Comscore Tracker

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahu

#PanjatPoin Ternyata gampang banget, lho

Olahan dari kacang kedelai ini memiliki penggemar yang masif. Pasalnya, tahu dapat dikreasikan ke dalam beragam masakan kering maupun basah. Sayangnya, tak jarang tahu tersebut cenderung terasa hambar saat disantap sebab bumbu yang rupanya tak meresap dengan baik ke dalamnya. Nah, berikut trik supaya tahu dapat terasa lebih sedap.

1. Pastikan tahu masih segar dan berkualitas baik

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahuthrivecuisine.com

Gunakanlah tahu yang berkualitas baik, simpan jauh dari makanan berbau menyengat, dan rutin mengganti air rendaman setidaknya setiap lima jam. Selain itu, sesuaikan pula jenis tahu dengan olahan masakan yang akan dimasak seperti kuah ataupun goreng.

2. Potong tahu dengan tepat (tak terlalu tipis, dan tak terlalu besar)

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahusplendidtable.org

Usahakan memotong tahu dalam ukuran yang sama untuk semua potongan pada hidangan tersebut. Pastikan potongan tak terlalu tipis atau kecil sebab tahu malah akan rentan hancur, ataupun cenderung menyerap lebih banyak minyak. Namun jangan pula terlalu besar sebab dikhawatirkan tak matang hingga ke bagian terdalam.

3. Kukus tahu selama 10-15 menit menggunakan air yang dicampur dengan sedikit garam

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahufreepik.com

Untuk meminimalisir kadar air pada tahu, bertekstur kenyal, dan matang sempurna, maka kukus tahu terlebih dahulu sekitar 10-15 menit. Gunakan air yang dicampur sedikit garam agar citarasa tahu lebih gurih. Selain itu, tahu kukus tersebut akan lebih kokoh saat digoreng sehingga tak mudah hancur dan warnanya pun lebih menarik.

4. Alternatif lain, rendam tahu selama 10-15 menit di dalam air panas yang diberi sedikit garam

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahutofutoday.com

Alternatif lainnya, rendamlah tahu yang sudah dipotong-potong itu di dalam air panas sekitar 10-15 menit, serta tambahkan sedikit garam untuk membuatnya lebih sedap. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori pada tahu sehingga citarasa asli dan aroma tahu pun lebih keluar saat diolah ke dalam masakan.

Baca Juga: Cara Simpel Bikin Sambal Goreng Tempe Bumbu Pedas

5. Supaya lebih sedap, tambahkan bawang putih dan merica atau ketumbar ke dalam rendaman tahu

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahunomealnohealth.com

Usut punya usut, dalam proses merendam tersebut sebaiknya menambahkan bumbu-bumbu lain supaya tahu lebih kaya rasa. Misalnya, selain garam, tambahkan pula bawang putih, dan ketumbar atau merica. Diamkan sekitar 20-30 menit.  

6. Tepuk-tepuk tahu perlahan pasca direndam, dan seka bagian luar tahu dengan kain atau tisu

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahuflickr.com

Tepuk-tepuk perlahan tahu selepas direndam, dan gunakan kain bersih dan tisu kering untuk menyeka bagian luar tahu. Tujuannya, untuk mengurangi kadar air yang mungkin masih menumpuk di dalam tahu. Pasalnya, air yang terlalu banyak akan membuat citarasa tahu menjadi hambar, bahkan minyak pun akan meletup saat menggorengnya kelak.

7. Sebaiknya pakailah minyak yang masih baru saat akan menggoreng tahu

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahucucinare.meglio.it

Saat menggoreng, sebaiknya pakailah minyak yang masih baru. Hal ini bertujuan supaya citarasa tahu tak malah bercampur dengan bahan yang sebelumnya digunakan saat menggunakan minyak tersebut. 

8. Gunakan api sedang saat menggoreng tahu, dan pastikan minyak sudah benar panas

Sedap Maksimal, Ini 8 Tips Agar Bumbu Meresap pada Tahuspoon.guru

Gunakan pula api sedang saat menggoreng tahu tersebut, dan pastikan minyak sudah panas saat memasukkan potongan-potongan tahu supaya tahu tak malah menempel di wajan dan susah diangkat kelak.

Usut punya usut, api kecil akan membuat tahu menyerap minyak lebih banyak karena tahu berdiam lebih lama dalam genangan minyak. Imbasnya, citarasa tahu pun tak sedap. Jika api terlalu besar, tahu justru rentan gosong pada bagian luar, padahal bagian dalamnya bahkan belum matang. 

Selamat mempraktikkan tips di atas, ya!

Baca Juga: Biar Gak Kesepian Saat Nonton! Ini Resep Kacang Bawang Gurih ala Yummy

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You