Comscore Tracker

5 Puding dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Manis dan Asin

Siap-siap ngiler, ya!

Dessert apa yang paling kamu sukai? Salah satu dessert yang cukup populer adalah puding. Puding biasanya identik dengan makanan penutup yang manis, kenyal, lembut, dan terkadang disertai dengan buah-buahan segar.

Setiap negara punya varian puding masing-masing, ada yang manis, asam, bahkan asin. Penasaran? Simak di sini!

1. Kūgelis

5 Puding dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Manis dan Asininstagram.com/lrpatas

Kugelis punya julukan lain, yakni bulvių plokštainis alias puding kentang. Hidangan asal Lithuania ini terbuat dari kentang, susu, telur, bacon, dan bawang, lalu dibumbui dengan garam, merica, daun salam, serta marjoram.

Setelahnya, kūgelis akan dipanggang dalam oven. Apabila kūgelis sudah matang, bisa dimakan dengan krim asam, kulit babi, dan bawang yang dipotong dadu. Rasanya? Tentu saja gurih dan asin!

2. Tiramisu

5 Puding dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Manis dan Asinmeyerfoodblog.com

Kamu pasti mengenal dessert ini dengan baik. Bahkan, mungkin sudah terlalu sering memakannya. Menurut laman Food Network, tiramisu terbuat dari mentega tawar, susu, gula, ekstrak vanila, bubuk kakao, bubuk espreso, tepung serbaguna, hingga baking powder.

Usut punya usut, ternyata tiramisu pertama kali dirancang di restoran Le Becchiere yang terletak di kota Treviso, Itali, ungkap laman SBS. Jika sudah matang, kamu bisa menambahkan whipped cream dan cokelat bubuk di bagian atas.

Baca Juga: Resep Puding Roti Tawar Zebra Cheesecake yang Manis dan Lembut

3. Puding roti sourdough Australia

5 Puding dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Manis dan Asinrachaelraymag.com

Sebenarnya, puding roti berasal dari Inggris. Namun, versi Australia pun tidak kalah lezat! Menurut laman SBS, puding ini terbuat dari roti sourdough, susu, apel, kismis kering, gula merah, telur, kayu manis, mentega leleh, dan tepung.

Lalu, puding ini harus dipanggang di oven dengan suhu 170 derajat Celsius. Setelah matang, kamu bisa menambahkan es krim, custard, atau buah segar. Puding ini cocok disajikan dalam kondisi hangat dan disantap sembari meminum teh.

4. Capirotada

5 Puding dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Manis dan Asininstagram.com/isabeleats

Capirotada termasuk puding roti, tapi berasal dari Meksiko. Capirotada terbuat dari roti, kismis, keju, kayu manis, cengkih, dan piloncillo (gula tebu utuh), terang laman Muy Bueno Cookbook.

Bisa dibayangkan betapa lezatnya? Kombinasi bahan-bahan ini bisa membangkitkan selera makan kita! Puding ini harus dipanggang di oven dengan suhu 350 derajat Fahrenheit atau setara dengan 176,6 derajat Celsius. Jangan terlalu lama dipanggang karena rotinya akan berubah menjadi kering!

5. Puding mangga

5 Puding dari Berbagai Belahan Dunia, Ada yang Manis dan Asinfoodrepublic.com

Coba tebak dari mana puding mangga berasal? Rupanya, ini adalah dessert yang populer di Tiongkok! Puding ini paling nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin dan sering dijumpai dalam berbagai pesta, ungkap laman Food Republic.

Puding ini terbuat dari agar-agar, mangga segar, susu evaporasi, gula, dan es batu. Sebagai hiasan, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar atau daun mint di atasnya. Jangan lupa didinginkan di kulkas selama 1,5-2 jam, ya!

Nah, itulah lima jenis puding dari berbagai negara yang perlu kamu ketahui. Mana yang paling menggiurkan?

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Sensasi Gurih dan Lembut dari Puding Roti Daging Asap ala Yummy 

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya