Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Ayam Kampung Supaya Dagingnya Empuk dan Tetap Gurih

Kesukaan kamu gak, nih?

Daging ayam kampung mempunyai penikmatnya sendiri. Dibalik teksturnya yang lebih alot, daging ayam kampung mempunyai citarasanya yang lebih gurih. Akan tetapi, pengolahan ayam kampung memang terbilang tricky sebab teksturnya tersebut. Nah, berikut tips supaya daging ayam kampung dapat empuk.

1. Pilihlah ayam kampung yang masih muda

5 Tips Mengolah Ayam Kampung Supaya Dagingnya Empuk dan Tetap Gurihmetro.co.uk

Usahakan memilih ayam kampung yang bobotnya gemuk (berisi), serta ayam kampung yang masih muda sebab dagingnya belum terlampau keras, dan citarasanya pun lebih enak. 

2. Rebus dalam air kelapa atau potongan tebu

5 Tips Mengolah Ayam Kampung Supaya Dagingnya Empuk dan Tetap Gurihtripadvisor.co.za

Rebus daging ayam kampung yang sudah dibersihkan tersebut di dalam air dengan campuran air kelapa yang lebih banyak. Tunggu hingga dagingnya mulai empuk. Alternatif lain yakni merebus daging ayam kampung dalam potongan tebu, ataupun dengan potongan pepaya muda. Ketiga alternatif tersebut tak akan merubah citarasa khas dari daging ayam kampung, kok.

Baca Juga: 5 Resep Mudah Kreasi Kulit Ayam Goreng Krispi

3. Alternatif lainnya, yakni menggunakan panci presto

5 Tips Mengolah Ayam Kampung Supaya Dagingnya Empuk dan Tetap Gurihtimeout.com

Cara lainnya yakni menggunakan panci presto supaya empuknya lebih cepat. Potonglah daging ayam tersebut dengan ukuran agak kecil, lalu rebus daging ayam sekitar 5-10 menit. Ini untuk menghindari supaya daging ayam kampung itu tak overcooked, terlampau empuk, ataupun malah hancur.

4. Rendam dalam balutan bumbu selama 1-2 jam

5 Tips Mengolah Ayam Kampung Supaya Dagingnya Empuk dan Tetap Gurihdraxe.com

Sebelum digoreng, rendamlah daging ayam kampung yang sudah direbus tersebut di dalam bumbu sekitar 1-2 jam supaya bumbunya lebih meresap. Ini juga akan membuat daging ayam kampung menjadi lebih empuk, dan citarasanya pun lebih gurih.

5. Disarankan memanggang daging ayam kampung menggunakan nanangan

5 Tips Mengolah Ayam Kampung Supaya Dagingnya Empuk dan Tetap Gurihthefitcookie.com

Disarankan untuk memanggang daging ayam kampung tersebut menggunakan panci dari tanah (nanangan) supaya citarasanya lebih sedap. Selanjutnya, baru dipotong-potong, lalu masak seperti biasa.

Nah, apakah kamu adalah salah satu penggemar hidangan berbahan daging ayam kampung?

Baca Juga: 7 Olahan Ayam Dengan Bumbu Legendaris Ala Indonesia, Mau Coba?

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You