Comscore Tracker

5 Tips Masak Ayam Panggang Peking ala Devina Hermawan, Super Renyah! 

Rahasianya ada di marinasi dan saus glaze-nya!

Siapa di antara kalian yang suka banget dengan ayam peking? Sebagian dari kalian mungkin jarang mendengar nama makanan ini. Ayam peking adalah makanan khas China yang kini sudah banyak ditemui di restoran Indonesia.

Untuk menyantap ayam panggang peking, kamu tidak harus pergi ke restoran untuk coba mencicipinya. Berikut lima tips membuat ayam panggang peking ala Devina Hermawan yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Bedakan bumbu marinasi dengan glaze 

5 Tips Masak Ayam Panggang Peking ala Devina Hermawan, Super Renyah! ilustrasi bumbu dapur (pixabay.com/Bruno /Germany)

Untuk memperoleh rasa ayam panggang peking yang lezat seperti restoran, bedakan antara bumbu marinasi dan saus yang dioleskan pada kulit ayam. Ayam dapat dimarinasikan dengan garlic powder, all-spice, kecap inggris, garam, kaldu, merica, adas, jahe, dan bunga lawang.

Glaze-nya bisa menggunakan cuka merah, kecap asin, dan gula palem untuk warna ayam lebih cerah dan menggugah selera. Pastikan bumbu tidak mengenai kulit ayam agar warna kulitnya merata dan tidak menimbulkan bercak.

2. Pastikan mengolesi glaze secara merata 

5 Tips Masak Ayam Panggang Peking ala Devina Hermawan, Super Renyah! ilustrasi mengolesi ayam (pexels.com/RODNAE Productions)

Pada tahap memberi olesan pada kulit ayam, pastikan untuk mengolesankannya pada seluruh bagian ayam secara merata. Hal ini sangat penting karena memiliki pengaruh pada tampilan hasil akhir.

Selain membuat warna ayam menjadi semakin cantik, saus glaze akan menambah rasa, tekstur yang renyah dan sebagai pengawet alami agar tahan lama.

Baca Juga: 5 Bebek Peking Terbaik di Singapura, Jadwalkan Mampir Kemari!

3. Diamkan ayam selama 2-8 jam 

5 Tips Masak Ayam Panggang Peking ala Devina Hermawan, Super Renyah! proses mendiamkan ayam (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah diolesi saus glaze, diamkan ayam selama 6-8 jam atau 2-3 jam jika ingin proses yang lebih cepat. Letakkan ayam dalam posisi menggantung untuk mempermudah dalam proses pengolesan sekaligus membuat warnanya lebih merata.

Setelah sudah kering atau sekitar satu jam, olesi lagi dengan saus glaze hingga ayam menyerap warna coklat dari glazing.

4. Olesi minyak sebelum dipanggang 

5 Tips Masak Ayam Panggang Peking ala Devina Hermawan, Super Renyah! proses mengolesi ayam dengan minyak (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah ayam menyerap warna dari saus olesan, ayam siap untuk dipanggang. Namun, untuk hasil yang lebih renyah, kamu dapat olesi permukaan kulit ayam dengan minyak.

Untuk memanggangnya, kamu bisa gunakan oven tradisional atau biasa, serta dapat digantung atau ditaruh pada rak khusus. Jangan lupa untuk meletakkan loyang di bawah ayam agar dapat menampung tetesan air yang dihasilkan ayam.

5. Panggang pada suhu 180–200 derajat celsius selama 40 menit

5 Tips Masak Ayam Panggang Peking ala Devina Hermawan, Super Renyah! proses memanggang ayam peking (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk satu kilogram ayam, kamu dapat memanggang ayam pada suhu 180–200 derajat celsius selama 40 menit. Waktu pemanggangan dapat disesuaikan dengan ukuran ayam. Semakin kecil ukuran ayam, maka semakin mudah matang.

Itulah lima tips membuat ayam panggang peking ala Devina Hermawan agar kulitnya renyah sehingga sangat menggugah selera. Jika kamu menerapkan poin-poin di atas, dapat dipastikan ayam peking buatanmu tidak akan gagal. Selamat menoba!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Ayam Panggang Oven ala Devina Hermawan, Lebih Juicy!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya