Resep Kue Lumpur Surga yang Gurih dan Legit, Aromanya Sedap Banget!instagram.com/aminurhayati

Membuat kue lumpur surga yang nikmat bukan hal yang sulit. Tetapi, kamu membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam proses pembuatannya. Simak tips berikut ini biar rasanya lebih nikmat.

  1. Gunakan telur yang masih segar agar kue lumpur surga tidak bau amis. Selain itu, kuning telurnya juga berperan merekatkan adonan, lho.
  2. Hindari terlalu keras saat mengaduk adonan santan, karena bisa menyebabkannya pecah. Kalau sudha begitu, rasa kue bakal jadi aneh nantinya.
  3. Kukus kue dengan api sedang ke kecil saja, agar adonan hijaunya tidak mengembang.

Itulah resep membuat kue lumpur surga yang lembut dan manisnya melekat di lidah. Sekarang kamu gak perlu lagi bingung saat pengin membuat camilan selama di rumah saja. Selamat mencoba dan semoga hasilnya enak, ya!

Baca Juga: 5 Resep Dessert Manis dengan Sensasi Pedas, Kue Kering hingga Brownies

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya