Comscore Tracker

5 Tips Menumis Buncis Agar Tetap Berwarna Hijau Segar, Jangan Keliru!

Terlalu matang malah nutrisinya hilang guys!

Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap diolah dengan cara ditumis. Sayangnya, warna hijau segar khas buncis kerap berubah gelap ataupun pucat selama proses memasak. Imbasnya, tampilan hidangan pun kurang menarik saat disajikan.

Nah, coba saja tips berikut supaya buncis tumis tersebut dapat tetap atraktif dengan warna hijaunya yang menggugah selera.

1. Gunakan buncis biasa (bukan baby buncis)

5 Tips Menumis Buncis Agar Tetap Berwarna Hijau Segar, Jangan Keliru!thekitchn.com

Buncis yang dijajakan di pasaran umumnya terdiri atas dua jenis, yakni buncis biasa dan baby buncis. Salah satu perbedaan kedua jenis buncis ini terletak pada ukurannya, dimana buncis biasa memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang dibandingkan baby buncis.

Selain itu, warna hijau pada baby buncis pun tampak lebih muda, serta tekstur yang lebih renyah. Kendati demikian, ukuran yang lebih kecil tersebut justru membuat baby buncis rentan overcooked sehingga kerenyahannya pun menurun. Oleh karena itu, disarankan menggunakan buncis biasa untuk menumis.

2. Cuci buncis, potong, rebus dalam air garam

5 Tips Menumis Buncis Agar Tetap Berwarna Hijau Segar, Jangan Keliru!4plates2table.com

Takar porsi buncis yang diperlukan untuk sajian. Kemudian, cuci bersih dan potong-potong buncis sembari mendidihkan air. Masukkan buncis jika air sudah mendidih, tambahkan pula sedikit garam, rebus selama 3 - 5 menit. Apabila buncis tersebut sudah matang (mulai melunak), angkatlah dan tiriskan.

Baca Juga: 7 Manfaat Luar Biasa Makan Sayur Buncis, Jangan Cuma Daging Melulu Ya!

3. Gunakan api besar saat menumis, tutup wajan

5 Tips Menumis Buncis Agar Tetap Berwarna Hijau Segar, Jangan Keliru!sunbasket.com

Tumislah ragam bumbu ataupun bahan lain terlebih dahulu, kemudian masukkan buncis ke dalam wajan. Saat menumis buncis, pakailah api besar. Tujuannya, supaya buncis tersebut dapat lebih cepat matang. Tutuplah wajan selama proses memasak agar buncis dapat matang merata.

4. Hindari melakukan proses menumis yang lebih dari 5 menit

5 Tips Menumis Buncis Agar Tetap Berwarna Hijau Segar, Jangan Keliru!safeway.ca

Jangan memasak buncis maupun sayuran hijau lainnya dalam waktu yang terlampau lama. Pasalnya, warna hijau segarnya dapat berubah signifikan. Oleh sebab itu, usahakan untuk menumis buncis selama kurang dari 5 menit.

5. Jika ingin menambahkan air, pakailah air panas ataupun air mendidih

5 Tips Menumis Buncis Agar Tetap Berwarna Hijau Segar, Jangan Keliru!recipeland.com

Jika ingin menambahkan sedikit air di antara proses memasak, maka gunakanlah air panas ataupun air mendidih. Hal ini bertujuan supaya buncis dapat lebih cepat matang tanpa harus terlanjur mengubah warna hijau segarnya.

Tuh, ada kah kebiasaanmu yang selama ini keliru? Jangan diulangi lagi, ya.

Baca Juga: 8 Tips Memasak Sayuran yang Bikin Nutrisinya Tidak Hilang

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You