Comscore Tracker

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan, Cantik dan Menggugah Selera

Jajanan tradisional yang gak lekang oleh waktu

Getuk lindri adalah jajanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari singkong. Memiliki ciri khas warna yang mencolok dengan taburan parutan kelapa di atasnya, rasa getuk cenderung gurih dan sedikit manis.

Getuk lindri sudah ada sejak dulu, tapi hingga kini jadi camilan favorit masyarakat Jawa. Keberadaannya pun sangat mudah ditemukan karena masih banyak dijual di pasar tradisional. 

Membuat getuk lindri ternyata sangat mudah. Bahkan alat dan bahannya juga bisa menggunakan yang ada di rumah.

1. Bahan membuat getuk lindri

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan, Cantik dan Menggugah SeleraIlustrasi bahan (instagram.com/mamari.berkebun)

Bahan-bahan:

  • 500 gram singkong
  • 80 gram gula
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 1 sdm margarin
  • 1/4 sdt pasta pandan
  • kelapa parut kukus secukupnya

2. Mengukus singkong hingga matang

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan, Cantik dan Menggugah SeleraIlustrasi mengukus singkong (instagram.com/imahbabaturan)

Kupas, cuci, dan potong singkong sesuai selera. Kukus atau rebus singkong hingga matang. Kalau sudah matang, angkat dan sisihkan.

Setelah itu, campurkan gula, garam, dan vanili dalam satu wadah, lalu aduk sampai tercampur rata. Pindahkan singkong ke dalam wadah besar atau baskom. Hancurkan singkong dengan ulekan sampai halus atau bisa menggunakan food processor.

3. Campur singkong dengan gula dan garam

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan, Cantik dan Menggugah SeleraIlustrasi mencampur singkong(instagram.com/merrytan_tuwendi)

Campurkan gula ke dalam ulekan singkong, lalu aduk rata sampai semuanya tercampur. Ambil serat singkong yang masih tertinggal di dalam adonannya. Kemudian, tambahkan mentega ke dalam ulekan singkong, lalu aduk sampai tercampur.

Setelah itu, tambahkan pasta pandan atau pewarna lainnya, lalu aduk hingga rata. Lanjutkan menguleni menggunakan tangan agar semuanya tercampur rata. 

Baca Juga: 7 Jenis Getuk Khas Indonesia Paling Nikmat, Cocok buat Teman Ngeteh

4. Pipihkan adonan singkong

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan, Cantik dan Menggugah SeleraIlustrasi memipihkan adonan (pexels.com/@pavel-danilyuk)

Letakkan adonan di atas talenan/permukaan datar yang dilapisi plastik. Pipihkan dengan rolling pin. Pastikan kamu memipihkan hingga semua permukaannya sama. Kemudian, potong adonan berbentuk persegi, lalu buang bagian pinggirannya yang tidak sama. 

Selanjutnya, buat garis secara manual dengan pisau di atas permukaan getuk. Lakukan berulang hingga memenuhi permukaan getuk. Lipat getuk dan potong sesuai selera. 

5. Sajikan dengan taburan parutan kelapa

Resep Getuk Lindri Tanpa Cetakan, Cantik dan Menggugah SeleraGetuk lindri (instagram.com/evinovianti68)

Kukus parutan kelapa dan taburi garam agar makin nikmat saat disantap bersama getuk. Sajikan getuk dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

Hidangkan getuk lindri bersama teh atau minuman hangat lainnya. Bila memiliki cetakan di rumah juga bisa digunakan, seperti cetakan plastik untuk putu ayu yang beraneka bentuk.

Getuk lindri yang dijual di pasar biasanya menggunakan mesin penggiling, sehingga bentuk garisnya sangat khas. Namun bila ingin membuat sendiri di rumah, kamu bisa praktik langsung dengan resep ini, ya! 

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Getuk yang Manis dan Legit, Bikin Ketagihan!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya