Resep Membuat Asinan Sayur Sederhana yang Nyegerin

Dimakan siang-siang langsung bikin melek

Meski terdiri dari banyak komposisi, membuat asinan sayur sebenarnya bukan hal yang rumit, kok! Kamu bisa membuatnya dengan metode sederhana membuat asinan sayur. Setelah seluruh bahan disiapkan, proses masaknya gak sampai 15 menit aja, lho.

Nah, berikut IDN Times bakalan kasih kamu rekomendasi resep asinan sayur yang sederhana namun nyegerin banget. Tenang ajah gampang kok bikinnya. Simak yuk dibawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Membuat Asinan Sayur Sederhana yang Nyegerin

Bahan bumbu:

  • 3 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 batang asam
  • 50 gram  gula merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt terasi
  • 100 ml air untuk menghaluskan bumbu
  • 1 liter air untuk merebus
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdt cuka 
  • 250 gram kacang tanah goreng, ulek kasar

Bahan sayuran:

  • 100 gram taoge
  • 100 gram mangga
  • 100 gram kol, iris tipis
  • 150 gram nanas potong kecil-kecil sesuai selera
  • 150 gram bengkuang, potong korek api
  • 100 gram mentimun, potong dadu ukuran sesuai selera
  • 50 gram sawi asin, iris tipis

2. Cara membuatnya cuma butuh empat langkah doang

Resep Membuat Asinan Sayur Sederhana yang NyegerinInstagram.com/makandijogja
  1. Blender cabai merah besar, cabai rawit, asam, gula merah, garam, terasi, dan air.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu tuang bumbu halus ke dalamnya. Aduk rata.
  3. Tambahkan gula dan cuka, masak kembali hingga mendidih dan air mulai menyusut setengah bagian. Matikan api, dinginkan hingga suhu ruang.
  4. Dalam wadah terpisah, campur seluruh sayur dan buah, lalu siram dengan kuah asinan. Sajikan bersama taburan kacang tanah.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Manisan Mangga yang Enak, Bikin Ngiler

3. Saran penyajian

Resep Membuat Asinan Sayur Sederhana yang NyegerinInstagram.com/buddy_ambar

Simpan kuah asinan dalam wadah kedap udara, kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin. Atau kamu bisa juga menyimpannya ketika sudah dicampur bersama sayur dan buah selama semalaman.

Dengan resep membuat asinan sayuran di atas, kamu jadi punya stok camilan yang sehat, deh! Selamat berkreasi!

Baca Juga: Resep Asinan Betawi yang Seger Banget dan Cara Membuatnya

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You