Comscore Tracker

6 Trik Agar Sambal Tak Terlalu Pedas, Tetap Bikin Nagih Kok!  

Buat kamu yang suka sambal, tapi gak kuat pedas nih  

Sambal memang identik dengan cita rasa pedas sebab bahan baku utamanya yang berupa cabai. Usut punya usut, tingkat kepedasan pada cabai diukur dengan satuan yang disebut SHU (Scoville Heat Units). Akan tetapi, tingkat kepedasan yang dapat ditolerir oleh masing-masing individu adalah beragam.

Oleh sebab itu, tak semua orang dapat melahap sambal yang tingkat kepedasannya terbilang tinggi. Nah, inilah trik untuk membuat sambal yang tak terlalu pedas. 

1. Kurangi takaran bawang putih  

6 Trik Agar Sambal Tak Terlalu Pedas, Tetap Bikin Nagih Kok!  medicalnewstoday.com

Bawang putih dapat mengikat rasa pada masakan sehingga cita rasa menjadi lebih intens, termasuk rasa pedas dari cabai dalam sajian sambal. Menggunakan bawang putih dalam takaran yang banyak justru akan semakin meningkatkan level pedas dari sambal tersebut. Oleh sebab itu, kurangilah takaran bawang putih apabila ingin membuat sambal yang tak terlampau pedas.

2. Tambahkan takaran bawang merah  

6 Trik Agar Sambal Tak Terlalu Pedas, Tetap Bikin Nagih Kok!  fridaymagazine.ae

Berkebalikan dengan bawang putih, perbanyaklah takaran bawang merah. Bawang merah agaknya dapat mengalihkan cita rasa pedas dari cabai pada sambal tersebut. Pasalnya, bawang merah yang banyak akan lebih menonjolkan cita rasa gurih dibandingkan sensasi pedas dari cabai.

3. Alih-alih menggunakan cabai rawit, pakailah cabai merah berukuran besar dengan tampilan agak keriting  

6 Trik Agar Sambal Tak Terlalu Pedas, Tetap Bikin Nagih Kok!  unsplash.com

Alih-alih menggunakan cabai rawit, terutama yang berwarna oranye, sebaiknya pakailah cabai besar. Tepatnya, cabai merah yang berukuran besar dengan tampilan agak keriting. Sebab, cabai jenis ini ternyata tak menyuguhkan sensasi sepedas cabai rawit.

Baca Juga: Resep Sambal Sehat ala Ayudia Bing Slamet, Pedasnya Tetap Nampol!

4. Cuci cabai, tiriskan, lalu goreng cabai tersebut menggunakan minyak yang tak terlalu banyak  

6 Trik Agar Sambal Tak Terlalu Pedas, Tetap Bikin Nagih Kok!  muslimobsession.com

Cuci cabai, lalu tiriskan. Goreng cabai menggunakan minyak yang tak terlampau banyak. Tujuannya, untuk mengurangi level pedas dari buih biji cabai saat diolah nanti.

Usut punya usut, buih biji cabai yang masih segar memiliki cita rasa yang lebih pedas daripada buih biji cabai pasca digoreng. Tak hanya itu, kandungan dalam minyak goreng pun dapat mengurangi cita rasa pedas dalam cabai tersebut.

5. Alternatif lain yakni dengan merebus cabai hingga tampak layu, lalu angkat dan tiriskan  

6 Trik Agar Sambal Tak Terlalu Pedas, Tetap Bikin Nagih Kok!  sih2bp.com

Alternatif lain untuk mengurangi level pedas dari cabai adalah dengan merebusnya terlebih dahulu sebelum diolah. Didihkan air sembari mencuci cabai hingga bersih. Selanjutnya, masukkanlah cabai apabila air sudah benar mendidih. Tunggu hingga cabai tampak layu, lalu angkat dan tiriskan.

6. Iris tipis tomat, sesuaikan jumlahnya dengan banyak cabai, tambahkan saat menumbuk cabai  

6 Trik Agar Sambal Tak Terlalu Pedas, Tetap Bikin Nagih Kok!  basilgarden.netbasilgarden.net

Bahan lain yang juga dapat menyamarkan sensai pedas dari cabai adalah tomat. Takar jumlah tomat dengan jumlah cabai agar sambal tak malah terasa asam. Pastikan tomat masih segar, lalu cuci bersih, dan iris tipis. Tambahkan irisan tomat tersebut saat mengulek cabai. Lakukan hingga tekstur bahan-bahan tersebut menyatu (atau boleh disesuaikan dengan varian sambal yang diinginkan). 

Coba dipraktikkan deh tips di atas bagi kamu yang suka sambal tapi tak kuat dengan pedasnya!

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Sambal dalam Kemasan, Awet dan Tetap Lezat!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya