Comscore Tracker

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padat

Sip dan yummy banget deh pokoknya!

Cheesecake rupanya telah tercipta sejak zaman sebelum Masehi, tepatnya 776 SM, yang dihidangkan untuk para atlet yang mengikuti Olimpiade di Yunani. Kue berbahan baku berupa keju ini memang khas dengan teksturnya yang lembut.

Keju yang lazim digunakan adalah krim keju, ataupun keju balok sebab harganya yang relatif lebih murah, serta keju ricotta, cottage, atau neufchâtel di beberapa negara. Nah, inilah beberapa tips supaya cheesecake buatanmau dapat moist lagi padat! 

1. Tambahkan sedikit tepung maizena

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatsbs.com.au

Kendati pada dasarnya bukan termasuk dessert berbahan baku tepung, tetapi tak ada salahnya menambahkan sedikit tepung maizena saat mengolah Cheesecake. Ini bertujuan supaya teksturnya akan menjadi lebih padat, sehingga tak mudah pecah ataupun terlampau mengembang saat dipanggang nanti.

2. Pakai krim keju pada suhu ruang

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatcinnamonandcoriander.com

Hindari menggunakan krim keju yang masih beku sebab suhu dingin tersebut akan membuat adonan sulit tercampur merata dengan bahan lain. Gunakanlah krim keju pada suhu ruang dengan cara membiarkannya terlebih dahulu pasca dikeluarkan dari kulkas.

3. Hindari mengaduk adonan terlalu lama

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatcincyshopper.com

Cukup aduk adonan hingga semua bahan tercampur rata. Pasalnya, adonan yang terlampau lama diaduk menyebabkan banyak udara hilang, sehingga tekstur cheesecake saat dipanggang kelak akan rentan 'mengempes' bahkan susah mengembang. 

4. Kocok krim keju dan telur pada wadah terpisah, gabungkan kedua adonan saat teksturnya pas

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatmybakingaddiction.com

Cheesecake memang bukan golongan sponge cake yang terbilang jauh mengembang nantinya, namun adonan cheesecake tetaplah butuh untuk mengembang dengan baik. Nah, kocoklah krim keju dan telur pada wadah terpisah. Kemudian, gabungkan ketika adonan krim keju sudah creamy, dan adonan telur sudah kental.

Baca Juga: 6 Dessert Cheesecake yang Menggoda Banget, Gak Hanya Berbentuk Kue 

5. Gunakan loyang yang dibuka-tutup/dikunci samping, balurkan margarin pada sisi dalam loyang

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatmybakingaddiction.com

Sebaiknya gunakan loyang yang dapat dikunci dari samping ataupun dibuka-tutup. Tujuannya, supaya bentuk cheesecake dapat tetap utuh saat dikeluarkan/dilepaskan dari loyang. Selain itu, balurkan pula margarin pada sisi dalam loyang supaya cheesecake tak menempel nantinya.

6. Aplikasikan teknik bain marie saat memanggang adonan, gunakan dua loyang berbeda ukuran

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatkirbiecravings.com

Aplikasikan teknik bain marie saat memanggang adonan cheesecake. Tepatnya, letakkan loyang yang berisi adonan tadi di atas loyang (yang lebih besar loyang) yang sudah diisi air panas. Air panas tersebut berfungsi untuk menambah kelembaban dan menjaga kestabilan suhu saat proses memanggang nanti.

7. Jangan memanggang adonan cheesecake terlalu lama, perhatikan ciri kematangannya

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatmccormick.com

Jangan memanggang adonan cheesecake dalam waktu terlampau lama. Perhatikan saja ciri kematangannya, seperti permukaan dan bagian pinggir adonan yang sudah mulai memadat. Kemudian, keluarkan loyang dari oven ketika bagian tengah cheesecake masih tampak agak cair.

8. Tunggu hingga loyang sudah benar dingin pasca dikeluarkan dari oven, lalu lepaskan cheesecake

8 Kiat Jitu Supaya Cheesecake Bertekstur Moist Namun Tetap Padatthekitchn.com

Pasca dikeluarkan dari oven, biarkan cheesecake tersebut tetap berada di loyang terlebih dahulu. Tunggu hingga loyang tersebut sudah benar dingin, dan tekstur cheesecake menjadi lebih memadat. Tujuannya, supaya cheesecake tersebut tak malah retak atau bahkan pecah saat dilepaskan dari loyang.

Semoga cheesecake buatanmu berhasil sempurna, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You