Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Teri Agar Bebas Amis dan Bertekstur Empuk

Sedap banget nih pas disantap

Dibanderol dengan harga yang terbilang ramah di saku, teri pun menjadi salah satu pilihan lauk untuk diolah ke dalam menu harian. Mulai dari menu utama hingga pelengkap dari suatu sajian.

Nah, sebelum diolah ke dalam masakan, tentunya varian ikan kecil ini haruslah melalui tahapan yang tepat. Yuk, simak triknya!

1. Kenali jenis teri yang akan diolah

5 Tips Mengolah Teri Agar Bebas Amis dan Bertekstur Empukbrindisa.com

Teri rupanya juga terdiri atas beberapa jenis dengan ukuran bervariasi. Misalnya, teri medan yang khas dengan tekstur lembut dan ukuran kecil. Jenis teri ini dapat dicuci dengan praktis dan langsung diolah. Sedangkan jenis teri yang berukuran lebih besar akan melalui tahapan pembersihan yang lebih kompleks.

2. Rendam teri di dalam air panas

5 Tips Mengolah Teri Agar Bebas Amis dan Bertekstur Empukmarthastewart.com

Jika teri kering malah langsung digoreng setelah dibersihkan, hal ini dapat mengakibatkan teksturnya menjadi keras. Untuk menyiasatinya, rendamlah Teri selama 15 menit di dalam air panas supaya dagingnya dapat lebih empuk.

Baca Juga: 5 Resep Aneka Tumis Tabur Ikan Teri Medan yang Nikmat Buat Berbuka 

3. Buanglah kepala dan isi perut teri

5 Tips Mengolah Teri Agar Bebas Amis dan Bertekstur Empukfoodandwine.com

Tiriskan teri yang sudah direndam tadi, lalu buang kepala dan isi perutnya agar tak menimbulkan citarasa pahit saat diolah kelak. Caranya, patahkan kepalanya, lalu keluarkan isi perutnya menggunakan tusuk gigi. Lakukan hingga bersih.

4. Rendam teri di dalam campuran air dan cuka

5 Tips Mengolah Teri Agar Bebas Amis dan Bertekstur Empukdeliciousspanishfood.com

Setelah itu, cuci kembali teri, gunakan air yang dicampur dengan cuka dengan rasio perbandingan 1:1. Sesuaikan banyaknya dengan takaran jumlah reri yang akan diolah. Usut punya usut, cuka tersebut dapat menghilangkan bau amis pada reri lho.

5. Teri pun dapat diolah ke dalam masakan

5 Tips Mengolah Teri Agar Bebas Amis dan Bertekstur Empukkoreanbapsang.com

Kemudian, tiriskan Teri tersebut sembari menyiapkan bahan-bahan lain untuk mengolah hidangan yang akan dimasak. Nah, reri pun sudah dapat digunakan sebagai bahan baku untuk masakan.

Kamu biasanya mengolah Teri sebagai hidangan apa, guys?

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Belut Agar Menjadi Hidangan Lezat

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You