Comscore Tracker

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!

#RamadanMasaKini Siapa sih yang gak doyan makan tahu

Tahu berasal dari Tiongkok, tepatnya sejak zaman dinasti Han atau sekitar 2200 tahun yang lalu. Penemunya adalah Liu An, dan namanya pun diserap dari bahasa Hokkian yakni 'doufu' yang memiliki arti 'kedelai terfermentasi'.

Seiring dengan kreasi di dunia kuliner, tahu menjadi salah satu bahan makanan yang kerap diolah sebagai kudapan rumahan ataupun hidangan berkelas ala restoran bintang lima. Berbagai ragam masakan dapat dikreasikan dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi ini.

Nah, tentunya sajian tersebut harus dimasak dari tahu yang masih segar. Yuk, ikuti langkah berikut supaya kesegaran tahu dapat bertahan lebih lama!

1. Pastikan tahu tak berlendir dan berair kotor

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!deandeluca.com

Saat membeli, pastikan tahu tersebut masih segar. Misalnya, bagian luarnya tak berlendir. Pasalnya, tahu tersebut sudah tak lagi dalam kondisi yang bagus sehingga sebaiknya jangan dikonsumsi. Selain itu, perhatikan pula airnya, pilihlah yang tak kotor.

2. Pastikan aromanya tak berbau obat-obatan

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!kirbiecravings.com

Selain badannya yang tak berlendir, pastikan pula tahu tersebut tak beraroma seperti bau obat-obatan. Tak hanya itu, kenali pula bau basi dan asam pada tahu supaya tak terkecoh saat membeli.

3. Pilih tahu yang tak memiliki bercak

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!eatingwell.com

Amati warna dan tekstur tahu. Jika jenisnya adalah tahu putih yang mentah dan segar, tahu tersebut tak akan memiliki bercak-bercak kecokelatan. Apabila jenisnya merupakan tahu kuning, maka warna kuningnya akan tampak bersih dan cenderung cerah. 

Baca Juga: 5 Resep Olahan Tahu dengan Rice Cooker, Mudah dan Bikin Sehat 

4. Buang air rendaman tahu yang baru dibeli

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!delish.com

Selanjutnya, segera buanglah air rendaman yang ada dalam kemasan tahu. Pasalnya, air rendaman tersebut rupanya berpengaruh terhadap ketahanan tahu alias dapat merusak tahu jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

5. Cuci tahu dengan perlahan di bawah air mengalir

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!asiatourism.news

Basuhlah tahu dengan perlahan untuk menghindari tahu menjadi hancur karena teksturnya yang rapuh. Disarankan mencucinya di bawah air mengalir yang tak terlalu deras, sembari menyeka sisi-sisi luar tahu tersebut.

6. Kukus, atau rebus tahu di dalam air garam

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!bigoven.com

Rebuslah tahu di dalam air garam selama 4 menit dengan api sedang. Selanjutnya, angkat dan tiriskan, tunggu hingga mulai agak dingin. Alternatif lainnya adalah dengan mengukus tahu sebentar.

7. Masukkan tahu ke dalam wadah tertutup yang kedap udara

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!guilin.wowtripschina.com

Walaupun dibeli dalam wadah yang baik, tapi sebaiknya ganti wadah saat akan menyimpan tahu. Gunakanlah wadah tertutup yang kedap udara. Ini bertujuan untuk mencegah jamur ataupun bakteri dari bahan lain untuk mengontaminasi tahu tersebut saat disimpan di dalam kulkas nanti.

8. Rendam seluruh bagian tahu di dalam air matang

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!norecipes.com

Rendam tahu dalam air matang di dalam wadah tersebut, dan gantilah airnya setiap hari untuk menghindari keasaman pada tahu. Pastikan semua bagian tahu terendam sempurna. Selain itu, sebaiknya simpanlah tahu dalam keadaan utuh (hanya dipotong sesaat akan dimasak saja).

9. Simpan tahu ke dalam kulkas

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!cookingchanneltv.com

Supaya lebih tahan lama, simpanlah tahu yang sudah dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang kedap udara dan direndam dengan air matang tersebut ke dalam kulkas. Suhu di dalam kulkas akan mencegah tahu supaya tak cepat basi.

10. Cuci tahu kembali sesaat akan diolah

10 Langkah Menyimpan Tahu Lebih Awet dan Tak Cepat Asam!lordbyronskitchen.com

Saat akan diolah, sebaiknya cucilah tahu yang sudah disimpan tersebut terlebih dahulu. Tujuannya, supaya tahu yang dipakai itu lebih tampak segar.

Hmm, kira-kira kamu mau mengolah tahu tersebut sebagai masakan apa, nih?

Baca Juga: 6 Tips Praktis Menyimpan Udang Supaya Tetap Segar

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You