Comscore Tracker

Fakta Unik Kaldu Jamur, Pengganti Micin yang Tak Kalah Sedap

Berminat coba?

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah micin? Micin atau yang biasa disebut dengan MSG telah dikenal sejak lama sebagai penyedap makanan dan penguat rasa. Pada umumnya, MSG ini ditambahkan di serbuk kaldu ayam ataupun sapi yang begitu praktis untuk dipergunakan.

Tidak heran, tak sedikit ibu rumah tangga yang beranggapan bahan penyedap ini merupakan cara yang efektif serta efisien untuk menambah rasa suatu masakan. Disamping di masakan, micin pun sering ditambahkan di bermacam makanan olahan, contohnya daging olahan dan keripik kentang.

Kenyataannya, tidak sulit loh untuk mendapatkan rasa sedap ataupun gurih di dalam makanan tanpa harus menaburi MSG di makanan. Karena sudah banyak kabar yang beredar bahwa mengonsumsi MSG terlalu banyak dianggap tidak baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dengan memakai olahan jamur. Kok jamur sih? 

Kaldu Jamur, Penyedan Masakan Terbuat dari Bahan Nabati

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwasanya jamur adalah salah satu makanan pantangan asam urat bagi penderitanya. Namun bagi kamu yang tidak menderita asam urat bisa mencoba kaldu jamur ini. Kaldu jamur adalah suatu bumbu penyedap rasa yang diolah dari bahan dasar jamur. Tidak sedikit orang yang memilih bahan ini untuk tambahan bumbu penyedap yang sehat.

Pada umumnya, makanan ini dapat dijumpai di pasaran berbentuk bumbu kering. Walaupun terbuat dari bahan yang non hewani, kaldu jamur ini memiliki rasa yang gurih serta sedap, tak kalah dengan kaldu sapi ataupun ayam. Bubuk kaldu jamur ini bisa dipergunakan sebagai penambah dan penguat rasa di masakan sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk pengganti micin dari kaldu sapi ataupun ayam yang sudah banyak beredar di pasaran.

Sejuta Manfaat Kaldu Jamur

Mengonsumsi kaldu jamur untuk dijadikan penyedap masakan ternyata sangat baik bagi kesehatan. Terdapat banyak kandungan gizi yang ada di dalamnya, semisal magnesium, nutrisi, kalsium, vitamin B12, B6, D, C, A, protein, karbohidrat, kalium, selenium dan lemak tak jenuh.

Disamping itu, kandungan protein yang cukup tinggi di kaldu jamur dapat membantu dalam membakar kolesterol. Berikut ini manfaat-manfaat yang terdapat di dalam kaldu jamur:

  • Dapat meningkatkan kualitas sel otak menjadi lebih baik karena terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap di dalam kaldu jamur.
  • Menambahkan sumber energi yang dibutuhkan tubuh disebabkan kaldu jamur kaya akan nutrisi.
  • Kandungan asam amino yang terdapat di kaldu jamur dapat mengatasi insomnia dan kesulitan tidur.
  • Mencegah serta mengeluarkan racun yang ada di jaringan hati, sehingga dapat menangkal dari resiko penyakit hati.
  • Kandungan selenium yang ada pada kaldu jamur dapat menangkal pertumbuhan kanker di dalam tubuh.
  • Dapat menunrukan tekanan darah karena memiliki kandungan vitamin D.

Cara Mudah Membuat Kaldu Ayam Sendiri

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan

  • 3 buah jamur shitake kering yang telah dicuci dan dipotong sebelumnya.
  • 2 buah jamur kancing atau champignon, cuci serta potong-potong.
  • 6 buah jamur merah, cuci dan dipotong-potong terlebih dahulu
  • 50 gr bawang bombay
  • 600 ml air putih
  • Minyak zaitun secukupnya

Cara pembuatannya:

  1. Tumislah bawang bombay sampai tercium aroma harum, lalu masukan jamur shitake, jamur merang, jamur kancing, tumis sampai layu.
  2. Panaskanlah air di dalam panci dengan api yang kecil, lalu masukan tumisan jamur tadi, rebus dengan api yang kecil juga, tunggu sampai mendidih.
  3. Angkatlah ketika air rebusan telah menyusut dan kaldu telah siap untuk dipergunakan.

Nah, apabila kamu ingin membuat kaldu dalam bentuk bubuk, maka haluskan seluruh bahan kecuali minyak dan air. Kemudian disangrai sampai tercampur rata. Kaldu jamur bubuk ini dapat disimpan hingga 3 bulan di dalam wadah yang kedap akan udara dan tidak terkena sinar matahari secara langsung dan tak lembab.

Wah, kamu sudah tidak sabar yah untuk memasak pakai kaldu jamur buatanmu sendiri!

sasa Photo Community Writer sasa

Hanya ingin menyalurkan hobi menulis di IDN Times

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You