Comscore Tracker

Resep Vanilla Cupcake, Lembut dan Manisnya Bikin Mulut Ngunyah Terus

Tiap gigitannya bikin ketagihan

Siapa yang suka cupcake? Kudapan mungil ini tidak hanya digemari oleh anak kecil, tetapi orang dewasa pun juga menyukainya.

Cupcake merupakan kue mini yang bagian atasnya diberi krim dengan berbagai rasa seperti cokelat, vanilla, red velvet, blueberry, dan masih banyak lagi. Cupcake dapat dijadikan sajian untuk acara-acara penting seperti acara keluarga, ulang tahun, arisan, dan lain-lain.

Buat kamu yang ingin menyajikan cupcake untuk acara -acara tertentu, coba bikin sendiri di rumah, yuk! Cara membuatnya simpel, kok! Bahan-bahannya pun mudah diperoleh.

Penasaran dengan resepnya? Langsung simak resep vanilla cupcake di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Vanilla Cupcake, Lembut dan Manisnya Bikin Mulut Ngunyah Terusilustrasi bahan-bahan (pexels.com/@flora-westbrook)

Untuk membuat 12 cupcake dengan ukuran cetakan sebesar 4,5 mm, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

Bahan adonan cupcake:

  • 135 gram tepung terigu
  • 6 gram baking powder
  • 1 gram garam
  • 100 gram unsalted butter
  • 120 gram gula
  • 95 gram telur
  • 45 gram plain yogurt
  • 46 gram susu
  • 9 gram esktrak vanila

Bahan krim vanila:

  • 230 gram heavy cream
  • 23 gram gula
  • 60 gram mascarpone cheese
  • 7 gram esktrak vanila
  • Sprinkle secukupnya

2. Buat adonan cupcake

Resep Vanilla Cupcake, Lembut dan Manisnya Bikin Mulut Ngunyah Terusilustrasi adonan (dok. youtube.com/ 조꽁드Joconde's baking)

Untuk membuat adonan cupcake, pertama kocok dua butir telur hingga tercampur kemudian sisihkan. Siapkan wadah baru dan tuang unsalted butter dalam wadah tersebut. Lalu, aduk unsalted butter dengan menggunakan mixer. Tambahkan gula dan campur kembali. Setelah itu masukkan telur yang telah dikocok tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mixer.

Tambahkan tepung terigu, garam, baking powder dengan cara diayak lalu campur kembali dengan mixer. Kemudian, masukkan plain yogurt, lalu campur kembali. Terakhir, tambahkan susu dan ekstrak vanila. Aduk dengan menggunakan mixer hingga terbentuk adonan yang tercampur rata.

Baca Juga: Mudah Dibuat, Ini Resep Red Velvet Cupcake yang Lembut dan Creamy

3. Panggang cupcake dalam oven

Resep Vanilla Cupcake, Lembut dan Manisnya Bikin Mulut Ngunyah Terusilustrasi memanggang (dok. youtube.com/ 조꽁드Joconde's baking)

Siapkan loyang cetakan cupcake yang telah diberi cupcake liners atau alas cupcake berbahan kertas. Tuang adonan cupcake sebanyak satu scoop pada masing-masing cupcake liners.

Setelah itu, panggang dalam oven dengan suhu 165 derajat celcius selama 20 hingga 22 menit. Setelah matang, angkat dan diamkan dalam suhu ruang.

4. Buat krim vanilla

Resep Vanilla Cupcake, Lembut dan Manisnya Bikin Mulut Ngunyah Terusilustrasi krim vanilla (dok. youtube.com/ 조꽁드Joconde's baking)

Untuk membuat krim vanila, campurkan heavy cream, gula, mascarpone cheese, dan ekstrak vanila. Lalu, aduk dengan menggunakan mixer.

Setelah semua bahan tercampur rata, tuang krim tersebut dalam piping bag untuk mempermudah saat menghias cupcake nantinya.

5. Hias cupcake dan sajikan sesuai selera

Resep Vanilla Cupcake, Lembut dan Manisnya Bikin Mulut Ngunyah Terusilustrasi menghias cupcake (dok. youtube.com/ 조꽁드Joconde's baking)

Siapkan cupcake, krim vanila, dan sprinkle. Beri krim vanila di atas cupcake sesuai selera.

Taburi dengan sprinkle secukupnya. Lakukan hal tersebut untuk semua cupcake buatanmu. Kini Vanilla cupcake pun siap disajikan.

Vanilla cupcake siap dinikmati dengan segelas minuman seperti teh atau kopi. Perpaduan lembutnya kue dan manisnya krim vanila dijamin bikin lidah nggak berhenti ngunyah. Yuk, langsung eksekusi resep ini di dapur kamu, ya!

Baca Juga: Resep Oreo Cupcake yang Lembut dan Lumer di Mulut, Bikin Ketagihan

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya